5 Tips Membeli Kartu Memori Yang Bagus Untuk HP Android

Memory card adalah salah satu perangkat tambahan pada smartphone yang berupa memori eksternal untuk mendukung kapasitas memori internal. Biasanya jenis memori eksternal yang kompatibel dengan smartphone berjenis Micro SD. Komponen ini cukup penting dan sangat berguna apalagi dengan keterbatasan memori internal. Oleh karena itu, membeli kartu memori yang bagus untuk Android dapat membantu meningkatkan kinerjanya.

Pengguna smartphone membeli kartu memori untuk HP Android miliknnya disebabkan oleh kurangnya kapasitas memori internal. Terlebih jika spesifikasi ponsel yang dimiliki masuk kedalam golongan low end. Ponsel low end biasanya dibekali dengan memori internal yang tidak begitu besar. Terkadang memori ini cepat habis oleh sistem Android dan juga file aplikasi yang diinstall. Untuk menyiasati masalah ini, ditambahkanlah memori eksternal untuk menyimpan file lain.

5 Tips Membeli Kartu Memori Yang Bagus Untuk HP Android

Saat ini memori eksternal banyak dijual di toko-toko mulai dari toko komputer, konter seluler, hingga toko elektronik. Oleh karena itu kamu akan dapat dengan mudah membeli kartu memori disekitar daerah tempat tinggalmu. Karena jenis dan merk-nya sangat beragam, kamu harus teliti dan hati-hati dalam membeli. Karena jika salah membeli memori eksternal, kamu akan rugi sendiri.

Kerugian Yang Didapat Jika Salah Membeli Kartu Memori

Dalam membeli barang apapun pembeli pasti dianjurkan untuk teliti dan berhati-hati. Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan dalam membeli suatu barang agar kamu tidak mengalami kerugian. Begitu juga ketika kamu akan membeli kartu memori untuk HP Android. Kamu harus mempertimbangkan banyak hal supaya mendapat kartu memori yang bagus. Berikut ini adalah kerugian yang akan kamu alami jika salah dalam membeli kartu memori eksternal untuk smartphone milikmu. Apa saja?

  1. Kartu memori tidak akan bisa digunakan untuk smartphone alias tidak kompatibel.
  2. Kamu akan rugi secara materi karena sudah mengeluarkan uang untuk membeli barang yang tidak bisa dipakai.
  3. Kamu harus mengeluarkan uang lebih untuk membeli kartu memori yang lebih sesuai dengan ponsel.
  4. Penyelesaian masalah memori internal yang hampir penuh harus terntuda karena memori eksternal tidak cocok.

Cara Memilih Kartu Memori Yang Bagus Untuk HP Android

Membeli kartu memori yang berkualitas untuk dipasang pada HP Android tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Seperti yang kita ketahui bahwa sebuah kartu memori diproduksi oleh banyak vendor yang semuanya menawarkan berbagai keunggulan serta kelebihannya masing-masing. Agar tidak terjerumus kedalam kerugian, sebaiknya kamu perhatikan beberapa hal dalam memilih kartu memori terbaik untuk ponselmu seperti berikut ini.

Perhatikan Kapasitas Penyimpanan

Hal pertama yang harus kamu perhatikan saat membeli kartu memori yang bagus untuk HP Android adalah kapasitas penyimpanannya. Usahakan kamu memilih kapasitas yang sesuai dengan kebutuhanmu. Saat ini Micro SD mampu menyediakan ruang penyimpanan hingga 2 Tera byte. Namun, ada hal lain yang lebih penting untuk diperhatikan yaitu kemampuan smartphone milikmu dalam membaca kapasitas.

Setiap ponsel pintar memiliki kemampuan baca kapasitas kartu memori yang berbeda-beda. Ada yang bisa membaca kapasitas hingga 64 giga, 32 giga, 16 giga, bahkan hanya 8 giga. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui hal mendasar ini supaya tidak salah beli. Lalu apa yang terjadi jika kamu membeli kartu memori dengan kapasitas diluar kemampuan ponselmu? Yang pasti, kartu memori tersebut tidak akan terbaca oleh HP Android.

Teliti Terhadap Jenis Kartu Memori

Tips kedua dalam membeli kartu memori yang bagus untuk HP Android adalah teliti terhadap jenis kartu memori itu sendiri. Bagi orang awam, semua kartu memori yang ada di pasaran terlihat sama, hanya beda kapasitasnya. Namun ternyata, kartu memori ada tiga jenis yaitu SDXC (Secure Digital Extended Capacity), SDHC (Secure Digital High Capacity) dan SD (Secure digital). Yang membedakan ketiganya adalah kemampuan dalam menyediakan kapasitas.

Jenis kartu memori SDXC mampu menyediakan kapasitas lebih dari 32 Giga bahkan sampai 2 Tera, SDHC mampu menyediakan kapasitas lebih dari 2 Giga hingga maksimal 32 Giga, terakhir SD yang memiliki kapasitas terkecil yaitu dibawah 2 giga. Nah, jika pada saat kamu membeli kartu memori dengan kapasitas 16 Giga namun tertulis SDXC bisa dipastikan itu palsu.

Perhatikan Kecepatan Micro SD

Sebuah micro SD dengan kapasitas yang sama memiliki ukuran kecepatan yang berbeda-beda. Yang dimaksud kecepatan disini adalah kemampuan memori dalam melakukan baca dan tulis terhadap file. Beberapa tingkatan kecepatan micro SD adalah class 0 , class 2, class 4, class 6, class 10, UHS class 1 dan UHS class 3. Disini kamu direkomendasikan untuk membeli kartu memori yang kelas 10 keatas karena kecepatan minimalnya 80 Mbps. Sebuah kecepatan yang cukup mumpuni untuk sebuah ponsel.

Baca Juga:

Pilih Merk Yang Terpercaya

Ada banyak produsen kartu memori yang kini beredar di Indonesia. Setiap merk memiliki kualitas dan reputasi yang berbeda-beda meski kapasitasnya sama. Merk juga dapat mempengaruhi usia dan ketahanan dari kartu memori itu sendiri. Maka dari itu kamu perlu berhati-hati dalam memilih merk ketika akan membeli kartu memori yang bagus untuk HP Android.

Jadi sebaiknya kamu pilih merk yang sudah pasti memiliki reputasi bagus seperti Sandisk, Samsung, dan Transcend. Ketiganya juga memiliki kelebihan yaitu dapat melakukan akses pemulihan data jika jika sewaktu-waktu hilang. Jadi jika datamu hilang, kamu sudah memiliki back up yang bisa dipulihkan kembali.

Pastikan Memiliki Masa Garansi

Tips terakhir untuk membeli kartu memori yang bagus untuk HP Android adalah dengan mempertimbangkan masa garansi. Setiap pembelian barang elektronik pastikan memiliki masa garansi, termasuk juga Micro SD. Tujuannya adalah untuk berjaga-jaga jika ada cacat produksi karena produk elektronik sangat rentan. Jika kamu memiliki masa garansi, maka jika rusak dalam waktu tertentu kamu menukarnya untuk mendapat barang yang baru.

Penutup

Itulah beberapa hal yang harus kamu perhatikan jika ingin membeli kartu memori yang bagus untuk HP Android. Pada dasarnya kartu memori yang dijual di pasaran sekilas terlihat sama saja. Namun jika dilihat secara lebih teliti, ada banyak hal yang bisa membedakan antara satu kartu memori dengan yang lainnya. Maka dari itu, kamu tidak bisa sembarangan ketika mencari kartu memori untuk ponselmu.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan