7 Penyebab dan Solusi WhatsApp Tidak Bisa Kirim Status

WhatsApp adalah salah satu aplikasi chatting yang paling banyak digunakan di dunia. Tak hanya untuk komunikasi seperti kirim pesan, telepon atau panggilan video, namun WhatsApp juga bisa digunakan untuk mengunggah status yang dapat dilihat oleh pengguna lain didalam kontak. Namun terkadang fitur ini masih suka bermasalah, pengguna tidak bisa upload status video atau gambar. Lalu apa saja penyebab WhatsApp tidak bisa kirim status tersebut? Pada artikel kali ini akan kita bahas secara padat dan jelas.

Berbicara mengenai penyebab WhatsApp tidak bisa kirim status, tidak bisa terlepas dari berbagai macam faktor yang berbeda di setiap kasusnya. Akan tetapi masalah seperti sangat mengganggu apalagi buat mereka yang menggunakan WhatsApp untuk bisnis. Karena tidak bisa mengirim video atau gambar ke status berarti proses promosi menjadi terhambat. Padahal aplikasi ini menjadi salah satu media yang paling banyak digunakan oleh penjual untuk memajang barang dagangan mereka kepada para konsumen.

Penyebab dan Solusi WhatsApp Tidak Bisa Kirim Status

Penyebab Kenapa WhatsApp Tidak Bisa Upload Status

Buat kamu yang mengalami masalah ini, nampaknya kamu tidak sendirian. Karena diluar sana juga banyak pengguna yang sering mengalami masalah seperti ini. Terkadang masalah sulitnya mengirim status memang bisa terjadi kapan saja dan dialami oleh siapa saja. Berikut ini adalah beberapa penyebab WhatsApp tidak bisa upload status yang harus kamu ketahui.

Jaringan Internet Yang Lambat

Penyebab WhatsApp tidak bisa kirim status yang pertama adalah masalah kecepatan internet. Mungkin saja saat ini kecepatan internet kamu sedang rendah karena beberapa faktor seperti sinyal yang lemah, berada di ruangan tertutup, wifi yang dibatasi dan lain sebagainya. Yang jelas, apabila jaringan internet sedang lambat, maka apapun status WhatsApp yang kamu upload akan pending bahkan tidak terkirim.

Sinyal Internet Tidak Stabil

Selain masalah kecepatan, penyebab WhatsApp tidak bisa kirim status yang kedua ada pada sinyal internet yang tidak stabil. Masalah ini umumnya sering dialami oleh pengguna provider seluler. Sinyal internet dari provider seluler sering tidak stabil karena memang sinyal yang diterima ponsel bergantung pada lokasi dan juga jarak pengguna dengan tower pemancar. Akibatnya sinyal internet sering putus-putus yang membuat file yang di upload tidak bisa terkirim.

Bandwindth Seluler Sedang Teralihkan

Ketika kamu mengalami masalah ini, cobalah melakukan cek terlebih dahulu apakah kamu sedang menggunakan ponsel untuk aktivitas lain seperti download, streaming, atau upload status di sosial media lain. Karena terkadang bandwidth seluler yang terbatas akan teralihkan ke aktivitas lain yang lebih dulu kamu lakukan. Bandwidht seluler akan kembali normal apabila aktivitas lain yang menggunakan jaringan internet tersebut sudah selesai.

Ukuran Video Yang Berlalu Besar

Kemungkinan lain WhatsApp tidak bisa kirim status adalah ukuran file. Mungkin yang kamu upload saat ini adalah file video yang berukuran besar. Meski WhatsApp sendiri memiliki fitur yang bisa melakukan kompres terhadap file, namun jika file video yang di upload ukurannya besar maka akan membutuhkan waktu yang lama. Selain itu, durasi video juga mempengaruhi karena semakin lama durasi maka ukurannya juga semakin besar.

Masalah File Cache Pada WhatsApp

Cache adalah sebuah file penyimpanan sementara yang merekam berbagai macam aktivitas pengguna didalam aplikasi tersebut termasuk riwayat, akun, kata sandi, file yang pernah di akses dan lain sebagainya. Untuk aplikasi WhatsApp sendiri, memiliki banyak file cache karena banyaknya aktivitas yang perlu diingat seperti chat, status, media dan lain sebagainya. Ini adalah penyebab WhatsApp tidak bisa kirim status yang sering tidak disadari pengguna.

Terjadi Bug Pada Aplikasi WhatsApp

Selain masalah sinyal dan juga cache, mungkin penyebab WhatsApp tidak bisa kirim status ada pada aplikasi tersebut yang mengalami bug. Sedikit info buat kamu, bug adalah sebuah kondisi kesalahan pada program di sebuah aplikasi yang membuat tidak bisa bekerja normal. Bug pada WhatsApp bisa terjadi karena kegagalan update, versi aplikasi yang sudah usang atau penggunaan WhatsApp mod. Beberapa hal tersebut sangat berpotensi menimbulkan bug pada aplikasi WhatsApp.

Setelan Akses Perizinan Aplikasi

Penyebab WhatsApp tidak bisa kirim status yang terakhir mungkin saja ada pada setelan akses perizinan. Setiap aplikasi di ponsel yang memiliki fungsi untuk upload file pasti meminta izin akses membaca file yang ada di memori. Apabila izin akses tersebut belum disetujui akan membuat kinerja aplikasi jadi tidak normal. Jadi pastikan bahwa aplikasi WhatsApp yang kamu gunakan sudah memiliki akses perizinan untuk membaca file di ponsel.

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Kirim Status

Berbicara mengenai penyebab masalah WhatsApp yang tidak bisa upload video atau foto di status seperti yang sudah dibahas diatas, kurang lengkap rasanya apabila tidak membahas cara mengatasinya. Apabila kamu sering mengalami masalah ini tidak usah bingung, cobalah untuk menerapkan beberapa langkah untuk mengatasi WhatsApp tidak bisa kirim status berikut ini.

Pastikan Sinyal Internet Lancar

Pertama, silahkan pastikan sinyal internet yang kamu gunakan saat ini lancar. Apabila kamu memakai jaringan seluler, pastikan memilih provider yang memiliki sinyal bagus dan jangkauan luas sehingga internet jadi lebih lancar. Namun apabila memakai Wifi, gunakan hotspot yang memiliki kecepatan internet bagus. Apabila wifi sering mengalami gangguan, silahkan komplain ke penyedia jasa.

Baca juga:

Kompres Foto dan Video Yang di Uplaod

Sebelum di upload, silahkan kompres file foto atau video tersebut jika ukurannya terlalu besar dan tidak shareable. Kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan kompres pada foto dan video agar menjadi lebih sederhana. Kamu juga bisa melakukan kompres terhadap resolusi untuk disesuaikan dengan kebutuhan media sosial. Hal ini akan membuat file yang akan kamu buat status menjadi mudah di uplaod.

Rajin Membersihkan File Cache

File cache yang menumpuk memang sering menjadi masalah pada banyak aplikasi. Begitu juga dengan WhatsApp yang bisa mengalami masalah karena file cache. Jadi solusinya adalah dengan membersihkan file cache secara rutin. Masalah WhatsApp tidak bisa kirim status kemungkinan akan bisa teratasi. Cara membersihkan file cache cukup mudah. Pertama buka Setelan ponsel. Lalu pilih Aplikasi & Notifikasi. Cari aplikasi WhatsApp, lalu buka bagian Penyimpanan. Pilih hapus Cache.

Update Aplikasi Secara Rutin

Cara mengantisipasi masalah WhatsApp tidak bisa kirim status yang terakhir adalah dengan update aplikasi secara rutin. Pembaruan aplikasi akan membuat bug hilang karena diganti oleh software baru. Namun apabila dengan update masalahnya belum hilang, kamu bisa hapus WhatsApp terlebih dahulu kemudian install lagi. Tapi sebelum menghapus, pastikan data chat sudah di back up dulu ya.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab kenapa WhatsApp tidak bisa kirim status yang mungkin saja sedang kamu alami saat ini. Meski terlihat sepele, namun masalah ini sangat mengganggu aktivitas kita dalam berkomunikasi. Apalagi jika kamu merupakan seorang penjual online. Dengan mengetahui berbagai macam akar permasalahan kenapa tidak bisa upload status di WhatsApp, kamu akan mudah dalam mencari solusinya.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan