Awas! Inilah 8 Penyebab Layar Laptop Bergaris Warna Warni

Layar menjadi bagian penting dari sebuah laptop sebagai output yang menampilkan berbagai proses yang sedang pelangsung. Bisa dibilang bahwa layar laptop memiliki peran yang vital bagi pengguna dalam menjalankan software. Setiap komponen laptop bisa saja mengalami masalah, begitu juga layar atau monitor. Salah satunya adalah layar laptop yang terlihat seperti bergaris warna warni. Ada banyak faktor yang menjadi penyebab layar laptop bergaris. Kondisi ini membuat tidak nyaman karena sebagian proses yang berjalan di komputer tidak dapat terlihat secara keseluruhan.

Jika kamu saat ini menjadi salah satu pengguna yang mengalami masalah ini, dengan mencari tahu penyebab layar laptop bergaris warna warni kamu dapat menjadikannya sebagai pengalaman supaya terhindar di lain waktu. Layar laptop yang bermasalah memang sangat mengganggu karena pekerjaan yang akan dikerjakan menjadi terhambat. Terlebih untuk melakukan perbaikan monitor yang rusak tidak gampang karena menyangkut banyak komponen yang perlu diperbaiki.

8 Penyebab Layar Laptop Bergaris Warna Warni

Beberapa Hal Yang Dapat Menyebabkan Layar Laptop Bergaris Warna Warni

Buat kamu yang mengalami masalah pada layar laptop, sebaiknya jangan panik terlebih dahulu, karena diluar sana juga ada banyak pengguna yang juga mengalami hal yang sama. Ada banyak hal yang menjadi faktor kenapa layar laptop bisa mengalami masalah seperti ini. Berikut ini sudah rangkum beberapa hal yang jadi penyebab layar laptop bergaris warna warni. Apa saja?

Kabel Fleksibel Bermasalah

Penyebab layar laptop bergaris warna warni yang pertama adalah adanya masalah pada kabel fleksibel. Apa itu kabel fleksibel? Adalah sebuah kabel yang bersifat elastis (bisa memanjang dan memendek) yang menghubungkan LCD monitor ke komponen laptop lain yang ada di main board. Kabel ini biasanya terletak di bagian engsel layar laptop. Ini adalah salah satu bagian yang rawan terhadap kerusakan akibat laptop yang di buka dan di tutup.

Pemasangan LCD Tidak Rapat

Terkadang, pemasangan LCD yang tidak rapat juga dapat menjadi penyebab layar laptop bergaris warna warni. Pemasangan yang tidak presisi seperti ini membuat neon pada LCD menjadi tidak rata sehingga beberapa bagian tidak bisa tampil secara maksimal. Bisanya, monitor dipasang pada casing laptop secara rapat agar tidak goyah ketika laptop dibawa atau di pindah ke tempat lain. Namun, layar laptop yang tidak rapat rata-rata disebabkan oleh faktor eksternal dari pengguna.

Ada Masalah Pada Module Inverter

Mendengar kata module inverter pasti membuat sebagian dari kamu menjadi bingung karena masih asing. Lalu apa itu module inverter? Merupakan sebuah komponen pada LCD laptop yang berfungsi untuk mengatur dan mengendalikan tegangan listrik yang mengalir menuju LCD. Satu dari sekian banyak penyebab layar laptop bergaris adalah masalah pada module inverter itu sendiri. Ketika komponen ini rusak, maka aliran listrik yang menuju ke LCD menjadi tidak rata dan tidak stabil.

Terjadi Kerusakan Pada Komponen LCD

Umumnya, layar laptop memakai layar jenis LCD atau Liquid Cristal Display. Secara awam, teknologi monitor LCD bisa dianalogikan sebagai sebuah layar terdiri dari kristal cair yang diapit oleh dua filter polarisasai dan dua buah elektroda bening. Nah ketika salah satu dari ketiga komponen tersebut bermasalah maka bisa menjadi penyebab layar laptop bergaris warna-warni yang membujur secara vertikal atau horizontal. Biasanya, kerusakan seperti sudah tidak bisa diperbaiki dan hanya bisa diganti dengan yang baru.

Layar Laptop Tertekan Dengan Keras

Salah satu kebiasaan buruk pengguna ketika laptop sedang tidak digunakan adalah menaruh sesuatu atau barang diatas laptop itu sendiri. Terkadang hal seperti ini dianggap tidak apa-apa dan tidak membahayakan laptop. Namun, justru hal yang seperti ini terkadang dapat menjadi penyebab layar laptop bergaris tanpa disadari. Menaruh barang diatas laptop yang sedang tertutup kadang dapat menimbulkan tekanan yang berpengaruh pada LCD.

Laptop Mengalami Benturan

Terkadang, hal-hal yang terjadi secara tidak sengaja bisa dialami oleh laptop seperti mengalami benturan. Kondisi ini bisa dialami oleh siapa saja dan kapan saja ketika beraktivitas membawa laptop. Entah itu saat menaruh laptop, membawa laptop dalam tas, atau secara tidak sengaja terjatuh. Benturan yang terjadi pada laptop dapat menjadi penyebab layar laptop bergaris. Semakin keras benturan yang terjadi, maka resiko kerusakan juga semakin besar.

Baca Juga:

Membuka/Menutup Layar Terlalu Kasar

Kebiasaan lain yang juga sering dilakukan oleh pengguna laptop adalah membuka dan menutup layar dengan sangat kasar. Asal kamu tahu, bahwa layar laptop itu hanya dihubungkan dengan dua buang engsel yang sangat rentan. Jika kamu memperlakukannya dengan kasar, maka hal ini bisa membuat engsel yang berisi kabel fleksibel tersebut patah. Hal ini dapat menjadi penyebab layar laptop bergaris yang akan sulit untuk diperbaiki karena mencari engsel yang cocok untuk laptop tipe tertentu sangat susah.

VGA Card Mengalami Masalah

Penyebab layar laptop bergaris warna warni yang terakhir adalah VGA card yang mengalami masalah. VGA adalah salah satu hardware pengolah grafis sehingga bertanggungjawab atas semua yang muncul di layar komputer. Seperti hardware lainnya, VGA card juga bisa mengalami masalah akibat usia atau penggunaan yang berlebihan. Kebanyakan laptop memakai VGA card on board sehingga jika rusak akan sulit untuk diperbaiki.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab layar laptop bergaris yang perlu kamu ketahui. Masalah kerusakan pada layar laptop memang kebanyakan disebabkan oleh faktor ketidak sengajaan. Selain itu juga diperkuat oleh komponen yang berhubungan dengan LCD monitor yang mengalami kerusakan. Umumnya, masalah ini dapat diatasi dengan mengganti komponen tertentu sesuai dengan kerusakannya. Namun, sebaiknya kamu konsultasi kepada teknisi yang sudah ahli jika akan memperbaikinya.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan