5 Tips Pakai Power Bank Agar Baterai Ponsel Tidak Rusak

Saat ini smartphone menjadi perangkat komunikasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Kemajuan teknologi membuat kemampuan ponsel pintar juga lebih baik dan lebih bervariatif. Akibatnya, daya yang dibutuhkan ponsel untuk menyala juga lebih besar sehingga sering kehabisan baterai. Saslah satu sulusi untuk menyediakan daya tambahan adalah dengan pakai power bank.

Power bank memang jadi salah satu perangkat yang banyak diburu pecinta gadget karena memudahkan dalam pengisian daya ponsel ketika tidak ada terminal listrik. Namun, hal ini bertolak belakang dengan berbagai isu yang menyebutkan bahwa penggunaan power bank akan merusak baterai ponsel. Isu ini kemudian membuat banyak pengguna power bank was-was atas kebenarannya.

5 Tips Pakai Power Bank Agar Baterai Ponsel Tidak Rusak

Namun yang perlu kamu tahu bahwa aman atau tidaknya power bank itu ada banyak faktornya. Pertama, ada pada kualitas dari power bank itu sendiri. Semakin baik kualitas power bank yang dipakai, maka keamanannya juga lebih terjamin. Kedua, ada pada cara penggunaannya. Power bank akan sangat aman jika digunakan secara baik dan benar. Itulah kenapa pakai power bank masih bisa jadi alternatif saat darurat.

Manfaat Memakai Power Bank Untuk Ngecas Ponsel

Banyaknya orang yang pakai power bank tidak lain karena berbagai macam manfaat yang bisa didapatkan. Selain itu, dengan bantuan power bank, pengguna ponsel Android juga sedikit tertolong saat melakukan aktivitas diluar ruangan dimana terminal listrik sangat sulit ditemukan. Jadi pada intinya, power bank itu memiliki banyak manfaat jika di pakai dengan baik. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh saat pakai power bank.

  1. Portable sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana.
  2. Menyediakan daya ketika kita dalam kondisi darurat seperti mati lampu atau bepergian.
  3. Tidak perlu mencari terminal listrik untuk mencolokkan charger.
  4. Dapat digunakan untuk keperluan lain seperti jadi senter, menyalakan lampu USB kipas USB dan lain-lain.
  5. Harga yang relatif terjangkau untuk banyak manfaat yang didapat.

Cara Menggunakan Power Bank Agar Baterai HP Android Tidak Rusak

Cepat rusaknya sebuah baterai tergantung dari cara kita menggunakan. Sebenarnya yang membuat baterai rusak itu bukanlah power bank-nya, namun lebih ke cara menggunakannya itu sendiri yang tidak benar. Maka dari itu, buat kamu yang sering pakai power bank untuk mengisi daya ponsel ketika habis, akan lebih baik jika menerapkan beberapa tips berikut ini.

Pilih Power Bank Yang Berkualitas

Tips yang pertama buat kamu yang pakai power bank adalah dengan memilih yang berkualitas. Kualitas dari perangkat memang sangat menentukan keamanan. Kamu jangan tergiur dengan power bank harga murah yang kualitasnya abal-abal. Power bank murahan biasanya memiliki arus yang tidak stabil sehingga bisa merusak baterai. Sebaliknya, power bank yang berkualitas biasanya harganya sedikit agak mahal, namun keamanannya lebih terjamin.

Jangan Dicas Sambil Digunakan

Tips kedua buat kamu yang pakai power bank namun tidak mau baterai ponselnya cepat rusak adalah dengan tidak mengecas sambil digunakan. Meski power bank mudah dibawa kemana-mana namun jangan sekali-kali kamu menggunakannya sambil memainkan ponsel. Tahukah kamu bahwa menggunakan ponsel sambil dicas entah itu pada power bank atau pada charger original sekalipun dapat membuat usia baterai jadi pendek.

Baca Juga:

Gunakan Kabel Data Original

Ketiga, buat kamu yang pakai power bank untuk tambah daya sebaiknya gunakan kabel data original bawaan ponsel. Kabel data original biasanya memiliki kemampuan yang baik dalam mengalirkan arus. Selain itu socketnya juga sudah dibuat presisi. Jika kamu menggunakan kabel data selain bawaan yang kualitasnya belum teruji, arus yang dialirkan ke ponsel bisa tidak stabil sehingga dapat merusak elemen pada baterai ponsel itu sendiri.

Pastikan Daya Power Bank Penuh

Keempat, sebelum kamu pakai power bank, sebaiknya pastikan dulu bahwa daya yang tersimpan masih dalam keadaan penuh. Kenapa harus penuh? Supaya ketika proses pengisian daya berlangsung tidak terputus ditengah jalan. Hal inilah yang biasanya dapat menyebabkan kerusakan pada baterai. Memutus pengisian daya sebelum penuh dapat membuat siklus charging pada baterai menjadi lebih pendek. Maka dari itu, supaya aman usahakan kondisi power bank masih full.

Samakan Arus Output Dengan Baterai

Terakhir, ini adalah poin penting yang wajib kamu perhatikan. Agar tidak merusak baterai ponsel, sebaiknya samakan arus output dari power bank ke baterai. Biasanya power bank yang berkualitas akan menuliskan berapa besaran output arusnya, lalu kamu samakan dengan besarnya arus output pada charger bawaan. Jika sama, artinya kamu sudah aman pakai power bank untuk melakukan isi daya ponsel.

Kesimpulan

Sebenarnya isu yang menyatakan bahwa pakai power bank untuk menambah daya dapat membuat ponsel rusak itu bisa benar dan bisa salah. Power bank dapat merusak jika kualitas yang dipilih abal-abal. Namun pakai power bank bisa jadi aman jika kualitas yang dibeli sangat baik ditambah lagi dengan cara pakai yang benar. Jadi dengan mengikuti beberapa cara diatas kamu bisa tetap aman menggunakan power bank.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan