Perbedaan Printer Thermal dan Dot Matrix. Mana Lebih Baik?

Pada artikel yang ditulis sebelumnya, Edutizen telah membahas perbedaan printer inkjet dan laserjet dari berbagai sisi. Nah sekarang kita akan membandingkan dua jenis printer yang lain lagi yaitu perbedaan printer thermal dan dot matrix yang saat ini banyak digunakan untuk mencetak struk pembayaran. Buat kamu yang punya usaha entah itu toko, online shop, jasa PPOB dan sebagainya, pasti tidak asing mendengar kedua jenis printer ini. Lalu apa saja perbedaannya? Lebih baik yang mana? Baca artikel ini hingga habis ya.

Membahas mengenai perbedaan printer thermal dan dot matrix, tidak elok rasanya jika kita tidak mengenalinya secara mendasar terlebih dahulu. Kedua printer ini sebenarnya memiliki fungsi yang sama, yaitu banyak digunakan sebagai alat cetak yang berhubungan dengan struk pembayaran entah itu nota, invoice dan juga bill. Namun dalam beberapa jenis tertentu, printer thermal difungsikan untuk mencetak barcode dan juga tag produk untuk keperluan retail.

Perbedaan Printer Thermal dan Dot Matrix

Printer thermal dan dot matrix untuk kasir ini bisa juga disebut sebagai printer POS (Point Of Sales) yang banyak di gunakan untuk aktivitas perdagangan produk atau jasa yang bisa terintegrasi dengan aplikasi penjualan pada laptop, komputer, tablet atau smartphone Android. Tanpa adanya kedua printer ini, maka para pengusaha akan kesulitan mencetak struk pembayaran untuk setiap pengguna jasa atau pembeli yang berkunjung.

Perbedaan Printer Thermal dan Dot Matrix. Mana Yang Lebih Baik?

Bagi kamu yang saat ini sedang mencari printer kasir, pasti dibuat bingung dengan berbagai jenis yang ada di pasaran. Dari segi teknologinya, printer kasir ini dibedakan menjadi dua jenis yaitu thermal dan juga dot matrix. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Nah daripada bingung, lebih baik kamu cari tahu apa saja hal-hal yang membedakan printer thermal dan dot matrix. Lalu yang manakah yang lebih baik?

Perbedaan Dari Segi Teknologi

Dari segi teknologi, perbedaan printer thermal dan dot matrix memiliki perbedaan yang amat sangat mencolok. Printer thermal tidak menggunakan tinta, namun memakai elemen thermal untuk menghasilkan panas yang diaplikasikan ke kertas khusus. Sedangkan printer dot matrix masih memakai teknologi tua yang mirip dengan mesin ketik. Tulisan bisa tercetak pada kertas melalui kain pita tipis yang berisi tinta kemudian ditekan oleh pin logam kecil yang bergerak naik turun atau maju mundur.

Perbedaan Dari Segi Kecepatan Cetak

Perbedaan printer thermal dan dot matrix dari segi kecepatan cetak jauh berbeda. Printer thermal memiliki kecepatan cetak jauh lebih cepat daripada printer dot matrix. Printer dot matrix dapat mencetak dalam skala kecepatan 50 milimeter per detik. Namun printer thermal memiliki kecepatan cetak 5 kali lipat lebih cepat yaitu 250 milimeter per detik. Hal ini memang memungkinkan karena teknologi thermal yang dipakai jauh lebih efektif dalam mencetak tulisan daripada dot matrix.

Perbedaan Dari Kualitas Hasil Cetak

Dari kualitas hasil cetak, perbedaan printer thermal dan dot matrix dapat kita lihat secara kasat mata. Hasil cetak printer thermal jauh lebih baik dan lebih solid karena elemen dapat memanaskan kertas secara merata. Sedangkan hasil cetak printer dot matrix sedikit lebih buram apalagi ketika pita mulai mengering. Terlebih hasil cetak printer dot matrix berupa titik-titik kecil yang membentuk suatu pola sesuai dengan perintah. Seperti nama “dot” yang merupakan titik.

Baca Juga:

Perbedaan Dari Jenis Kertas Yang Digunakan

Kertas yang digunakan untuk kedua jenis printer ini sangat jauh berbeda. Perbedaan printer thermal dan dot matrix dari segi kertas ada pada jenisnya. Printer thermal hanya bisa digunakan dengan kertas khusus yang sudah dilapisi suatu bahan kimia, kertas ini dapat membentuk sebuah tulisan ketika terkena elemen thermal. Sedangkan printer dot matrix dapat dipakai dengan kertas biasa namun dengan ukuran tertentu. Karena prinsip dasar printer ini masih berbasis tinta yang bisa diaplikasikan ke kertas biasa.

Perbedaan Segi Perawatan

Perbedaan printer thermal dan dot matrix dari segi perawatan hampir mirip. Hanya saja, printer thermal memiliki perawatan yang jauh lebih mudah. Kamu hanya perlu rajin membersihkan body printer serta elemen thermal dari debu dan kotoran memakai alkohol. Sedangkan ketika memakai printer dot matrix, kamu harus mengganti pita tinta ketika sudah mulai kering. Namun kamu juga harus rajin membersihkan body printer agar debu dan kotoran tidak menempel.

Lebih Baik Mana Printer Thermal atau Dot Matrix?

Melihat dari berbagai segi yang sudah dibahas diatas, penulis bisa mengambil kesimpulan bahwa printer thermal jauh lebih baik daripada printer dot matrix. Namun ini adalah hal wajar mengingat teknologi thermal yang digunakan juga lebih baik daripada dot matrik yang merupakan teknologi tua. Selain itu, pertimbangan dari segi hasil cetak dan juga kecepatan mencetak membuat printer thermal bisa jadi pilihan utama. Hanya saja ukuran kertas printer thermal hanya dua jenis yaitu 58mm dan 80mm.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai perbedaan printer thermal dan dot matrix yang perlu kamu ketahui. Jika saat ini kamu ingin membeli printer kasir untuk kebutuhan aplikasi POS (Point Of Sale), sebaiknya pilihlah yang thermal saja. Alasannya sudah kita bahas pada paragraf diatas. Selain itu, jangan lupa persiapkan aplikasi penjualan yang baik supaya printer bisa bekerja dengan baik. Printer thermal bisa dipakai di beberapa perangkat seperti laptop, komputer, tablet atau smartphone Android.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan