6 Penyebab Aplikasi Not Responding di Laptop atau Komputer

Laptop atau komputer adalah salah satu alat elektronik yang paling banyak digunakan oleh berbagai kalangan seperti pelajar, mahasiswa, karyawan, pegawai dan sebagainya. Dengan melakukan pemasangan aplikasi tertentu, keduanya bisa digunakan sebagai alat yang mempermudah pekerjaan. Meski dianggap canggih, namun terkadang sistem operasi Windows yang digunakan mengalami masalah seperti aplikasi not responding. Lalu apa saja penyebab aplikasi not responding pada laptop atau komputer?

Membahas mengenai penyebab aplikasi not responding, kita tidak dapat terlepas dari gangguan yang dialami oleh berbagai perangkat yang ada pada PC entah itu keras ataupun lunak. Jika kamu mengalami masalah error pada software seperti ini, nampaknya kamu tidak sendirian. Ada banyak pengguna lain yang juga mengalami hal yang sama. Biasanya, hal ini terjadi ketika pengguna membuka sebuah aplikasi namun gagal terbuka dengan sempurna. Akibatnya, terjadi crash yang membuat sistem gagal bekerja.

6 Penyebab Aplikasi Not Responding di Laptop atau Komputer

Mencari tahu penyebab aplikasi not responding memang bisa dibilang susah-susah gampang. Karena masalah error pada windows seperti ini bisa terjadi oleh banyak faktor. Memang sih, kendala seperti ini dapat membuat kesal lantaran aplikasi tidak bisa digunakan. Akibatnya pekerjaan yang seharusnya bisa diselesaikan dengan cepat malah menjadi tidak kunjung selesai.

Penyebab Software Not Responding di Windows 10

Jika kamu pernah mengalami masalah aplikasi yang tidak merespon, sebaiknya jangan panik terlebih dahulu. Ini adalah masalah yang sudah biasa terjadi pada Windows 10 atau versi sebelumnya. Biasanya masalah ini ditandai dengan notifikasi “… is not responding” atau pada jendela atas terdapat keterangan “(Not Responding)“. Lalu apa saja hal-hal yang bisa menimbulkan aplikasi jadi not responding pada laptop atau komputer? Berikut ini penjelasannya.

Aplikasi Tidak Terpasang Secara Sempurna

Penyebab aplikasi not responding yang pertama adalah instalasi software yang tidak sempurna. Ketidaksempurnaan pada proses pemasangan seperti ini biasanya terjadi karena ada file yang corrupt atau hilang sehingga sistem yang akan dijalankan oleh aplikasi tidak lengkap. Hal ini sering terjadi pada aplikasi bajakan yang di download di internet atau pada saat melakukan ekstraksi file terjadi masalah. Akibatnya ada missing file ketika di install.

Kapasitas RAM Yang Tidak Cukup

Faktor kapasitas RAM yang tidak mumpuni juga bisa jadi penyebab aplikasi not responding di laptop atau komputer. RAM sendiri miliki fungsi untuk menyimpan file sementara ketika aplikasi sedang berjalan. Jadi kapasitas RAM sangat berpengaruh terhadap berjalannya sebuah aplikasi. Semakin berat aplikasi yang dijalankan maka akan semakin besar kapasitas RAM yang dibutuhkan dan juga sebaliknya. Apabila kapasitas RAM tidak cukup dalam menampung file aplikasi yang berjalan maka tidak dapat di respon oleh sistem.

PC bekerja Secara Multitasking

Seperti yang sudah kita ketahui, dengan laptop atau komputer pengguna dapat bekerja secara multi tasking. Maksudnya, kita dapat menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan dalam waktu yang sama. Ketika laptop atau komputer bekerja secara multitasking, maka bebannya jadi lebih berat. Kondisi ini sangat rawan serta bisa jadi penyebab aplikasi not responding. Cara ini memang bisa membuat pekerjaan jadi cepat selesai, namun jika spesifikasi hardware tidak mumpuni, malah akan menimbulkan masalah.

Memaksa Install Aplikasi Yang Tidak Cocok

Secara bit rate, aplikasi windows bisa dibedakan menjadi dua bagian yaitu 32-bit dan 64-bit. Ketika kamu memasang aplikasi 64-bit pada laptop atau komputer 32-bit, maka akan terjadi error, begitu juga sebaliknya. Selain itu, ada beberapa aplikasi yang hanya bisa berjalan di Windows 8 namun tidak bisa berjalan di Windows 10. Ketika kamu memaksa install aplikasi yang bukan pada spesifikasi-nya, maka hal ini bisa jadi penyebab aplikasi not responding ketika di buka.

Terlalu Banyak Memasang Plugin Tambahan

Setiap software atau aplikasi biasanya memiliki plugin yang berguna untuk memudahkan pengguna dalam bekerja. Plugin sendiri bisa diartikan sebagai fitur tambahan yang bisa kita lepas pasang pada sebuah software dengan tujuan menambah fungsi tertentu secara mudah. Meski sangat membantu pengguna, namun terlalu banyak memasang plugin pada sebuah aplikasi dapat menjadi penyebab aplikasi not responding yang pada akhirnya membuatnya jadi tidak dapat digunakan sama sekali.

Baca Juga:

Ada Masalah Pada Harddisk

Selain RAM, ada satu lagi hardware yang memiliki peran penting bisa atau tidaknya sebuah aplikasi berjalan, yaitu harddisk. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa harddisk yang memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan berkas, akan jadi tempat menampung semua file sistem yang dibutuhkan aplikasi untuk bisa berjalan. Nah ketika tempat penyimpanan file ini bermasalah, maka akan jadi penyebab aplikasi not responding pada laptop atau komputer.

Laptop atau Komputer Overheat

Penyebab aplikasi not responding yang terakhir adalah overheat atau suhu panas berlebihan yang terjadi pada laptop atau komputer. Kondisi suhu yang tinggi pada hardware seperti processor, mainboad, RAM, harddisk dan lain sebagainya dapat berpengaruh pada kinerjanya. Semakin tinggi suhu yang terjadi maka akan semakin menurun kinerja laptop atau komputer tersebut. Biasanya, overheat ini terjadi akibat penggunaan yang berlebihan atau sudah terlalu lama bekerja.

Cara Mengatasi Aplikasi Not Responding di Laptop atau Komputer

Buat kamu yang mengalami masalah ini, jangan panik dan bingung berlebihan terlebih dahulu. Nah setelah mempelajari berbagai penyebab aplikasi not responding, sekarang saatnya kamu mulai melakukan upaya untuk memperbaikinya. Bagaimana caranya? Simak penjelasannya berikut ini.

  1. Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki masalah software is not responding adalah dengan mematikan aplikasi yang bermasalah tersebut dengan cara “Klik kanan pada icon yang ada di Task Bar” kemudian pilih “Close“. Setelah itu tunggu beberapa saat hingga sistem melakukan penutupan terhadap aplikasi tersebut.
  2. Cara yang kedua adalah dengan menutup aplikasi melalui Task Manager. Pertama, silahkan klik “Start” kemudian ketik “Task Manager” tanpa tanda kutip. Setelah Task Manager terbuka, silahkan cek pada daftar aplikasi yang berstastus “(Not Responding)“. Jika sudah ketemu silahkan “klik kanan” lalu “End Process“.

Penutup

Itulah beberpa penyebab aplikasi not responding di laptop dan komputer yang sudah dijelaskan. Selain itu kamu juga dapat melakukan perbaikan dengan dua cara yang sudah dibahas pada bagian akhir artikel. Dengan ini diharapkan kamu dapat mengatasi masalah ini secara mandiri. Yang penting kamu jangan panik dan bingung terlebih dahulu supaya dapat berpikir jernih dalam mencari solusinya. Semoga bermanfaat.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan