Penyebab & Cara Mengatasi Wifi Susah Connect di Windows 10

Wifi adalah salah satu fasilitas yang paling sering dipakai di laptop. Dengan adanya fitur wifi, kita dapat terhubung ke internet. Kamu dapat menghubungkan laptop ke internet melalui jaringan hotspot atau tathering dari ponsel. Cara ini cukup mudah sehingga banyak dilakukan oleh banyak pengguna laptop. Khususnya di Windows 10, terkadang kita menjumpai masalah wifi yang sulit terhubung yang penyebabnya beragam. Namun ini bukanlah masalah serius karena, kamu bisa mengatasi wifi susah connect di Windows 10 ini secara mandiri.

Berbicara mengenai wifi susah connect di Windows 10, maka tidak bisa dilepaskan dengan perangkat lunak wifi bawaan yang memang dibuat lebih canggih. Software ini bisa membedakan antara wifi yang memiliki jaringan internet baik dan buruk atau sinyal yang kuat dan juga lemah. Karena lebih sensitif, maka terkadang ketika digunakan kamu akan mengalami yang namanya wifi susah terhubung. Kondisi ini memang dapat membuat kesal karena dapat mengganggu aktivitas yang akan dilakukan.

Penyebab & Cara Mengatasi Wifi Susah Connect di Windows 10

Penyebab Wifi Susah Terhubung di Laptop Windows 10

Sebelum membahas ke solusi dari masalah wifi susah connect di Windows 10, ada baiknya kamu mencari tahu terlebih dahulu apa saja penyebabnya. Hal ini akan membuat kamu lebih mudah untuk mengatasi wifi yang sulit terhubung ke Windows 10 tersebut. Kebanyakan pengguna tidak sadar atau belum mengetahui penyebab ini sehingga banyak yang bingung. Berikut ini adalah beberapa masalah yang menyebabkan fitur wifi sulit digunakan pada laptop Windows 10.

Sinyal Wifi Yang Sangat Lemah

Penyebab pertama kenapa wifi susah terhubung di Windows 10 adalah sinyal wifi yang sangat lemot. Seperti yang sudah sedikit dibahas diatas bahwa perangkat lunak wifi pada Windows 10 memang sedikit lebih pintar. Karena mampu membedakan kualitas hotspot yang baik dan yang buruk, maka ketika sinyal wifi yang akan dihubungkan pada laptop itu lemah, maka software wifi tersebut tidak mau dihubungkan. Akibatnya ketika disambungkan, wifi akan susah terhubung.

Koneksi Internet Buruk dan Tidak Stabil

Masih membahas mengenai kecanggihan software wifi bawaan Windows 10. Selain bisa mendeteksi kualitas sinyal wifi, ternyata perangkat lunak ini juga mampu menyaring koneksi internet yang tidak stabil. Hal ini akan membuat wifi susah connect di Windows 10 karena koneksi yang buruk atau jaringan yang tidak stabil. Saking sensitifnya, wifi di Windows 10 selalu melakukan pemutusan jaringan secara paksa ketika koneksi hotspot yang tersambung memiliki kecepatan yang lambat atau tidak stabil.

Jaringan Hotspot Yang Mengalami Perubahan

Maksud dari poin ini adalah adanya perubahan pada nama jaringan hotspot atau kata sandinya. Ini adalah salah satu penyebab kenapa wifi susah connect di Windows 10. Jaringan hotspot yang mengalami perubahan akan membuat sistem perangkat lunak wifi menjadi tidak mengenalinya lagi. Oleh sebab itu, sistem menganggapnya asing sehingga tidak bisa dihubungkan.

Driver Wifi Laptop Yang Bermasalah

Driver adalah salah satu perangkat lunak pada sistem yang memiliki fungsi untuk melakukan kontrol terhadap hardware. Begitu juga dengan perangkat wifi yang memerlukan driver yang kompatibel supaya bisa berjalan dengan baik. Namun ketika driver wifi bermasalah, maka hal ini akan menyebabkan wifi susah terhubung di Windows 10 meski sudah kamu coba untuk menyambungkannya selama berkali-kali.

Terjadi Perubahan Pengaturan Wifi

Penyebab terakhir yang membuat wifi susah terhubung di Windows 10 adalah terjadinya perubahan pengaturan wifi pada laptop entah itu secara sengaja ataupun tidak sengaja. Terkadang pengaturan yang berubah dapat membuat fungsi wifi tidak dapat bekerja secara normal. Untuk itu, penulis menyarankan pada kamu untuk tidak melakukan perubahan pengaturan apapun pada wifi jika kamu tidak paham fungsinya.

Cara Mengatasi Wifi Susah Connect di Windows 10

Setelah membahas berbagai faktor penyebab diatas, kini saatnya kamu mengatasi wifi yang susah connect di Windows 10 secara mandiri. Bisa dibilang bahwa proses ini susah-susah gampang karena solusi setiap masalah berbeda-beda. Yang pasti, kamu harus bisa memastikan apa saja penyebabnya untuk bisa mendapatkan solusi dari masalah ini. Agar wifi pada laptop kamu bisa digunakan secara normal kembali, cobalah beberapa cara dibawah ini untuk memperbaikinya.

Dekatkan Laptop ke Pemancar Hotspot

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi wifi susah connect di Windows 10 adalah dengan mendekatkan laptop ke pemancar hotspot. Cara ini efektif jika sinyal yang masuk ke laptop ternyata buruk atau lemah. Dengan berpindah posisi ke sumber pemancar, maka sinyal yang ditangkap oleh laptop menjadi lebih kuat. Pemancar sinyal hotspot adalah router, biasanya berbentuk kotak dengan dua atau lebih pemancar kecil seperti antena dan ditaruh di ketinggian. Jika kamu melihatnya, silahkan mendekat dibawahnya.

Gunakan Jaringan Internet Yang Kencang

Ketika penyebab wifi susah terhubung di Windows 10 adalah faktor kecepatan, maka gunakan atau carilah jaringan internet yang lebih kencang. Kamu bisa berpindah ke jaringan hotspot lain yang kualitasnya lebih baik. Atau jika kamu pakai tethering pada ponsel, kamu bisa ganti kartu paketan internet ke yang lebih kencang kecepatannya di daerahmu. Masalah internet lemot biasanya banyak dialami oleh pengguna hotspot ponsel karena pada dasarnya sinyal seluler sangat tidak stabil.

Baca Juga:

Lupakan Hotspot Lalu Sambungkan Lagi

Coba sekali lagi cek jaringan hotspot yang biasanya kamu gunakan, biasanya jaringan hotspot yang mengalami perubahan entah itu nama atau kata sandi akan berpengaruh sehingga wifi susah connect di Windows 10. Sebenarnya cara untuk mengatasi masalah ini cukup mudah. Cobalah untuk forget network atau melupakan jaringan lalu menghubungkannya lagi. Jangan lupa untuk memasukkan kata sandi yang benar juga ya.

Update Atau Install Ulang Driver Wifi

Jika permasalahanmu terletak pada driver hardware yang bermasalah entah itu error atau usang, maka langkah yang harus kamu ambil untuk memperbaikinya adalah melakukan update atau install ulang driver software tersebut. Caranya, silahkan cari dan download driver wifi terbaru yang sesuai dengan merk dan tipe laptop kamu. Biasanya, driver seperti ini tersedia di website resmi produsen laptop milikmu yang bisa kamu download secara gratis.

Restart Laptop Terlebih Dahulu

Banyak orang yang menganggap sepele terhadap fitur restart yang ada pada laptop. Namun ternyata cara ini dapat menjadi efektif untuk mengatasi masalah tertentu. Salah satunya jika ada masalah wifi susah connect di Windows 10 yang disebabkan oleh pengaturan yang berubah. Maka kamu dapat melakukan restart untuk mengembalikan segala pengaturan yang berubah agar menjadi seperti semula. Cara ini kadang bisa untuk mengatasi masalah wifi susah terhubung.

Penutup

Itulah beberapa pembahasan mengenai cara mengatasi wifi susah connect di Windows 10 lengkap dengan penyebabnya juga. Masalah wifi yang susah terhubung pada Windows 10 ini memang membuat aktivitas dan pekerjaan yang akan kita lakukan menjadi terhambat. Oleh karena itu, kamu wajib segera mengatasinya karena masalah seperti ini tidak terlalu sulit. Dengan penjelasan diatas, diharapkan kamu bisa memperbaiki masalah wifi pada Windows 10.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan