Inilah 5 Penyebab Kenapa Cartridge Printer Cepat Rusak

Printer merupakan salah satu hardware yang banyak digunakan oleh berbagai macam kalangan masyarakat mulai dari pelajar, pegawai kantor, karyawan, kasir toko bahkan hingga pedagang online. Saat ini harga printer sudah tidak lagi mahal seperti dulu sehingga terjangkau oleh siapa saja untuk membelinya. Namun setiap printer entah itu yang murah atau yang mahal pasti memiliki masalah yang sama, yaitu cartridge printer cepat rusak. Ini adalah masalah klasik yang sudah tidak asing bagi mereka pengguna lama.

Dalam dunia teknologi printer sendiri, jenis cartridge dibedakan menjadi dua berdasarkan cara kerja printernya. Yaitu laserjet dan inkjet. Secara fungsi, keduanya memiliki kesamaan yaitu sebagai alat cetak. Namun dari segi teknologi dan hasil cetak, keduanya memiliki perbedaan yang sangat jauh berbeda. Seperti namanya printer laserjet menggunakan teknologi laser untuk menempelkan tinta ke kertas. Sedangkan inkjet lebih sederhana, printer ini hanya menyemprotkan tinta cair dari kepala cartridge ke kertas dengan teknologi roller.

5 Penyebab Kenapa Cartridge Printer Cepat Rusak

Meski dengan teknologi yang berbeda, namun keduanya tetap memiliki masalah yang sama yaitu cartridge printer cepat rusak jika penggunaannya tidak tepat. Bagaimanapun juga awet atau tidaknya sebuah perangkat elektronik tergantung pada cara pengguna merawat dan juga menjaga perangkat tersebut. Begitu juga dengan cartridge printer yang memiliki batas ketahanan. Jika digunakan dengan tidak wajar, maka alan cepat rusak.

Ciri-ciri Cartridge Printer Yang Sudah Rusak

Semua cartridge printer yang sudah rusak, pasti menunjukkan gejala dan tanda-tanda tertentu. Ciri-ciri yang muncul saat cartridge printer sudah rusak biasanya akan sangat mempengaruhi hasil cetak. Karena cartridge yang sudah tidak bisa bekerja secara normal, maka kualitas hasil cetaknya akan sangat menurun. Berikut ini adalah penjelasan mengenai beberapa ciri cartridge printer yang sudah rusak.

Hasil Cetak Buram

Ciri pertama yang bisa jadi pertanda bahwa cartridge printer rusak adalah hasil cetak yang terlihat lebih buram. Biasanya hasil cetak yang buram ini disebabkan oleh penyemprot tinta yang sudah tidak berfungsi dengan baik. Tinta yang menyembur ke media cetak tidak bisa fokus ke satu titik namun menyebar ke arah lain. Alhasil gambar atau tulisan yang dicetak warnanya tidak cerah dan tidak solid.

Hasil Cetak Selalu Bergaris

Selain hasil cetak yang buram, ciri lain cartridge printer yang rusak adalah hasil cetak selalu bergaris. Meski sudah di perbaiki seperti apapun, kepala cartridge tidak akan bisa kembali prima karena mulut semprot sudah terhambat. Oleh karena itu, apapun dokumen yang dicetak entah itu teks ataupun gambar akan cenderung bergaris dan tidak bisa sempurna.

Ada Warna Yang Tidak Muncul

Ketiga, adanya warna yang tidak muncul pada hasil cetak juga merupakan ciri cartridge printer sudah rusak. Ciri ini ditandai dengan pencampuran warna yang sudah tidak sesuai dengan dokumen pada laptop atau komputer. Cartridge warna pada printer terdiri dari tiga jenis warna yaitu cyan, blue dan maroon. Biasanya pada cartridge yang rusak, salah satu diantaranya sudah tidak bisa menyemprotkan warna lagi.

Cartridge Tidak Terdeteksi Printer

Ciri terakhir dari cartridge printer yang sudah rusak adalah tidak terbaca oleh printer itu sendiri. Kerusakan ini biasanya ada pada elemen socket yang ada dibelakang cartridge. Jika sudah tidak terbaca oleh printer, biasanya cartridge tidak dapat diperbaiki lagi. Hanya ada solusi untuk mengatasi masalah ini, yaitu harus diganti dengan yang baru.

5 Hal Yang Bisa Jadi Penyebab Cartridge Printer Cepat Rusak

Membahas mengenai penyebab cartridge printer cepat rusak, kita tidak bisa mengambil kesimpulan tanpa mengenali ciri serta melakukan pemeriksaan secara menyeluruh terlebih dahulu. Ada banyak hal yang diduga bisa menjadi penyebab kenapa cartridge tidak awet seperti kualitas printer, cacat produksi, atau penggunaan yang tidak wajar. Namun pada dasarnya, cara penggunaan serta cara perawatan yang dilakukan oleh penggunalah yang sebab utamanya, seperti berikut ini.

Tidak Pernah Dipakai

Penyebab pertama yang membuat cartridge printer cepat rusak adalah jarang dipakai. Printer yang jarang dipakai akan membuat tinta didalamnya kering. Termasuk juga tinta yang berada diujung mulut semprot. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk menggunakan printer minimal 3 hari sekali untuk menjaga tinta didalam cartridge tetap mengalir. Aliran tinta yang selalu berganti seperti ini akan membuat bagian dalam cartridge selalu basah sehingga mulut semprot selalu lancar.

Mencetak Dalam Jumlah Banyak

Kebiasaan kedua yang bisa jadi penyebab cartridge printer cepat rusak adalah mencetak dalam jumlah banyak dalam satu waktu. Cara mencetak seperti ini akan membuat cartridge bekerja lebih keras sehingga bisa membuat mulut semprot cepat aus. Jika ingin mencetak dalam jumlah banyak, sebaiknya beri jeda beberapa menit setelah printer menyelesaikan setiap 30-50 lembar. Mengistirahatkan cartridge beberapa menit sekali itu sangat penting untuk menjaga kinerjanya.

Baca Juga:

Telat Mengisi Tinta

Penyebab ketiga yang juga bisa membuat cartridge printer cepat rusak adalah telat mengisi tinta. Hal ini berlaku bagi kamu yang memakai printer non-infus dimana kamu harus melakukan pengisian tinta secara manual. Terlebih kamu tidak bisa mengetahui serta mengecek seberapa banyak tinta yang masih ada didalam cartridge. Kamu hanya bisa memperkirakan jumlah pengisian dengan seberapa banyak kertas yang sudah dicetak. Sebaiknya isi tinta cartridge setiap selesai cetak sebanyak 50 lembar.

Memodifikasi Cartridge

Kesalahan lain yang bisa jadi penyebab cartridge printer cepat rusak adalah memodifikasinya. Maksudnya adalah mengubah fungsi asli cartridge yang non-infus kemudian diberi infus tambahan. Padahal dari bawaan pabrik memang bukan tipe yang memakai infus. Terkadang penggunaan infus custom dapat membuat cartridge jadi banjir tinta yang dapat merusak komponen elektroniknya. Sebaiknya gunakan mode standar pabrik tanpa mengubah apapaun.

Tidak Pernah Dirawat

Penyebab terakhir kenapa cartridge printer cepat rusak adalah tidak pernah dirawat. Perawatan cartridge bisa dibagi kedalam dua jenis yaitu perawatan fisik dan non-fisik. Perawatan fisik berupa pembersihan elemen socket belakang atau pembersihan printer itu sendiri. Sedangkan untuk perawatan non-fisik kamu bisa melakukan pembersihan mulut semprot dari menu driver bawaan printer itu sendiri. Lakukan perawatan ini secara berkala. Bisa seminggu sekali atau beberapa hari sekali.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai 5 penyebab kenapa cartridge printer cepat rusak. Dengan menghindari kebiasaan buruk yang bisa menimbulkan kerusakan pada cartridge, performa printer kamu akan jauh lebih stabil untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama. Terlebih jika suatu saat kamu menemukan gejala yang merujuk pada ciri cartridge printer yang rusak seperti sudah dijelaskan diatas, sebaiknya segera diatasi supaya tidak jadi makin parah.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan