Penyebab & Cara Mengatasi Tinta Selang Infus Tidak Mengalir

Printer kini menjadi salah satu hardware yang banyak dibutuhkan olah berbagai kalangan mulai dari pelajar, mahasiswa, karyawan, hingga pegawai negeri. Alat yang bisa mencetak berbagai dokumen seperti undangan, surat, amplop dan lain sebagainya ini kebanyakan menerapkan teknologi infus untuk mempermudah penggunaan. Namun, ternyata sistem ini memiliki beberapa masalah seperti tinta selang infus tidak mengalir.

Ketika membahas mengenai tinta selang infus tidak mengalir, tidak bisa terlepas dari teknologi infus itu sendiri yang terdiri dari beberapa peralatan seperti tabung tinta, selang, knee, dan juga karet pengaman. Semua alat tersebut terintegrasi menjadi satu untuk menyuplai tinta dari tabung yang ada diluar printer kedalam cartridge. Sistem ini sangat mempermudah pengguna awam untuk mengisi tinta dan melakukan kontrol isi tinta karena bisa dilihat dari luar.

Penyebab & Cara Mengatasi Tinta Selang Infus Tidak Mengalir

Buat kamu yang memiliki printer dengan sistem infus, maka kamu harus siaga ketika masalah tinta selang infus tidak mengalir terjadi. Kondisi ini akan membuat aliran tinta dari tabung infus ke cartridge yang ada didalam printer jadi terhambat. Akibatnya, hasil cetak menjadi tidak sempurna karena akan timbul garis-garis atau hasil cetak jadi tidak tajam. Maka dari itu, selang infus printer yang tersumbat harus segera diperbaiki.

Penyebab Tinta Pada Selang Infus Tidak Mengalir

Jika kamu saat ini sedang mengalami masalah dimana tinta yang mengalir pada selang infus tersumbat, maka jangan panik. Ini adalah hal yang wajar dan banyak dialami oleh pengguna printer lain yang memakai sistem infus. Pada dasarnya, masalah seperti bisa terjadi karena beberapa faktor penyebab. Berikut ini adalah beberapa penyebab kenapa aliran tinta pada selang infus printer kamu tidak mengalir.

Pemasangan Selang Tidak Benar

Penyebab pertama dari masalah tinta selang infus tidak mengalir adalah pemasangan selang tidak benar. Biasanya ini terjadi pada printer-printer yang pakai infus custom alias modifikasi. Dengan kata lain, bukan printer yang memang dari pabriknya sudah dibekali infus. Kesalahan pemasangan selang yang mengalirkan tinta dari tabung infus ini umumnya dikarenakan human error yang dilakukan oleh teknisi. Menang yang namanya manusia pasti kadang melakukan kesalahan secara tidak sengaja.

Tersumbat Tinta Yang Mengering

Penyebab tinta selang infus tidak mengalir yang kedua bisa jadi karena tersumbat tinta yang mengering. Masalah ini umumnya terjadi pada printer yang jarang dipakai atau printer yang sering telat di isi tinta. Aliran tinta pada selang yang tidak teratur dapat menyebabkan gumpalan-gumpalan yang terbentuk dari tinta kering. Namun, masalah ini kadang juga disebabkan oleh adanya kotoran yang masuk melalui tabung dan mengalir ke selang.

Terdapat Kebocoran Pada Instalasi

Saat instalasi sistem infus terjadi kebocoran, maka hal ini akan sedikit lebih sulit untuk diatasi. Semua komponen sistem infus pada printer terdiri dari alat-alat kecil sehingga mencari bagian yang bocor lebih sulit untuk diketahui. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengidentifikasi bahwa ada kebocoran pada instalasi adalah adanya gelembung-gelembung udara halus yang muncul diantara aliran tinta. Namun, ini tidak sepenuhnya bisa dijadikan patokan, karena masalah lain juga bisa menimbulkan gelembung.

Tabung Infus Yang Tertutup Rapat

Jika kamu memperhatikan tabung tinta yang ada disamping printer, maka kamu akan menemukan dua buah penutup dibagian atasnya. Yang satu berukuran besar dan satunya berukuran kecil. Keduanya sama-sama berfungsi namun memiliki fungsi yang berbeda. Penutup besar untuk mengisi tinta sedangkan yang kecil sebagai lubang udara. Jika penutup kecil tertutup rapat, maka aliran akan mampet karena tidak adanya sirkulasi udara yang keluar masuk.

Ada Udara Yang Masuk Selang Infus

Penyebab terakhir dari tinta yang mengalir pada selang infus tersumbat adalah adanya udara yang masuk ke selang infus. Udara ini bisa masuk lewat selang atau sambungan yang mengalami kebocoran. Udara yang masuk ke selang infus biasanya dapat dikenali dengan adanya rongga udara yang agak panjang diantara selang infus. Hal ini akan membuat aliran tinta menuju cartridge menjadi terputus-putus.

Salah satu cara yang paling mudah untuk memperbaiki tinta selang infus tidak mengalir adalah dengan mencari tahu penyebabnya terlebih dahulu. Karena pada dasarnya aliran tinta yang terhambat disebabkan oleh banyak faktor yang berbeda-beda setiap kasusnya.

Cara Mengatasi Tinta Pada Selang Infus Tidak Mengalir

Dengan mempelajari setiap penyebab yang bisa menimbulkan masalah tinta yang mengalir pada selang infus tersumbat, maka kamu dapat menentukan langkah selanjutnya untuk mengatasi masalah tersebut. Mudah atau tidaknya mengatasi kerusakan pada printer itu relatif tergantung kita sudah tahu atau tidak penyebabnya. Beberapa langkah berikut ini mungkin bisa jadi solusi buat kamu dalam memperbaiki masalah printer tersebut.

Sedot Tinta Pada Selang Infus

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah tinta selang infus tidak mengalir adalah dengan mencoba menyedot tinta pada selang infus tersebut. Caranya adalah dengan memakai suntikan yang biasa digunakan untuk mengisi tinta. Siapkan sebuah suntikan, masukkan atau tempelkan ujung suntikan dengan ujung selang lalu sedot secara perlahan-lahan. Lakukan dengan hati-hati supaya tinta tidak sampai berceceran.

Perbaiki Pemasangan Selang ke Infus

Ketika tinta selang infus tidak mengalir karena adanya kesalahan instalasi, maka sebaiknya perbaiki ulang dari awal. Agar dapat terlihat letak kesalahannya secara pasti, cobalah untuk memeriksanya secara teliti. Perhatikan betul semua bagian dari sistem infus mulai dari tabung tinta, sambungan menuju selang, pada selang, serta sambungan menuju cartridge. Jika kamu merasa kesulitan, hubungi bawalah ke toko tempat kamu beli untuk diperbaiki oleh teknisinya.

Ganti Selang Infus Dengan Yang Baru

Masalah tinta yang mengalir pada selang infus tersumbat juga bisa dikarenakan penyumbatan pada selang infus yang jarang di cek. Apalagi ketika printer jarang atau lama tidak digunakan. Maka kemungkinan terjadi penggumpalan akibat tinta kering atau kotoran yang masuk. Jika selang infus sudah mampet, maka satu-satunya cara untuk mengatasinya adalah mengganti selang dengan yang baru. Ini adalah cara terbaik mengingat harga selang infus yang relatif murah.

Baca Juga:

Selalu Buka Penutup Tabung Infus

Buat kamu yang belum paham, mungkin merasa bahwa menutup rapat penutup tabung infus adalah langkah yang baik. Namun, hal ini justru salah. Penutup tabung infus kecil yang tidak dibuka dapat membuat tinta selang infus tidak mengalir. Kenapa bisa begitu? Karena tabung infus butuh lubang untuk sirkulasi udara sehingga jika ditutup akan membuat tinta jadi tidak mengalir. Jadi, pastikan penutup infus yang paling kecil ini selalu terbuka ketik printer akan digunakan.

Jangan Tunggu Tinta Habis

Terkadang, beberapa pengguna printer lebih suka mengisi tinta di tabung infus ketik sudah mau habis. Jika kamu adalah salah satu yang melakukan hal ini, sebaiknya segera tinggalkan. Telat mengisi tinta dapat menyebabkan gumpalan tinta akibat kekeringan yang dapat membuat tinta selang infus tidak mengalir. Sebaiknya isilah tinta dalam tabung minimal ketika tinggal seperempat atau separuhnya. Jangan pernah menunggu tinta sampai habis ya.

Lakukan Pembersihan Non-Fisik

Salah satu cara terbaik yang dapat mencegah masalah tinta selang infus tidak mengalir adalah dengan melakukan pembersihan non-fisik. Maksudnya, kamu dapat membersihkan printer melalui driver software yang sudah ada dari bawaan printer. Caranya cukup mudah, pertama silahkan buka pengaturan, kemudian pilih perawatan atau maintenance. Disana akan ada menu cleaning dan deep cleaning. Pilih salah satu dan lakukan sesering mungkin.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi tinta selang infus tidak mengalir. Masalah seperti ini memang harus segera diatasi mengingat aliran tinta printer yang tidak lancar berpengaruh langsung terhadap cartridge. Yang pada pada akhirnya dapat membuat hasil cetak menjadi tidak baik. Jadi buat kamu yang mengalami masalah pada selang infus, cobalah untuk menerapkan cara-cara yang sudah dibahas diatas tergantung dari penyebab kerusakan itu sendiri.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan