Cara Mengatasi USB OTG Tidak Terdeteksi di HP Android

Semakin hari smartphone menjadi semakin canggih. Ini terbukti dengan fitur untuk transfer data melalui flashdisk ke ponsel dan sebaliknya melalui USB OTG yang merupakan kepanjangan dari On-The-Go. Ini adalah teknologi baru yang memungkinkan kita bisa membaca serta membuka file dari flashdisk di ponsel dengan converter USB yang bernama OTG. Karena masih tergolong baru, teknologi ini masih sering bermasalah salah satunya adalah USB OTG tidak terdeteksi di HP Android.

Fitur USB OTG ini dapat dinikmati oleh para pengguna smartphone Android mulai dari versi Kitkat, Lolipop, Marsmallo, Nougat, Oreo, Pie atau diatasnya. Tidak hanya itu saja, masih ada syarat lainnya, yaitu smarphone yang digunakan harus sudah mendukung USB 2.0 On-The-Go. Jika tidak memenuhi keduanya, maka ponselmu sudah bisa dipastikan tidak akan bisa menikmati fitur transfer file melalui flashdisk tersebut.

Cara Mengatasi USB OTG Tidak Terdeteksi di HP Android

Namun yang jelas, masalah USB OTG tidak terdeteksi di HP Android ini bisa terjadi pada merk apa saja entah itu Samsung, Oppo, Xiaomi, Realme, Vivo, Asus, Infinix dan lain sebagainya. Kebanyakan pengguna mengira bahwa masalah ini ada pada flashdisk. Namun faktanya ada banyak sekali faktor penyebab yang dapat membuat USB OTG jadi tidak terbaca. Akibatnya pengguna tidak bisa membaca file yang ada didalam flashdisk atau memindahkan file dari dan ke flashdisk itu sendiri.

Penyebab Masalah USB OTG Tidak Terdeteksi di Smartphone

Sebuah masalah yang terjadi pada smartphone pasti memiliki faktor penyebab. Begitu juga dengan masalah USB OTG tidak terdeteksi di HP Android yang disebabkan oleh berbagai macam faktor. Mengetahui penyebab masalah akan membuat kamu lebih mudah dalam menentukan langkah untuk memperbaikinya. Biasanya tidak terdeteksinya USB OTG ketika dicolokkan flashdisk disebabkan oleh beberapa hal berikut ini.

  1. Kabel OTG yang mengalamai kerusakan.
  2. Interface USB atau OTG yang bermasalah.
  3. Flashdisk yang sudah tidak berfungsi.
  4. Ada software pada ponsel yang mengalami bug.
  5. Versi Android yang belum bisa mendukung OTG.
  6. Merk falshdisk tertentu yang tidak bisa dibaca.
  7. Ponsel yang belum dilengkapi fitur USB OTG.

Cara Mengatasi USB OTG atau Flashdisk Tidak Terbaca di HP Android

USB OTG yang tidak terbaca oleh ponsel memang cukup merepotkan dan membuat tidak nyaman terlebih jika kita ada keperluan transfer file melalui flashdisk. Jika kami saat ini sedang mengalami masalah USB OTG tidak terdeteksi di HP Android sebaiknya lakukan beberapa langkah untuk memperbaikinya seperti berikut ini.

Periksa Kabel USB OTG

Langkah pertama untuk mengatasi masalah USB OTG tidak terdeteksi di HP Android adalah dengan memeriksa kabel OTG tersebut. Karena kecil dan rawan putus, biasanya kabel ini sering bermasalah jika tidak sengaja tertarik atau terlipat. Cara paling mudah untuk memeriksanya adalah dengan mencobanya di ponsel lain. Bisa milik saudara, sahabat atau keluargamu. Jika di beberapa ponsel tidak bisa, artinya ada masalah pada kabelnya. Sebaiknya, ketika beli USB OTG jangan yang pakai kabel agar lebih awet ketika digunakan.

Ada Kemungkinan Interface OTG Rusak

Selain kabelnya yang rusak kemungkinan lain masalah USB OTG tidak terbaca di ponsel ada pada interface OTG itu sendiri yang mengalami kerusakan. Apa itu interface, adalah bagian colokan dari OTG yang dimasukkan ke dalam USB ponsel. Bagian interface pada OTG sendiri juga bisa bermasalah namun kasus ini jarang sekali terjadi. Masalah ini berlaku bagi pengguna OTG tanpa kabel. Cara mengetahuinya sama, yaitu dengan mencobanya di smartphone lain yang tipe USB-nya sama. Jika tidak bisa, maka ada masalah pada interface-nya.

Cobalah Untuk Restart Ponsel

Apabila biasanya ketika kamu mecolokkan flashdisk ke ponsel langsung terbaca, namun tiba-tiba kali ini flashdisk tak kunjung terdeteksi oleh sistem Android. Maka cobalah untuk melakukan restart pada ponsel terlebih dahulu. Reboot akan membuat sistem operasi menjadi fresh sehingga segala fungsinya menjadi normal kembali. Beberapa crash pada sistem turut menyebabkan hardware yang terpasang tidak dapat dideteksi oleh ponsel. Cara ini kadang bisa jadi solusi masalah USB OTG tidak terdeteksi pada smartphone.

Cek Kesehatan Flashdisk via PC

Jika USB OTG yang kamu gunakan masih normal. Berarti masalah USB OTG tidak terdeteksi HP Android ini ada pada flashdisk. Kamu bisa cek kesehatan flashdisk via PC entah itu laptop atau komputer yang kamu miliki. Coba perhatikan flashdisk kamu terbaca oleh PC atau tidak. Selain itu periksa juga apakah format flashdisk tersebut sudah standar (FAT atau FAT32). Terkadang, flashdisk dengan format NTFS membuat ponsel tidak bisa membaca dan mendeteksinya.

Ganti Dengan Flashdisk Lain

Terakhir, kamu bisa mengganti flashdisk yang bermasalah tersebut dengan flashdisk lain yang masih normal. Kamu juga bisa mencoba pakai flashdisk merk lain karena beberapa merk flashdisk tertentu memang tidak dapat dibaca oleh sistem Android. Hal ini disebabkan oleh merk flashdisk tersebut memang kernelnya tidak mendukung jika digunakan pada interface OTG sehingga USB OTG tidak terdeteksi. Kamu pinjam flashdisk milik teman, sahabat, keluarga atau saudaramu untuk mencobanya.

Solusi Untuk USB OTG Tidak Terbaca Oleh Sistem Android

Jika kamu mengalami masalah USB OTG terdeteksi namun tidak terbaca oleh sistem Android, maka kamu membutuhkan solusi yang berbeda. Biasanya masalah ini disebabkan oleh trouble pada software yang harus sedikit kami perbaiki. Berikut ini adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah USB OTG tidak terbaca meski adanya perangkat masuk sudah terdeteksi oleh sistem.

Baca Juga:

OTG TroubleShooter

Untuk mengatasi masalah USB OTG tidak terdeteksi oleh sistem Android disini kamu membutuhkan bantuan sebuah perangkat lunak atau software bernama OTG Troubelshooter. Dengan bantuan aplikasi ini kamu dapat melakukan deteksi apakah device yang kamu gunakan sudah mendukung OTG atau belum sekaligus bisa mendeteksi apakah interface atau kabel OTG bermasalah atau tidak. Terkadang kerusakan pada interface data membuat flashdisk terdeteksi masuk namun data tidak bisa dibaca.

Format Flashdisk

Ketika flashdisk kamu tiba-tiba tidak terbaca oleh ponsel, kamu bisa mengatasi masalah USB OTG tidak terdeteksi ini dengan melakukan format ulang pada flashdisk. Namun sebelumnya kamu harus melakukan back up data terlebih dahulu agar tidak hilang. Kamu bisa melakukan format ini melalui laptop atau komputer. Cara untuk format flashdisk cukup mudah. Silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

Catatan: Format flashdisk artinya mempartisi ulang penyimpanan flashdisk sehingga semua data akan dihapus. Maka dari itu, sebaiknya back up data yang ada didalam flashdisk ke laptop atau komputer.

Langkah pertama silahkan hubungkan flashdisk ke PC terlebih dahulu. Pastikan flashdisk sudah terdeteksi PC. Setelah itu buka file explorer, kemudian klik kanan pada flashdisk mu. Lihat bagian bawah lalu pilih Format. Maka akan muncul tampilan jendela baru. Pada bagian File system, silahkan kamu pilih FAT32 (Default). Centang bagian Quick format. Lalu klik Start. Tunggu prosesnya hingga selesai maka flashdisk sudah terformat.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi USB OTG tidak terdeteksi di HP Android. Secara garis besar masalah ini disebabkan oleh dua faktor yaitu hardware dan software. Jika yang rusak bagian hardware mama kamu perlu membelu converter USB OTG baru. Namun jika yang bermasalah sistemnya, maka kamu bisa melakukan sedikit perbaikan dengan menerapkan beberapa langkah diatas. Semoga bermanfaat.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan