5 Cara Update Aplikasi Android Tanpa Takut Kuota Habis

Android adalah salah satu sistem operasi untuk ponsel pintar yang paling populer di dunia saat ini. Meski diklaim canggih dan baik, namun tanpa adanya aplikasi maka Android tidak bisa bekerja dengan maksimal. Pengguna dapat dengan bebas menentukan sendiri aplikasi apa saja yang akan mereka gunakan dengan cara download di Playstore. Selain itu, dalam jangka waktu tertentu pengguna juga harus update aplikasi Android jika sudah tersedia versi terbarunya.

Berbicara mengenai update aplikasi Android, banyak pengguna smartphone yang mengeluh akibat banyaknya konsumi kuota data internet ketika melakukan pembaruan. Hal ini bisa terjadi karena ukuran aplikasi Android sendiri yang cukup besar, bahkan untuk update sekalipun. Tidak heran jika pengguna memaksakan update software dengan jaringan seluler maka kuota internet yang dimilikinya akan banyak berkurang bahkan hingga habis.

Update Aplikasi Android Tanpa Takut Kuota Habis

Biasanya, update aplikasi Android seperti ini memang dilakukan cukup sering karena pihak pengembang software tersebut juga terus melakukan penyempurnaan dari waktu ke waktu. Apalagi aplikasi yang perlu di update tidak hanya satu atau dua. Sebuah ponsel pintar paling tidak memiliki jumlah aplikasi terpasang yang digunakan oleh pengguna berkisar 70 hingga 80 buah. Itulah alasan kenapa kuota bisa jadi sangat boros saat memperbarui aplikasi.

Tips Agar Kuota Internet Kamu Tidak Habis Saat Update Aplikasi Android

Memperbarui aplikasi yang kita pakai dalam smartphone Android ke versi baru memang sangat penting supaya tidak ketinggalan fitur baru dan juga perbaikan bug yang ada di versi lama. Sebaliknya, jika aplikasi tidak pernah di update maka akan usah dan beberapa fitur tidak bisa dipakai. Nah supaya kamu tidak khawatir kehabisan kuota atau paket data internet saat update aplikasi Android, cobalah untuk melakukan beberapa tips sederhana berikut ini.

Gunakan Jaringan Wifi Yang Ada Disekitar

Hal pertama yang bisa kamu lakukan agar lebih hemat kuota internet saat update aplikasi Android adalah dengan menggunakan jaringan Wifi yang ada disekitarmu. Saat ini, jaringan Wifi sudah sangat umum dan tersedia diberbagai tempat umum seperti taman kota, cafe, restoran, perpustakaan, kampus, sekolah, kantor, warung makan, bahkan hingga angkringan.

Maka dari itu, cobalah untuk meluangkan sedikit waktu untuk berkunjung ke tempat-tempat yang menyediakan hotspot area untuk update aplikasi Android di smartphone kamu. Meski ukuran file pembaruan cukup besar, namun tidak akan memakan waktu lama untuk menyelesaikan unduhan dan pemasangan jika kamu memanfaatkan jaringan Wifi yang rata-rata memiliki kecepatan tinggi.

Matikan Auto Update Pada Playstore

Salah satu hal yang dapat membuat kuota internet kamu boros adalah auto update atau pembaruan otomatis yang ada pada Playstore. Fitur ini akan membuat seluruh aplikasi yang terpasang pada smartphone akan melakukan update secara otomatis ketika ada pembaruan baru dari pengembang. Parahnya, hal ini akan membuat para pengguna dengan jaringan seluler akan banyak kehilangan kuota internet.

Terkadang fitur pembaruan secara otomatis ini tidak diketahui oleh pengguna. Sehingga terkadang mereka mendapati kuota internet habis tanpa tahu penyebabnya. Agar kamu dapat update aplikasi Android tanpa takut boros kuota internet, sebaiknya matikan fitur ini. Caranya, silahkan buka Playstore terlebih dahulu. Klik ikon garis tiga dibagian pojok kiri atas. Lalu pilih setelan. Buka bagian “Update aplikasi secara otomatis“. Kemudian ubah ke “Jangan update aplikasi secara otomatis“.

Update Aplikasi Yang Paling Dibutuhkan Saja

Tips selanjutnya agar kamu bisa update aplikasi Android tanpa takut kehabisan kuota internet adalah dengan hanya memilih aplikasi tertentu untuk diperbarui. Jadi, tidak semua aplikasi yang terpasang pada ponsel di update semuanya, namun hanya yang paling penting dan sering digunakan saja. Selain itu, kamu juga bisa melakukan seleksi terhadap aplikasi dengan ukuran besar untuk tidak diperbarui dengan data seluler.

Perbarui Aplikasi Android Melalui PC

Selain melakukan update aplikasi Android melalui ponsel, ternyata kamu juga bisa lho melakukan update melalui PC entah itu komputer atau laptop. Meski cara ini agak ribet, namun paling tidak kuota internet kamu akan aman karena tidak memakai jaringan seluler ponselmu. Disini kita akan download aplikasinya yang versi terbaru dari PC kemudian memasangnya ke ponsel. Lalu bagaimana caranya? Simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga:

Pertama, silahkan buka website Playstore di play.google.com kemudian cari dan pilih aplikasi mana yang akan kamu update. Ketikkan kata kunci (nama aplikasi) di kolom pencarian. Jika sudah ketemu, silahkan klik. Maka kamu akan masuk kedalam dashboard aplikasi tersebut. Lalu salin (copy) tautan atau link yang ada di address bar pada browser.

Kemudian buka website apk downloader di apps.evozi.com/apk-downloader/ pada tab lain browser. Paste link yang sudah di copy tadi ke kolom yang tersedia. Klik genrate download link lalu ikuti prosesnya hingga aplikasi selesai di download.

Jika aplikasi sudah di download, kini saatnya untuk update aplikasi Android ke ponsel. Caranya silahkan pindahkan file aplikasi yang sudah di download dari PC tadi ke ponsel. Buka file manager ponsel, lalu klik aplikasinya maka akan memasang secara otomatis. Tunggu prosesnya hingga selesai. Lakukan cara ini untuk memperbarui aplikasi lainnya juga.

Tunda Update Dalam Waktu Tertentu

Tips terakhir yang bisa kamu lakukan untuk update aplikasi Android tanpa harus takut kuota internet habis adalah sengaja menunda. Artinya, kamu tidak perlu melakukan pembaruan baik secara otomatis maupun manual. Cara ini bisa jadi alternatif pilihan lain ketika poin-poin yang sudah dijelaskan diatas belum bisa kamu lakukan. Akan tetapi jangan melakukan penundaan update dalam waktu yang terlalu lama. Jika ada waktu luang, sempatkan mencari jaringan Wifi atau ke warnet ya.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk update aplikasi Android tanpa takut kuota internet akan habis. Memang sih, melakukan update aplikasi dengan menggunakan jaringan seluler akan membuat konsumsi paket data sangat boros karena file yang perlu di download ukurannya sangat besar dan jumlahnya banyak. Dengan mencoba tips diatas kamu dapat mendapatkan pembaruan aplikasi namun tetap hemat kuota internet.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan