6 Cara Mengatasi Mouse Nyala Tapi Kursor Tidak Bergerak

Mouse adalah salah satu perangkat pendukung khususnya pada komputer atau laptop yang memiliki fungsi sebagai alat bantu yang mempermudah pengguna dalam mengarahkan kursor. Namun, mouse sering dianggap sebagai salah satu hardware yang sering bermasalah. Salah satunya yang sering terjadi adalah mouse nyala tapi kursor tidak bergerak. Hal ini sering membuat pengguna komputer atau laptop merasa kebingungan.

Masalah mouse nyala tapi tidak berfungsi dengan baik bisa jadi pertanda bahwa ada komponen didalamnya yang bermasalah. Ada banyak kemungkinan yang menyebabkan hal ini bisa terjadi. Namun yang jelas, kerusakan pada mouse seperti apapun akan sangat mengganggu aktivitas pengguna. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa mouse sangat berperan besar bagi pengguna komputer atau laptop dalam menggerakkan kursor untuk memberikan perintah tertentu.

Mengatasinya Mouse Nyala Tapi Kursor Tidak Bergerak

Saat ini mouse sendiri terbagi menjadi dua kelompok, yaitu mouse USB dan mouse wireless. Mouse USB adalah mouse yang dapat terhubung ke PC dengan kabel. Sedangkan mouse wireless adalah pengembangan dari mouse USB dimana kabel dihilangkan dan diganti dengan koneksi bluetooth. Karena jenisnya berbeda, penanganan kerusakan pada masing-masing jenis mouse-pun berbeda.

Penyebab Mouse Nyala Tapi Kursor Tidak Bergerak

Kerusakan pada mouse terkadang masih bisa diperbaiki namun terkadang juga tidak bisa diperbaiki. Namun masalah mouse nyala tapi kursor tidak berfubgsi memang sulit untuk ditebak darimana penyebabnya. Kamu harus bisa mengidentifikasi berbagai macam hal seperti fungsi optik, kabel USB, port USB atau pada software driver mouse itu sendiri. Seperti halnya penjelasan berikut ini.

1. Port USB Tidak Beda Tipe

Penyebab yang pertama kenapa mouse nyala tapi kursor tidak bergerak bisa saja ada pada port USB yang berbeda tipe. Port USB sendiri hingga saat ini telah mengalami beberapa kali pengembangan. Maka dari itu kini kita mengenal port USB 2.0, USB 3.0, USB 3.1 dan USB 3.2. Kebanyakan mouse USB masih menggunakan tipe 2.0 sedangkan pada perangkat sudah ada yang sampai hingga 3.2. Hal inilah yang terkadang menyebabkan mouse nyala namun tidak bisa berfungsi.

2. Kabel Mouse Ada Yang Putus

Penyebab yang kedua ada pada kabel mouse itu sendiri. Kabel mouse terdiri dari 4 bagian. 2 kabel diantaranya adalah kabel untuk power termasuk untuk menyalakan infra merah optik dan lampu yang berkedip. Lalu 2 kabel lain berfungsi untuk transfer data yang memberi perintah pada PC. Jika mouse nyala tapi kursor tidak bergerak, bisa jadi ada masalah pada kabel yang berfungsi sebagai transfer data.

3. Komponen Optik Rusak

Lalu penyebab yang ketiga ada pada komponen optik yang sudah rusak. Saat ini mayoritas mouse sudah memakai optik infra merah sebagai sensor pergerakan. Optik ini akan mengirimkan data gerak kepada PC untuk diolah sebagai perintah pada kursor. Jadi jika ada kerusakan pada optik maka yang terjadi adalah mouse nyala tapi kursor tidak berfungsi sama sekali.

4. Port USB Mengalami Gangguan

Penyebab mouse nyala tapi kursor tidak bergerak selanjutnya ada pada port USB. Terkadang port USB pada laptop atau komputer yang jadi tempat dimana kabel atau receiver bluetooth menancap, sudah rusak atau mengalami gangguan. Ini adalah faktor eksternal diluar mouse yang membuat mouse menjadi tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

5. Koneksi Bluetooth Belum Tersambung

Penyebab terakhir ini hanya bisa terjadi untuk mouse wireless atau mouse yang tidak memakai kabel. Kebanyakan mouse wireless memakai koneksi bluetooth untuk transfer data perintah sensor, sehingga jika koneksi bluetooth antara mouse dan PC belum tersambung, maka yang terjadi adalah mouse nyala tapi kursor tidak bergerak. Masalah ini sebenarnya jarang terjadi, tapi terkadang pengguna yang apes bisa mengalaminya.

Cara Mengatasi Mouse Nyala Tapi Kursor Tidak Bergerak

Setiap permasalahan pada hardware seperti halnya mouse, pasti bisa diatasi jika penyebabnya sudah diketahui terlebih dahulu. Beberapa penjelasan mengenai penyebabnya seperti yang sudah dijelaskan diatas bisa kamu jadikan acuan. Sekarang saatnya kita membahas bagaimana cara untuk mengatasi mouse nyala tapi tidak berfungsi. Beberapa cara penyelesaian dibawah ini mungkin bisa sangat berguna buat kamu.

1. Memakai Converter USB Tambahan

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi mouse nyala tapi kursor tidak bergerak adalah dengan memakai converter USB tambahan. Di pasaran sudah banyak yang menjual USB extention dengan berbagai macam tipe mulai 2.0 hingga 3.2 yang bisa kamu beli. Kamu tinggal cari converter USB yang sesuai dengan tipe USB mouse milikmu. Misalkan USB mouse tipe 2.0 sedangkan PC 3.0, kamu bisa belu konverter USB 2.0 ke 3.0.

2. Update Driver Mouse

Cara kedua adalah dengan update driver mouse. Terkadang masalah software pada komputer sangat mempengaruhi fungsi hardware. Seperti halnya driver yang sudah usang maka dapat membuat mouse nyala tapi kursor tidak berfungsi. Driver sendiri adalah sebuah perangkat lunak pada sistem operasi yang bertugas dalam mengontrol seluruh akses data perintah untuk menjalankan sebuah fungsi pada hardware atau sebaliknya.

3. Cabut Lalu Colokkan Lagi

Cara yang ketiga ini bisa jadi terasa sedikit aneh saat pertama kali kamu membacanya. Namun cara ini tidak boleh dianggap remeh. Terkadang posisi USB ke port yang tidak sesuai dapat membuat mouse nyala tapi kursor tidak bergerak karena keempat kabel belum terhubung secara pas. Kamu dapat mencoba untuk mencabut kabel USB mouse lalu mencolokkannya kembali. Biasanya jika posisi keempat kabel antara USB dan port sudah sesuai, maka mouse akan berfungsi normal untuk menggerakkan kursor.

Baca Juga:

4. Pindah Port USB

Cara yang keempat untuk mengatasi mouse nyala tapi kursor tidak bergerak adalah pindah port USB. Terkadang tanpa kita ketahui secara sadar, port USB yang ada pada komputer atau laptop sudah rusak sehingga tidak dapat digunakan untuk menerima data apapun. Biasanya pada komputer atau laptop sudah dibekali beberapa port USB yang memang berguna sebagai cadangan ketika salah satu diantaranya mengalami kerusakan.

5. Pastikan Koneksi Bluetooth Tersambung

Cara yang kelima ini hanya khusus untuk kamu yang pakai mouse wireless yang sangat tergantung pada koneksi bluetooh. Bisa jadi kursor mouse yang tidak bergerak tadi disebabkan oleh bluetooth yang belum tersambung. Oleh karena itu, kamu dapat menghubungkan koneksi bluetooth-nya melalui menu pengaturan pada windows. Buka menu “Settings“, kemudian “Bluetooh“, lalu “Pair new device“.

6. Beli Mouse Yang Baru

Cara terakhir ini adalah yang paling ampuh. Jika berbagai macam cara yang sudah diupayakan tidak membuahkan hasil, berarti sudah saatnya mouse lamamu “pensiun” untuk digantikan oleh yang baru. Membeli mouse yang baru adalah langkah tepat ketika masalah mouse nyala tapi kursor tidak bergerak tidak bisa terselesaikan. Harga mouse yang cukup terjangkau harusnya tidak membuatmu merasa terbebani.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah mouse nyala tapi kursor tidak bergerak. Sebenarnya penyebab kerusakannya juga beragam tergantung dari jenis mouse itu sendiri. Beberapa kasus mouse yang menyala tapi tidak berfungsi bisa ditangani asalkan sumber kerusakannya bukan pada komponen utamanya. Kamu bisa coba terapkan cara diatas untuk mengatasinya.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan