Perbedaan Printer Inkjet dan Laserjet. Mana Yang Lebih Baik?

Jika kamu ingin membeli printer, maka kamu akan menemukan banyak sekali jenis printer berdasarkan fungsi atau teknologinya. Dari segi teknologi pengaplikasian tinta pada media, jenis printer dapat kita bagi menjadi dua bagian yaitu laserjet dan inkjet (bisa juga disebut sebagai deskjet). Dari segi fungsi dan cara penggunaan, keduanya memiliki kesamaan. Lalu apa saja perbedaan printer inkjet dan laserjet? Untuk itu, kita akan membahasnya secara lengkap pada artikel ini.

Berbicara mengenai perbedaan printer inkjet dan laserjet, berarti kita mau tidak mau akan membandingkan dua jenis alat cetak digital dari semua aspek. Namun ini bukanlah sebuah masalah karena pada dasarnya tujuan utamanya adalah untuk mengedukasi kamu yang belum paham terhadap kedua jenis printer tersebut. Karena pada dasarnya memilah dan memilih printer sebelum membeli akan membuat kamu mendapat banyak keuntungan dan tidak mengalami penyesalan dibelakang.

Perbedaan Printer Inkjet dan Laserjet. Lebih Baik Mana?

Perbedaan Printer Inkjet dan Laserjet Yang Harus Kamu Ketahui

Saat ini printer menjadi salah satu alat modern yang dibutuhkan oleh banyak orang mulai dari pelajar, mahasiswa, PNS, karyawan swasta, bahkan hingga pedagang online dengan berbagai kebutuhan mereka masing-masing. Namun ketika mau membeli printer, kamu akan dibuat bingung karena ada dua teknologi yang membedakannya meskipun secara fungsi pada dasarnya sama. Lalu apa saja perbedaan antara printer inkjet dan laserjet? Simak penjelasannya berikut ini.

Perbedaan Dari Segi Teknologi

Dari segi teknologi, perbedaan antara printer inkjet dan laserjet terdapat pada cara keduanya dalam mengaplikasikan tinta pada medianya. Printer inkjet memakai teknologi mulut semprot yang ada pada kepala cartridge. Jadi printer inkjet mengaplikasikan tinta dengan cara menyemprotkan tinta. Sedangkan printer laserjet memakai teknologi dari prinsip elektrik statis. Yang artinya, proses pencetaknya menggunakan sinar laser kecil yang menembus photoreceptor secara horizontal sehingga membentuk tulisan atau gambar.

Perbedaan Dari Jenis Tinta

Perbedaan printer inkjet dan laserjet dari segi tinta sangat jelas berbeda. Printer inkjet secara keseluruhan menggunakan tinta cari dengan empat macam warna yaitu hitam, cyan, blue, dan magenta. Jadi warna-warni yang dihasilkan dari printer inkjet berasal dari pencampuran tinta cair tersebut ketika disemprotkan ke media. Sedangkan printer laserjet menggunakan tinta bubuk yang biasa disebut sebagai toner. Oleh karena itulah hasil cetaknya jadi lebih kering dan tidak mudah luntur.

Perbedaan Dari Segi Kecepatan

Dari segi kecepatan, kedua printer ini memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Printer inkjet hanya mampu mencetak paling banyak 6 halaman dalam waktu 1 menit. Sedangkan printer laserjet yang model standar saja mampu mencetak hingga 20 halaman dalam waktu 1 menit. Sebuah perbedaan kecepatan yang cukup signifikan mengingat ukuran kertas dan juga dokumen yang dicetak sama persis.

Perbedaan Dari Segi Kualitas Hasil Cetak

Dari segi kualitas hasil cetak, perbedaan printer inkjet dan laserjet akan sangat kelihatan jauh berbeda. Hal ini disebabkan oleh teknologi pencetakan yang digunakan juga jauh berbeda. Tak heran jika hasil cetak diantara keduanya memiliki kesenjangan. Sekilas, hasil cetak dokumen hitam putih dari printer inkjet dan laserjet akan nampak sama, namun ketahanannya terhadap kelembaban berbeda. Printer laserjet jauh lebih tahan pada kelembaban bahkan air sekalipun.

Jika kamu akan mencetak dokumen dengan ukuran kecil entah itu teks ataupun gambar, printer laserjet dapat mencetaknya dengan lebih detail. Pada printer inkjet, hasil cetak dokumen kecil akan menjadi agak kabur sehingga susah untuk dilihat. Begitu juga ketika kamu mencetak file gambar. Printer laserjet akan memberikan kualitas yang jauh lebih bagus apalagi dengan gradasi warna yang dihasilkan sangat menyatu. Sedangkan pada printer inkjet, hasil cetak gambar agak kabur.

Perbedaan Dari Segi Harga

Perbedaan printer inkjet dan laserjet dari segi harga sudah pasti sangat berbeda. Dengan teknologi dan juga hasil cetak yang sangat baik, tentu printer laserjet memiliki harga yang lebih mahal. Pada umumnya, printer laserjet hanya bisa mencetak hitam putih saja, tetapi juga dapat mencetak berwarna namun jenis printernya berukuran sangat besar dan harganya sangat mahal.

Sedangkan printer inkjet jauh lebih terjangkau. Yang paling murah, printer ini bisa kamu dapatkan dengan harga dibawah satu jutaan. Meski murah, namun kamu sudah bisa mencetak dokumen yang berisi tulisan dan juga gambar berwarna meski kualitasnya biasa saja. Sangat berbanding lurus dengan harganya yang murah. Sudah cukup layak untuk mencetak berbagai kebutuhan dokumen seperti surat-menyurat dan pembukuan sederhana.

Perbedaan Dari Segi Perawatan

Perbedaan printer inkjet dan laserjet selanjutnya adalah dari segi perawatan. Printer inkjet lebih mudah dirawat karena hanya perlu dibersihkan fisiknya dari debu dan kotoran. Sedangkan pembersihan cartridge, sudah bisa dilakukan otomatis oleh printernya itu sendiri. Namun kamu juga bisa memberikan perintah pembersihan cartridge dari menu perawatan printer. Harga spare part dari printer inkjet sendiri relatif lebih murah.

Baca Juga:

Sedangkan pada printer laserjet lebih membutuhkan beberapa perawatan lebih rumit. Selain itu, printer ini juga rawan mengalami kertas yang menyangkut pada saat mencetak. Ketika hasil cetak tidak maksimal, akan lebih sulit untuk memperbaikinya secara mandiri. Kamu perlu mengundang tukang servis yang lebih paham masalahnya. Dari segi harga spare part, harganya lebih mahal dari printer inkjet meski ketahanannya jauh lebih baik.

Perbedaan Dari Segi Popularitas

Dari segi popularitas, perbedaan printer inkjet dan laserjet juga cukup mencolok. Rata-rata penggunaan printer laserjet adalah untuk kebutuhan komersil seperti percetakan untuk foto, poster, lebel kemasan, stiker, undangan dan sebagainya. Sedangkan printer inkjet lebih banyak digunakan untuk kebutuhan rumahan, sekolahan atau perkantoran untuk mencetak berbagai keperluan dokumen seperti surat menyurat, skripsi, soal-soal, dan lain sebagainya.

Lalu, Lebih Baik Mana Antara Printer Inkjet dan Laserjet?

Jika membahas mana yang lebih baik, nampaknya perbedaan printer inkjet dan laserjet tidak bisa dibuat untuk acuan secara pasti. Pada dasarnya keduanya sama-sama baik. Namun jika ingin membeli, sebaiknya pilih berdasarkan kebutuhanmu. Tujuan kamu mau membeli printer itu untuk apa? Apakah akan digunakan untuk kebutuhan usaha seperti percetakan ataukah hanya digunakan untuk kebutuhan pribadi ataupun kantor?

Jika untuk kebutuhan usaha, sebaiknya beli printer dengan jenis laserjet karena dari segi kualitas hasil cetak jauh lebih baik dan tahan lama. Terlebih dari segi ketahanan juga jauh lebih baik. Printer laserjet juga dapat mencetak kertas hingga ukuran A3+. Namun jika kamu membeli printer hanya untuk kebutuhan pribadi atau kantor seperti pencetakan dokumen-dokumen, nampaknya printer inkjet sudah sangat cukup. Selain harga dan perawatannya yang murah, hasil cetak dokumennya juga mirip dengan laserjet.

Penutup

Itulah beberapa pembahasan mengenai perbedaan printer inkjet dan laserjet yang dapat kamu gunakan sebagai pertimbangan sebelum memutuskan untuk membelinya. Jadi pada dasarnya yang harus jadi pertimbangan utama adalah kebutuhanmu itu sendiri. Jangan membeli printer hanya karena teknologinya saja, namun pastikan untuk kedepannya memiliki fungsi seperti yang kamu butuhkan. Hal ini akan lebih menguntungkan dan membuatmu jadi lebih hemat.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan