Penyebab dan Cara Mengatasi Speaker HP Xiaomi Tidak Bunyi

Speaker smartphone yang tidak bersuara adalah salah satu masalah klasik yang sangat menyebalkan. Apabila sebuah speaker ponsel tidak ada suara, maka sudah bisa dipastikan ada yang tidak beres. Entah itu karena masalah setelan, bug pada sistem atau kerusakan hardware. Xiaomi menjadi satu dari sekian banyak merk ponsel yang sering mengalaminya. Untuk itu disini kita akan membahas tentang penyebab dan cara mengatasi speaker HP Xiaomi tidak bunyi ini secara padat dan jelas.

Bagaimanapun juga keberadaan speaker pada ponsel sangat penting. Tidak hanya berfungsi sebagai output yang mengeluarkan suara dan hiburan untuk mendengarkan musik serta video, adanya speaker membuat kita jadi tahu apabila ada notifikasi masuk pada ponsel karena dengan mengeluarkan bunyi nada dering. Sebuah smartphone tanpa speaker akan terasa sepi dan sunyi. Maka dari itu, masalah speaker HP Xiaomi tidak bunyi sangat menjengkelkan.

Penyebab dan Cara Mengatasi Speaker HP Xiaomi Tidak Bunyi

Penyebab Kenapa Speaker HP Xiaomi Tidak Ada Suara

Buat kamu pengguna HP Xiaomi yang saat ini mengalami masalah speaker, sebaiknya jangan panik dulu. Kamu bukanlah satu-satunya orang yang mengalami masalah seperti ini. Terlebih masalah ini tidak selalu disebabkan oleh kerusakan hardware. Bisa saja hal tersebut karena salah setelan atau masalah pada sistem. Daripada panik, lebih baik cari tahu apa saja penyebab kenapa speaker HP Xiaomi tidak bunyi seperti berikut ini.

HP Sedang Dalam Mode Senyap

Penyebab speaker HP Xiaomi tidak bunyi yang pertama adalah penggunaan mode senyap. Ponsel apapun ketika berada pada mode senyap atau diam pasti speaker-nya tidak berfungsi alias tidak mengeluarkan suara. Mode senyap pada ponsel memang dirancang untuk mematikan seluruh fungsi output suara agar ponsel tidak berisik. Jadi apabil mode senyap aktif, software akan mencegah output speaker bekerja.

Pengaturan Volume Yang Rendah

Apabila ponsel kamu sedang tidak berada pada mode senyap atau diam namun speaker tidak ada suara, barangkali kamu lupa untuk mengatur volume-nya. Terkadang kita lupa mengatur volume ke posisi rendah agar HP tidak bersuara, namun ketika memakainya lagi untuk memutar musik atau video kita lupa menaikkan volume seperti semula. Akibatnya speaker hanya mengeluarkan suara yang kecil atau tidak ada suara sama sekali.

Adanya Bug Pada Sistem Operasi

Setiap ponsel berpotensi mengalami masalah bug pada sistem. Sekedar info buat kamu, bug adalah cacat atau kerusakan pada suatu software karena kesalahan pembuatan sehingga membuat fungsinya tidak maksimal. Dengan adanya bug pada Android, maka hardware yang berupa speaker tidak akan bekerja dengan normal sehingga tidak ada suara. Kinerja sebuah hardware sangat bergantung pada software yang memiliki fungsi kontrol.

Sistem Ponsel Yang Gagal Update

Selain masalah bug, terkadang speaker HP Xiaomi tidak bunyi disebabkan oleh sistem ponsel yang gagal update. Beberapa jenis ponsel Xiaomi memang secara rutin menyediakan update untuk para penggunanya. Namun kadang kegagalan saat update justru membuat beberapa hardware jadi tidak normal. Kegagalan update umumnya disebabkan oleh jaringan internet yang lambat atau pengguna yang tidak mengikuti proses dengan benar.

Terhubung ke Headset atau Speaker Lain

Apakah saat ini ponsel kamu masih terhubung pada headset atau speaker lain? Cobalah untuk memeriksanya terlebih dahulu. Bisa saja jack audio masih tertancap pada ponsel atau penggunaan koneksi bluetooth yang masih terhubung. Sistem pada ponsel memang dirancang untuk mematikan speaker internal ketika terhubung ke perangkat lain seperti headset, airpods, headphone, speaker aktif, bluetooth speaker dan lain sebagainya.

Hardware Yang Mengalami Kerusakan

Penyebab speaker HP Xiaomi tidak bunyi yang terakhir adalah adanya kerusakan pada hardware itu sendiri. Terkadang speaker ponsel memang bisa rusak akibat seiring dengan berjalannya waktu. Bisa juga kerusakan tersebut berasal dari faktor eksternal seperti terkena air, kemasukan pasir, tersumbat debu dan lain sebagainya. Untuk memastikan adanya kerusakan hardware, maka ponsel harus dibongkar untuk dicek speaker-nya.

Cara Mengatasi Speaker HP Xiaomi Tidak Bunyi Sama Sekali

Berdasarkan penjelasan diatas sudah kita ketahui berbagai macam penyebab kenapa speaker HP Xiaomi tidak ada suara sama sekali. Ada banyak faktor yang menimbulkan masalah seperti ini. Agar bisa mendapatkan solusi, maka kamu harus melakukan cek akar permasalahannya terlebih dahulu. Apabila sudah tahu penyebabnya, kamu bisa mengatasi speaker HP Xiaomi tidak bunyi dengan langkah-langkah berikut ini.

Matikan Mode Senyap atau Mode Diam

Langkah pertama apabila kamu lupa masih menggunakan mode senyap atau mode diam, maka segera nonaktifkan. Dengan begini speaker pada HP kamu akan bisa bekerja normal dalam mengeluarkan suara. Baik itu untuk mendengarkan musik, memutar video atau membunyikan nada dering.

Atur Volume Menjadi Lebih Besar

Selain mematikan mode senyap atau mode diam, cobalah untuk menaikkan volume menjadi lebih besar. Semakin kecil pengaturan volume maka speaker akan semakin tidak ada suara. Terkadang kita lupa mengecilkan volume hingga speaker tidak mengeluarkan suara sama sekali. Tekan tombol speaker keatas hingga penuh jika perlu agar suara yang dihasilkan lebih besar.

Cobalah Untuk Restart HP Xiaomi Kamu

Apabila kedua cara diatas tidak membuahkan hasil, maka cobalah untuk melakukan Restart. Masalah speaker HP Xiaomi tidak bunyi mungkin disebabkan oleh bug atau setelan yang berubah sementara. Untuk mengembalikannya kamu bisa mencoba dengan melakukan Restart. Dengan di Restart, sistem pada ponsel akan memulai ulang sehingga semua setelan dan perubahan akan kembali seperti semula. Bisa dikatakan bahwa Restart akan membuat ponsel menjadi lebih fresh.

Lakukan Wipe Chache Partition

Jika dengan melakukan Restart speaker ponsel masih tidak ada suara, maka cobalah untuk melakukan wipe cache partition. Terkadang banyaknya file sistem sementara yang tersimpan pada ponsel membuat fungsi hardware bermasalah seperti halnya masalah speaker HP Xiaomi tidak bunyi. Hal ini disebabkan oleh penumpukan file yang kadaluarsa. File ini tidak bisa kita akses melalui file manager biasa. Cara untuk melakukan wipe cache partition adalah seperti berikut ini:

  1. Silahkan awali dengan mematikan ponsel terlebih dahulu. Pastikan baterai ponsel minimal 70%.
  2. Jika sudah mati, silahkan tekan tombol Volume Up + Volume Down + Power secara bersamaan untuk masuk ke Recovery Mode.
  3. Jika sudah masuk ke Recovery Mode, gunakan tombol Volume untuk naik dan turun. Sedangkan tombol power untuk pilih. Silahkan kamu pilih Wipe Cache Partition.
  4. Konfirmasi, lalu tunggu proses loadingnya hingga selesai. Maka semua file cache pastisi yang ada pada ponsel akan terhapus semuanya.
  5. Jika sudah selesai, kembalikan ponsel ke posisi normal dengan memilih menu Reboot. Tunggu ponsel hingga hidup kembali.

Baca Juga:

Reset Ponsel ke Setelan Pabrik

Selain melakukan wipe cache partition seperti yang sudah dijelaskan diatas, kamu juga bisa mengatasi speaker HP Xiaomi tidak bunyi dengan reset setelan pabrik. Reset pabrik sela ini dikenal efektif dalam memperbaiki segala masalah baik itu hardware atau software pada ponsel. Reset ke setelan pabrik akan membuat semua file, software, sistem dan setelan kembali seperti pada saat HP baru dibeli. Untuk melakukan reset setelan pabrik, caranya seperti berikut:

  1. Silahkan buka menu Setelan pada ponsel dengan ikon roda gerigi.
  2. Setelah itu buka menu Sistem yang terletak diposisi paling bawah. Lalu klik Lanjutan.
  3. Cari menu Opsi setel ulang, jika sudah ketemu silahkan di klik.
  4. Pilih menu Reset ke setelan pabrik, kemudian klik Reset ponsel. Tunggu prosesnya hingga selesai.

Catatan: Reset ke setelan pabrik akan membuat semua data yang ada di memori internal dihapus termasuk akun Google, data sistem dan aplikasi, aplikasi terpasang, musik, foto, video dan lain-lain.

Lakukan Update Sistem Dengan Benar

Langkah selanjutnya, kamu bisa melakukan update sistem Android yang sudah disediakan oleh ponsel iti sendiri. Usahakan untuk melakukan update secara tepat dan benar. Ikuti langkah-langkahnya secara urut dan tunggu prosesnya dengan sabar. Kegagalan update bisa berakibat fatal pada ponsel sehingga banyak hardware jadi tidak berfungsi. Untuk melakukan Update Sistem, silahkan masuk ke Setelan, lalu pilih menu Sistem. Klik update sistem dibagian paling bawah.

Ganti Speaker Dengan Yang Baru

Langkah terakhir apabila semua cara diatas tidak bisa mengatasi speaker HP Xiaomi tidak bunyi adalah dengan mengganti hardware. Namun kamu disarankan untuk tidak melakukan cara ini sendiri karena harus membongkar ponsel sehingga sangat beresiko. Sebaiknya bawa ke tukang service terdekat agar dicek dahulu apakah benar hardware-nya rusak. Tukang service akan lebih paham dalam mencari solusinya.

Penutup

Itulah penjelasan mengenai beberapa penyebab dan cara mengatasi speaker HP Xiaomi tidak bunyi. Ketika ponsel mengalami sebuah masalah, kamu jangan pernah bertindak gegabah. Apalagi terkait masalah speaker ponsel yang tidak ada suara sama sekali. Lebih baik cari tahu dulu dimana akar permasalahannya sehingga kamu bisa menentukan langkah antisipasinya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan