Penyebab dan Cara Mengatasi Speaker Komputer Tidak Bunyi

Speaker adalah salah satu hardware output yang cukup penting dalam sebuah komputer agar pengguna dapat mendengarkan setiap file audio yang diputar. Tidak hanya untuk komputer, speaker aktif ini juga banyak digunakan oleh pengguna laptop untuk mendengarkan audio yang lebih baik daripada speaker bawaan laptop itu sendiri. Namun setiap hardware pasti pernah mengalami masalah. Seperti halnya speaker komputer tidak bunyi padahal pengguna sudah merasa memasangnya dengan baik dan benar.

Masalah speaker komputer tidak bunyi memang membuat tidak nyaman. Terlebih jika kita punya pekerjaan yang berhubungan dengan audio, maka hal ini akan sangat mengganggu. Seperti yang kita ketahui bahwa komputer tidak memiliki speaker bawaan seperti halnya laptop. Jadi ketika speaker eksternal-nya mati, maka tidak ada lagi output suara sehingga apapun file audio yang diputar tidak akan bisa kita dengar.

Cara Mengatasi Speaker Komputer Tidak Bunyi (Serta Penyebab)

Speaker komputer atau speaker aktif atau juga bisa disebut speaker eksternal ini memiliki banyak jenis dan juga teknologi yang beragam. Dipasaran kita dapat memilih speaker komputer yang pakai kabel atau tanpa kabel. Namun kebanyakan pembeli lebih mementingkan kualitas suara daripada fitur lainnya seperti wireless, port USB flashdisk, atau radio. Ini adalah hal yang wajar mengingat fungsi utama dari speaker adalah untuk mendengarkan file audio dari dalam komputer.

Hal-hal Yang Dapat Menyebabkan Speaker Komputer Tidak Berbunyi

Apakah kamu saat ini mengalami masalah speaker komputer tidak bunyi? Jika iya, jangan langsung panik. Karena hal ini tidak kamu alami sendiri. Ada banyak pengguna komputer yang juga mengalami masalah seperti ini. Meskipun speaker yang tidak mengeluarkan suara cukup menyebalkan, namun kamu tidak boleh mengeluh. Agar bisa mengatasi masalah tersebut, sebaiknya kamu cari tahu terlebih dahulu apa masalahnya. Mungkin beberapa beberapa hal dibawah ini adalah penyebabnya.

Speaker Belum Siap

Penyebab speaker komputer tidak bunyi yang pertama adalah kesiapan pada speaker itu sendiri seperti tombol power yang belum di hidupkan, jack audio yang belum terhubung atau volume speaker yang belum di naikkan. Sebelum menggunakan speaker untuk memutar audio pada komputer, sebaiknya cek seluruh kesiapan perangkat terlebih dahulu.

Speaker Sudah Rusak

Ketika speaker komputer tidak bunyi, barangkali masalahnya ada pada speaker itu sendiri yang memang sudah rusak. Lampu indikator yang menyala ketika tombol power dihidupkan tidak dapat digunakan sebagai tolak ukur bahwa speaker aktif kamu baik-baik saja. Karena pada dasarnya, speaker eksternal memiliki banyak komponen dibagian dalamnya yang tidak kamu ketahui. Jika salah satu komponen tersebut rusak, maka speaker tidak bisa mengeluarkan suara meski tombol power menyala.

Jack Audio Yang Rusak

Penyebab lain kenapa speaker komputer tidak bunyi adalah karena lubang jack audio yang sudah rusak. Terkadang lubang jack audio yang rusak memang sulit untuk di deteksi. Nah untuk melakukan test apakah lubang jack audio rusak atau tidak, kamu bisa mencobanya dengan menyolokkan headset atau headphone yang kamu miliki. Agar lebih valid jangan cuma satu ya, minimal dua. Jika semua perangkat tidak fungsi, artinya jack audio sudah rusak.

Driver Sound Bermasalah

Masalah lain yang juga bisa menyebabkan speaker komputer tidak bunyi adalah driver sound pada PC itu sendiri. Bisa saja driver sound yang kamu install pada komputer tidak cocok dengan sound card atau driver yang usang karena belum update. Peran driver sangat penting dalam mengendalikan fungsi hardware, maka dari itu driver harus selalu dalam keadaan kompatibel dengan hardware supaya bisa berfungsi secara normal.

Sound Card Mengalami Kerusakan

Sound card adalah salah satu hardware yang berfungsi mengolah file audio digital dari dalam komputer menjadi output berupa suara yang bisa kita dengar melalui speaker. Jika sound card mengalami kerusakan, maka file audio dari dalam komputer tidak dapat diolah ke output sehingga membuat speaker komputer tidak bunyi meskipun sebenarnya masih normal.

Pengaturan Audio Yang Salah

Terakhir, penyebab speaker komputer tidak bunyi dikarenakan pengaturan pada software. Barangkali ada pengaturan terkait audio pada komputer yang berubah seperti fitur mute yang hidup, volume yang sangat rendah, pengaturan stereo yang tidak pas, atau pengaturan driver audio yang salah. Untuk mengetahuinya, kamu dapat memeriksanya satu per satu.

Cara Untuk Mengatasi Speaker Komputer Tidak Mengeluarkan Suara

Setelah membahas mengenai berbagai macam penyebab kenapa speaker komputer tidak bunyi, kini saatnya kita ganti pembahasan ke cara untuk mengatasinya. Jadi kamu jangan terburu-buru panik ketika mengalami masalah seperti ini. Berikut ini adalah beberapa cara yang penulis rekomendasikan untuk kamu coba menyelesaikan masalah speaker komputer tidak mengeluarkan suara.

Cek Semua Fungsi Speaker

Cara pertama, sebelum kamu memakai speaker untuk memutar file audio pada komputer, sebaiknya kamu pastikan semua fungsinya sudah aktif seperti tombol power harus sudah menyala, kabel jack audio sudah terpasang serta pengaturan volume berada pada nilai tertentu. Terkadang kita lupa belum menghidupkan satu atau sebagian fungsi tersebut sehingga membuat speaker komputer tidak bunyi.

Pastikan Speaker Masih Normal

Kemudian cara kedua dalam mengatasi speaker komputer tidak bunyi adalah memastikan bahwa speaker tersebut masih berfungsi secara normal. Bukan hanya lampu indikator power yang menyala, namun juga secara keseluruhan termasuk loudspeaker, rangkaian elektronik bagian dalam, subwoffer dan juga kabel jack audio-nya. Pastikan semua masih normal dan berfungsi secara normal. Jika perlu silahkan diperiksa satu-persatu.

Beli Jack Audio Eksternal

Cara yang ketiga ini khusus buat kamu yang sudah memastikan penyebab speaker komputer tidak menyala adalah adanya kerusakan pada lubang jack audio. Karena sering di colok dan dilepas, maka wajar jika lubang jack audio beresiko mengalami kerusakan. Namun kamu dapat mengatasinya dengan cara membeli jack audio eksternal. Biasanya model jack audio seperti ini memakai port USB sebagai koneksi. Perangkat ini bisa kamu dapatkan di toko komputer terdekat.

Install atau Update Driver Sound

Jika memang penyebab speaker komputer tidak bunyi ada pada driver sound yang tidak kompatibel, maka sebaiknya kamu lakukan update atau install yang lebih cocok. Jika driver tidak cocok, kamu bisa download driver sound yang kompatibel di internet. Agar pekerjaanmu lebih mudah dilakukan, kamu dapat memakai bantuan software pihak ketiga seperti DriverPack Solution atau Driver Boster yang bisa kamu cari di internet juga ya.

Baca Juga:

Untuk update driver, kamu bisa masuk ke Device Manager┬ádengan cara klik “Start” lalu masukkan kata kunci “device manager” tanpa tanda kutip. Kemudian dobel klik pada menu “Audio inputs and outputs“. Lalu kamu akan melihat bagian “Speaker/Headphone“, silahkan klik kanan lalu pilih menu “Update driver“. Pilih menu “Search automatically for updated driver software“. Tunggu prosesnya hingga selesai.

Gunakan Sound Card USB

Cara selanjutnya ini khusus buat kamu yang sudah memastikan bahwa penyebabnya ada pada Sound Card yang sudah rusak. Karena hardware sangat penting, maka jika rusak dapat membuat speaker komputer tidak bunyi. Satu-satunya cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan membeli sound card baru. Jika membeli sound card internal terlalu mahal, maka kamu dapat membeli sound card USB yang lebih murah. Cara pakainya mudah, tinggal colok ke port USB saja.

Gunakan Pengaturan Audio Default

Langkah yang terakhir untuk mengatasi speaker komputer tidak bunyi jika penyebabnya ada pada pengaturannya adalah dengan mengubahnya ke default. Silahkan klik “Start” lalu ketik kata kunci ” Sound Setting” tanpa tanda kutip. Setelah itu buka “Sound Control Panel” letaknya ada dibagian paling kanan tampilan. Pilih speaker yang terhubung, lalu klik “Properties“. Setelah itu lakukan “Reset to default“. Hal ini akan berfungsi untuk mengembalikan pengaturan driver audio ke posisi bawaan windows.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab dan juga cara mengatasi speaker komputer tidak bunyi. Dengan membaca artikel tersebut, penulis berharap kamu bisa mengatasi masalah pada speaker yang tidak bisa mengeluarkan suara dengan menganalisa penyebabnya terlebih dahulu. Jika pada akhirnya memang tidak bisa diatasi, silahkan bawa speaker atau komputer kamu ke tukang servis terdekat guna menghindari kerusakan yang lebih parah. Jadi jangan memaksakan diri untuk memperbaikinya sendiri jika dirasa sulit.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan