Inilah 7 Penyebab Akun Username Instagram Tidak Ditemukan

Apa penyebab akun Instagram hilang secara tiba-tiba? Bagaimana bisa sebuah username Instagram tidak ditemukan atau tidak tersedia meski sudah dicari pada kolom pencarian? Buat kamu yang sering main Instagram pasti pernah mengalami hal ini. Beberapa diantara kamu pasti bingung kenapa hal ini kok bisa terjadi. Padahal belum lama sebelumnya, akun tersebut masih bisa di akses. Ketika dicari username Instagram yang dimaksud juga masih ada.

Instagram saat ini memang salah satu sosial media paling yang banyak digunakan di Indonesia. Banyak orang dari berbagai macam kalangan memanfaatkan sosial media ini untuk saling berinteraksi dan kebutuhan promosi. Para pengguna bisa saling mencari antara satu dan yang lain melalui fitur pencarian. Namun ada kalanya tanpa kita ketahui sebuah akun atau username Instagram tidak bisa ditemukan meski namanya sudah diketik dengan benar di kolom pencarian.

Penyebab Akun Username Instagram Tidak Ditemukan

Apabila masalah seperti ini terjadi pada akun kamu sendiri, akun orang terdekatmu atau akun dari idola kamu, maka pasti kamu akan merasa gelisah. Akan terbesit tanya di kepala sebenarnya ada masalah apa hingga membuat akun username Instagram tidak ditemukan lagi. Kondisi seperti ini pasti akan membuat pikiran kamu kemana-mana sehingga semakin penasaran dengan apa yang sudah terjadi dengan akun tersebut.

7 Penyebab Kenapa Akun atau Username Instagram Tidak Ditemukan

Sebenarnya masalah hilangnya sebuah akun dari sosial media berlogo kamera ini cukup sering terjadi. Tidak hanya akun orang biasa yang pengikutnya masih sangat sedikit. Namun masalah ini ternyata juga bisa dialami oleh seorang selebgram sekaligus dengan ratusan ribu bahkan hingga jutaan follower. Akibatnya akun tersebut dapat lenyap hanya dalam beberapa menit saja. Lalu apa saja penyebab akun username Instagram tidak ditemukan? Berikut ini penjelasannya.

Sengaja Dihapus Oleh Pemiliknya

Penyebab username Instagram tidak ditemukan yang pertama karena dihapus permanen oleh pemiliknya. Setiap akun sosial media termasuk Instagram memang bisa dihapus apa bila si pemilik akun berkehendak. Ini juga menjadi salah satu standar komunitas sosial media dalam melindungi privasi dari penggunanya. Namun yang pasti, ketika seseorang menghapus akun, pasti dia memiliki alasan pribadi yang mungkin tidak akan pernah bisa kita ketahui.

Akun Instagram yang sudah dihapus secara permanen kebanyakan tidak bisa kembali. Begitu juga dengan seluruh data yang ada didalamnya termasuk chat, foto, komentar, follower dan lain sebagainya. Jadi apabila kamu nantinya ingin menghapus akun Instagram, sebaiknya dipikirkan secara matang terlebih dahulu supaya tidak menyesal di kemudian hari. Mengingat kamu akan kehilangan semua data.

Akun Dinonaktifkan Untuk Sementara

Sebuah akun Instagram yang dinonaktifkan sementara oleh pemiliknya juga bisa jadi faktor penyebab username Instagram tidak ditemukan ketika dicari. Untuk alasannya sendiri tidak mungkin bisa kita ketahui secara pasti karena merupakan privasi si pemilik akun tersebut. Bisa saja karena ada masalah dengan orang lain atau ingin berhenti sejenak dari dunia sosial media.

Namun yang pasti, akun yang sengaja dinonaktifkan untuk sementara akan kembali lagi seperti semula apabila pemilik akun sudah login ke Instagram lagi. Untuk batas waktu kapan sebuah username dinonaktifkan itu tersedia kembali, kita tidak bisa mengetahuinya secara pasti karena tergantung dari kemauan pemilik akun tersebut.

Ganti Username Dengan Nama Baru

Akun atau Username Instagram yang tidak ditemukan bisa disebabkan penggantian nama yang baru. Di Intagram sendiri nama ada dua jenis, yakni nama akun dan dana username. Nah yang dimaksud disini adalah nama username yang telah diganti dengan nama baru. Sebagai contoh, username lama bernama @raktasku setelah itu diubah menjadi @raktasku_po yang membuat nama lama tidak berlaku lagi.

Apabila username sudah berubah seperti itu, maka ketika dicari atau di tag dengan nama lama tidak akan ditemukan lagi alias akun Instagram hilang. Untuk bisa menemukannya maka kamu harus menggunakan nama yang baru dari akun tersebut. Kamu bisa tahu sebuah akun yang ganti username dengan melihat riwayat pesan DM, komentar, tag dab yang lain sebagainya.

Diblokir Oleh Pihak Instagram

Ketika ada akun yang diblokir oleh pihak Instagram, maka sudah pasti kamu akan mendapatkan notifikasi username Instagram tidak ditemukan ketika mencarinya di kolom pencarian. Masalah ini sangat sering menimpa akun-akun yang bersifat merugikan orang lain, suatu pihak, golongan, kelompok tertentu dan lain sebagainya. Selain itu akun-akun penipuan juga bisa diblokir oleh Instagram.

Ketika sebuah username diblokir, maka pemiliknya masih bisa mengajukan banding supaya Instagram membuka blokir tersebut. Namun tidak semua banding yang diajukan bisa diterima, terkadang juga tetap ditolak. Apabila sudah banding namun di tolak, maka bisa dipastikan bahwa akun tersebut tidak bisa kembali begitu juga seluruh datanya termasuk, foto, chat, komentar, follower dan sebagainya.

Baca Juga:

Kamu Diblokir Oleh Akun Tersebut

Kemungkinan lain kenapa akun atau username Instagram tidak ditemukan saat dicari, yakni kamu sudah diblokir secara pribadi oleh akun tersebut. Ketika ada salah satu akun yang melakukan blokir terhadap akun lainnya, maka yang terjadi adalah keduanya akan tidak bisa saling menemukan. Dalam artian kedua akun Instagram hilang baik dari chat, komentar dan pencarian.

Untuk mengembalikannya lagi, orang yang pertama mulai melakukan blokir harus membatalkan blokir yang sudah ia lakukan. Sedangkan untuk tahu apakah kamu diblokir orang lain atau tidak, kamu bisa cek dengan meminjam akun teman untuk membukanya. Apabila bisa dibuka dengan akun temanmu, maka berarti akun Instagram kamu sudah diblokir orang tersebut.

Melanggar Kebijakan Komunitas Instagram

Hal yang paling sering menyebabkan akun atau username Instagram tidak ditemukan adalah masalah pelanggaran kebijakan komunitas. Pihak Instagram memiliki peraturan kebijakan komunitas yang harus dipatuhi oleh setiap pengguna. Didalam kebijakan komunitas itu diatur berbagai macam hal mulai dari tidak boleh merugikan orang lain, upload gambar yang tidak pantas, sara, rasis atau menyesatkan. Apabila banyak akun lain yang melapor, pasti akan ditindak dengan banned permanen.

Akun Telah Diretas Orang Lain

Untuk penyebab username Instagram tidak ditemukan yang terakhir adalah tidak kejahatan peretasan. Ketika sebuah akun Instagram hilang secara tiba-tiba ada kemungkinan telah diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab dengan maksud tertentu. Karena terkadang oleh si peretas akun tersebut akan dinonaktifkan atau dimanfaatkan untuk hal-hal yang merugikan. Biasanya pemilik akun akan berusaha klarifikasi apabila masalah seperti ini sedang menimpanya.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab akun username Instagram tidak ditemukan lagi meski sudah dicari pada kolom pencarian. Dari berbagai penyebab diatas bisa kita simpulkan bahwa hilangnya sebuah akun Instagram disebabkan beberapa faktor baik itu pengguna ataupun dari pihak Instagram. Yang jelas ketika sebuah akun Instagram tidak tersedia lagi, semua data yang berkaitan dengan username tersebut juga tidak bisa diakses sama sekali.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan