7 Kebiasaan Ini Jadi Penyebab Baterai Laptop Rusak + Boros

Baterai laptop menjadi satu-satunya sumber energi ketika digunakan untuk bekerja atau beraktivitas. Oleh karena itu, kemampuan baterai juga menjadi salah satu pertimbangan seseorang ketika membeli laptop. Terlebih mereka yang memakai laptop sebagai alat kerja namun sering bepergian. Tentu kemampuan baterai yang baik sangat diperlukan. Namun secara tidak sadar, selama ini banyak orang yang melakukan kebiasaan buruk yang bisa jadi penyebab baterai laptop rusak sekaligus boros.

Berbicara mengenai penyebab baterai laptop rusak tentu akan menimbulkan banyak sekali kerugian bagi pengguna. Selain baterai yang jadi cepat boros, hal ini juga mengakibatkan mobilitas laptop sebagai salah satu gadget menurun. Bagaimana tidak, kinerja baterai yang sudah tidak maksimal akan membuat laptop tidak bisa hidup lama. Akibatnya, pekerjaan akan jadi sering tertunda dan tak kunjung selesai. Kondisi ini akan membuat kamu sebagai pengguna pasti merasa sangat tidak nyaman.

Penyebab Baterai Laptop Rusak dan Boros

Inilah Penyebab Baterai Laptop Rusak dan Boros

Buat kamu yang merasa baterai laptop mulai boros, jangan berkecil hati terlebih dahulu. Kamu tidak sendirian, diluar sana ada banyak sekali orang yang mengalami hal yang sama. Masalah ini memang cukup menyusahkan jika dialami, pasalnya harga baterai laptop original yang cukup mahal, mengharuskan kita merogoh kocek agak dalam. Jika dilihat lebih jeli, sebenarnya ada beberapa kebiasaan yang dapat jadi penyebab baterai laptop rusak. Seperti halnya berikut ini.

Laptop Dicas Sambil Dipakai

Penyebab baterai laptop rusak yang pertama adalah dicas sambil dipakai. Tak hanya pada laptop, kebiasaan buruk ini juga akan berdampak sama pada ponsel. Menggunakan laptop sambil dicas juga akan membuat baterai menjadi boros karena kinerjanya yang menurun. Ketika dicas sambil dipakai, baterai akan bekerja dua kali lipat yaitu mengisi daya dan menyediakan energi bagi laptop. Jika berlangsung terus-menerus, kondisi ini akan membuat elemen baterai sangat cepat rusak.

Tidak Segera Mencabut Saat Penuh

Kebiasaan buruk yang juga sering dilakukan oleh pengguna laptop sehingga jadi adalah tidak segera mencabut charger ketika baterai sudah penuh. Kadang ada juga yang ngecas sambil dipakai dan sengaja membiarkan charger terhubung meski sudah penuh. Ini adalah kebiasaan buruk yang pasti bisa jadi penyebab baterai laptop cepat rusak jika dilakukan dalam jangka waktu panjang. Sedangkan dalam jangka waktu dekat, akan terjadi penurunan kinerja baterai sehingga mudah boros yang mengakibatkan laptop cepat mati.

Memakai Adaptor Charger KW

Kesalahan lain yang dianggap sepele namun bisa jadi penyebab baterai laptop rusak adalah menggunakan adaptor charger KW. Ini biasanya banyak dilakukan oleh mereka yang sebelumnya pernah mengalami kerusakan charger laptop. Karena membeli charger original dirasa cukup mahal, akhirnya mereka memilih untuk memakai charger KW alias palsu yang harganya separuh harga charger ori. Mungkin ini sepele, namun membawa dampak buruk yang cukup fatal terhadap kesehatan baterai.

Memakai Laptop Dalam Waktu Lama

Penyebab baterai laptop rusak selanjutnya adalah akibat dari pemakaian yang tidak wajar. Artinya, laptop digunakan dalam waktu terlalu lama. Idealnya, laptop hanya digunakan dalam waktu 4-5 jam untuk di istirahatkan terlebih dahulu. Selain merusak baterai, kebiasaan buruk ini juga dapat membuat hardware lain seperti mainboard, harddisk, RAM, graphic card hingga LCD mengalami kerusakan. Beberapa pengguna yang memakai laptop untuk bekerja terkadang lupa waktu sehingga tidak sadar jika sudah menghidupkan laptop seharian penuh.

Baterai Sering Dilepas Pasan

Buat kamu yang masih memakai laptop removable battery, pasti tahu cara melepas dan memasang baterai. Mungkin beberapa diantara kalian malah sering melepas pasang baterai dengan alasan tertentu. Asal kamu tahu ya, meski kelihatan sepele namun kebiasaan ini dapat menjadi penyebab baterai laptop rusak. Hal ini disebabkan oleh konektor yang lama-kelamaan menjadi longgar dan tidak presisi jika terlalu sering dilepas pasang. Jika bukan karena hal yang mendesak, sebaiknya tidak usah melepas baterai laptop apalagi cuma sekedar iseng.

Baca Juga:

Menjalankan Software Yang Terlalu Berat

Ternyata overheat juga bisa jadi penyebab baterai laptop rusak lho. Buat kamu yang belum tahu, overheat adalah kondisi dimana suhu laptop meningkat secara drastis dan dalam batas yang tidak wajar. Biasanya overheat disebabkan oleh pemakaian software yang terlalu berat. Sebenarnya, sebuah laptop memiliki spesifikasi tertentu yang dapat digunakan sebagai ukuran dalam menjalankan sebuah program. Supaya aman, sebaiknya tidak menjalankan software diluar batas kemampuan. Selain baterai jadi cepat rusak, kondisi ini juga membuat baterai boros.

Memasang Banyak Aksesoris Tambahan

Terakhir, penyebab baterai laptop boros adalah karena terlalu banyak aksesoris tambahan yang terpasang. Seperti yang kita tahu bahwa saat ini ada banyak aksesori laptop yang memakai daya baterai untuk bekerja seperti kipas eksternal, lampu usb, kipas usb, web cam dan lain sebagainya. Aksesoris tersebut jika banyak dipasang atau sering digunakan dapat menjadi penyebab baterai laptop rusak. Maka dari itu, gunakanlah aksesoris sewajarnya dan yang paling dibutuhkan saja.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai berbagai penyebab baterai laptop rusak dan juga boros. Dengan mengetahui berbagai kebiasaan buruk diatas, harusnya kamu bisa mengambil pelajaran berharga agar bisa lebih menjaga baterai laptop dengan baik di kemudian hari. Seperti yang juga sudah dibahas diatas bahwa masalah baterai pada laptop dapat menghambat berbagai macam aktivitas kita dalam bekerja. Ditambah lagi harga baterai laptop original yang cukup mahal jika harus menggantinya.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan