Speaker Laptop Mati Sebelah (Penyebab & Cara Mengatasinya)

Speaker adalah satu bagian penting dari sebuah laptop. Segala macam bentuk audio entah itu musik atau suara video dapat kita dengarkan berkat adanya speaker bawaan laptop. Ya meskipun suara yang dihasilkan tidak begitu memukau, namun sudah cukup layak sebagai perangkat output tambahan. Pada umumnya, sebuah laptop dibekali oleh dua buah speaker disebelah kiri dan kanan. Namun terkadang, timbul masalah dimana speaker laptop mati sebelah.

Ketika kita mendapati speaker laptop mati sebelah, pasti rasanya tidak enak untuk didengar. Masalah ini nampaknya pernah dialami oleh hampir semua pengguna laptop dengan berbagai macam sistem operasi baik itu Windows 10, Windows 8, ataupun Windows 7. Namun terkadang masalah ini bisa hilang dengan sendirinya dan bisa kambuh lagi secara tiba-tiba. Meski begitu, perlu dilakukannya pemeriksaan lebih lanjut supaya kerusakan tidak semakin parah.

Speaker Laptop Mati Sebelah (Penyebab & Cara Mengatasinya)

Speaker laptop yang mati sebelah memang sangat mengganggu terlebih ketika kita sedang melakukan berbagai macam aktivitas yang berkaitan dengan audio seperti editing video, merekam suara, mendengarkan musik, ataupun melihat film. Selain output suara menjadi berat sebelah, hal ini juga membuat kualitas suara tidak terdengar begitu jelas. Rasanya aneh jika salah satu speaker pada laptop tidak berbunyi.

Penyebab Speaker Laptop Mati Sebelah

Berbicara mengenai masalah speaker laptop yang mati salah satu, tidak lengkap rasanya jika kita tidak membahas tentang penyebabnya sekalian. Setiap hardware pada laptop yang mengalami masalah, pasti ada dua kemungkinan yang bisa menjadi penyebabnya yaitu dari segi perangkat lunak atau memang dari perangkat kerasnya itu sendiri yang sudah rusak. Untuk lebih detailnya, silahkan kamu simak penjelasannya berikut ini.

Pengaturan Left dan Right Mode Stereo

Penyebab pertama yang bisa membuat speaker laptop mati sebelah adalah pengaturan mode stereo pada aplikasi pemutar musik atau pemutar video. Biasanya, file audio stereo memiliki dua buah suara yaitu left dan right yang naik turun selama diputar sehingga membuat efek suara 3 dimensi. Dengan catatan pengaturannya seimbang antara kiri dan kanan. Namun jika berat sebelah kiri/kanan maka salah satu speaker pada laptop tidak berbunyi.

Stereo Pada File Audio Tidak Seimbang

Kualitas stereo pada sebuah file audio juga dapat menimbulkan speaker laptop mati sebelah. Bukan karena rusak, namun karena output audio tersebut tidak seimbang antara kanan dan kiri sehingga salah satunya seperti tidak bersuara. Biasanya file-file audio yang kamu download secara gratisan berpotensi mengalami hal seperti ini karena file audio tersebut didapat secara ilegal sehingga kualitasnya seadanya.

Driver Sound Yang Tidak Cocok

Kemudian yang ketiga adalah kemungkinan adanya masalah pada driver sound yang tidak kompatibel. Terkadang, ketika kamu memasang driver sound yang tidak cocok dengan hardware pada laptop, akan membuat kinerjanya menjadi tidak bisa maksimal. Salah satunya adalah tidak dapat berfungsi secara stereo. Yang artinya salah satu speaker antara kanan atau kiri tidak dapat berbunyi. Driver sendiri memiliki fungsi untuk mengatur perintah pada hardware.

Sound Card Laptop Bermasalah

Sound card merupakan sebuah hardware yang bertugas mengolah file audio agar bisa keluar melalui output yaitu speaker. Rata-rata sound card pada laptop adalah on board yang berarti jadi satu dengan main board. Komponen on board biasanya mudah bermasalah karena kualitas dan juga spesifikasinya yang tidak terlalu mumpuni. Speaker laptop mati sebelah mungkin juga disebabkan oleh masalah pada sound card.

Kabel Speaker Laptop Yang Putus

Berbeda dengan sound card, speaker laptop merupakan komponen yang berdiri sendiri. Artinya untuk melakukan transmisi suara dari sound card ke speaker dibutuhkanlah sebuah kabel. Jika di laptop ada dua buah speaker, maka kabel yang menghubungkan juga terbagi menjadi dua yaitu kiri dan kanan. Namun, jika salah satu diantara keduanya putus, maka dapat mengakibatkan speaker laptop mati sebelah entah itu yang kiri atau yang kanan.

Loudspeaker Laptop Yang Sudah Rusak

Selain kabel yang berfungsi untuk transmisi suara, kemungkinan lain yang juga jadi penyebab speaker laptop mati sebelah adalah loudspeaker yang sudah rusak. Loudspeaker sendiri merupakan bagian dari speaker yang bertugas mengeluarkan suara melalui getaran. Biasanya loudspeaker terdiri dari rangka logam, magnet, kumparan serta kertas membran. Jika bagian ini ada yang rusak, maka speaker akan mati total.

Cara Mengatasi Speaker Laptop Mati Sebelah

Mempelajari berbagai macam penyebab yang memungkinkan timbulnya masalah speaker laptop mati sebelah seperti yang sudah dibahas diatas, dapat membuat kamu lebih mudah dalam mencari solusinya. Kini saatnya kamu mulai beraksi untuk mencoba mengatasi masalah tersebut dengan beberapa cara yang akan kita bahas berikut ini. Silahkan disimak baik-baik ya.

Atur Mode Stereo Secara Seimbang

Langkah pertama yang bisa kamu lalukan untuk mengatasi speaker laptop mati sebelah adalah dengan mengubah pengaturan stereo pada media player. Biasanya pengaturan ini tidak seimbang alias banyak kekiri atau kekanan. Coba letakkan pengaturan stereo tepat ditengah-tengah sehingga output suara yang keluar bisa seimbang. Dengan begini, speaker laptopmu akan mengeluarkan volume suara yang sama antara kiri dan kanan.

Gunakan Mode Mono Ketika Memutar File Audio Kualitas Rendah

Salah satu cara untuk menyiasati file audio kualitas rendah yang didownload gratisan agar enak didengar, kamu dapat mengubah pengaturan media player menjadi mono sehingga output suara menjadi sama antara speaker kiri dan kanan. Cara ini terbukti efektif untuk menyeimbangkan speaker meskipun efek suara 3 dimensi tidak dapat kamu rasakan. Yang penting, masalah speaker laptop mati sebelah sudah teratasi.

Gunakan Driver Yang Lebih Kompatibel

Jika masalah speaker laptop mati sebelah penyebabnya ada pada driver, sebaiknya segera kamu ganti. Kamu dapat download driver sound card laptop yang lebih kompatibel di website resmi merk laptopmu. Biasanya setiap merk laptop mempunyai offical website yang menyediakan berbagai keperluan pendukung seperti aksesoris hingga download driver secara gratis. Driver yang disediakan dari website resmi akan lebih kompatibel.

Beli Sound Card Tambahan

Sound card yang bermasalah bisa kamu atasi dengan cara membeli sound card tambahan atau sound card eksternal. Alat ini biasanya banyak dijual di toko-toko komputer terdekat. Kamu tidak perlu beli sound card yang mahal, cukup beli sound card USB yang bisa digunakan secara portable. Meski kualitas suara yang dihasilkan tak sebaik sound card mahal, namun sudah cukup baik untuk memutar musik. Terlebih harganya murah dan ramah di kantong.

Baca Juga:

Ganti Kabel Speaker Yang Putus

Jika speaker laptop mati sebelah penyebabnya ada pada kabelnya, maka mau tidak mau laptopmu harus dibongkar terlebih dahulu. Namun jangan khawatir, membongkar laptop tidaklah seburuk yang kamu bayangkan. Agar lebih aman, kamu bisa minta bantuan tukang servis kepercayaanmu. Mengganti kabel speaker yang putus tidak membutuhkan waktu yang lama, paling lama mungkin sekitar satu jam.

Ganti Loudspeaker Dengan Yang Baru

Saat loudspeaker mengalami kerusakan, maka sudah pasti tidak dapat di servis. Kamu harus menggantinya dengan yang baru. Mengganti loudspeaker jauh lebih rumit dari sekedar mengganti kabel. Penulis sarankan kamu minta bantuan tukang servis. Karena sensitif, akan lebih baik jika ditangani oleh yang sudah profesional. Harga loudspeaker baru bervariatif tergantung jenis laptopmu. Harga bukanlah masalah yang penting masalah speaker laptop mati sebelah bisa diperbaiki.

Pakai Speaker Aktif Atau Speaker Eksternal

Solusi terakhir yang pasti berhasil mengatasi masalah speaker laptop mati sebelah adalah dengan memakai speaker aktif atau speaker eksternal. Kamu bisa membeli speaker tambahan ini dengan membelinya di toko komputer, toko elektronik atau membelinya secara online. Harganya sangat beragam tergantung kualitas suara yang dihasilkan. Semakin baik kualitas suaranya maka akan semakin mahal. Umumnya, yang berkualitas bisa kamu dapatkan dengan harga kisaran 300-500 ribuan.

Penutup

Itulah beberapa penyebab speaker laptop mati sebelah sekaligus cara mengatasinya. Terkadang speaker laptop yang tidak normal berasal dari penyebab yang cukup sepele. Dalam beberapa kasus fungsi hardware yang tidak normal, malah disebabkan oleh perangkat lunak yang tidak bekerja dengan maksimal. Jadi jika kamu saat ini mengalami masalah seperti ini, jangan langsung panik karena akan membuatmu tidak dapat berpikir jernih. Cobalah untuk mencari solusi dengan melakukan beberapa hal diatas.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan