7 Cara Merawat Printer Canon ip2770 Agar Tetap Awet

Printer adalah salah satu alat cetak modern yang bisa beroperasi dengan perintah dari komputer, laptop atau smartphone. Ada banyak jenis printer yang ada dipasaran berdasarkan cara kerjanya yaitu inkjet dan laserjet. Namun printer inkjet lebih banyak dimiliki karena harganya yang lebih murah. Salah satu printer jenis ini yang populer adalah Canon ip2770. Karena harganya murah, maka untuk merawat printer Canon ip2770 pun memerlukan tenaga ekstra.

Canon ip2770 bisa dibilang sebagai printer sejuta umat karena orang yang memiliki alat cetak dokumen ini jumlahnya banyak sekali. Ini adalah salah satu printer low end dengan harga murah namun memiliki kualitas hasil cetak yang cukup baik. Printer ini banyak diminati oleh berbagai macam kalangan seperti pegawai kantor, karyawan swasta, mahasiswa, bahkan hingga pelajar. Printer ini dijual dipasaran dengan harga dibawah satu juta. Sebuah harga yang sangat bersahabat untuk kalangan menengah kebawah.

Merawat Printer Canon ip2770 Agar Tetap Awet

Dengan harga yang cukup murah, wajar nampaknya jika printer Canon ip2770 ini memiliki ketahanan yang kurang. Banyak pengguna yang mengeluhkan hal ini karena printernya sering bermasalah. Namun berbicara mengenai awet dan tidaknya sebuah printer kembali lagi pada cara penggunaannya. Sebenarnya jika cara merawat printer Canon ip2770 dilakukan secara baik dan benar, resiko kerusakan bisa diminimalkan. Namun pada prakteknya banyak pengguna yang belum paham pentingnya hal ini.

Manfaat Merawat Printer Canon ip2770 Dengan Baik

Setiap alat elektronik antara yang dirawat dengan baik dan tidak dirawat dengan baik pasti usianya akan berbeda. Begitu pula dengan printer Canon ip2770 yang kamu miliki. Semakin asal-asalan cara menggunakannya maka akan semakin cepat rusak pula. Terlebih dengan harga yang murah maka ketahanan komponennya memiliki keterbatasan. Padahal jika kamu mau merawat printer Canon ip2770 secara baik dan benar, maka kamu akan mendapatkan berbagai macam manfaat serta keuntungan seperti berikut ini.

  1. Usia printer akan jauh lebih lama.
  2. Kinerja printer selalu terjaga.
  3. Hasil cetak selalu maksimal.
  4. Menghindari kerusakan pada komponen printer.
  5. Cartridge printer tidak mudah bermasalah.
  6. Bisa mendeteksi adanya kerusakan pada printer sejak dini.

Cara Praktis Merawat Printer Canon ip2770 Agar Tetap Awet

Dalam merawat printer Canon ip2770 tidak perlu melakukan hal-hal yang rumit. Hanya dengan beberapa aktivitas sederhana, kamu dapat membuat umur printermu menjadi lebih panjang jika rutin dilakukan. Dengan begini kamu akan mendapatkan banyak keuntungan seperti yang sudah dijelaskan pada poin diatas. Lalu apa saja hal-hal yang harus kamu lakukan untuk menjaga printer Canon ip2770 agar terhindar dari kerusakan? Simak penjelasannya berikut ini.

Gunakan Sesering Mungkin

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk merawat printer Canon ip2770 adalah dengan menggunakannya sesering mungkin. Penggunaan yang rutin akan membuat mulut semprot pada cartridge printer menjadi semakin tajam. Oleh karena itulah ketika kamu membeli cartridge baru maka kinerjanya akan optimal setelah digunakan rutin selama 3 bulan. Maksud dari penggunaan sesering mungkin disini adalah digunakan setiap hari dalam batas wajar, atau digunakan minimal dua hari sekali.

Jangan Mencetak Banyak Sekaligus

Kedua, kamu dapat merawat printer Canon ip2770 dengan menghindari pencetakan dokumen dalam jumlah sangat banyak sekaligus. Sebaiknya batasi jumlah pencetakan dalam satu waktu yaitu cukup 50 lembar saja kemudian diistirahatkan terlebih dahulu. Mencetak dalam jumlah banyak akan membuat mulut semprot pada cartridge menjadi cepat aus sehingga tidak bisa menyemprotkan tinta secara maksimal.

Jangan Gunakan Infus

Pada dasarnya printer Canon ip2770 adalah tipe printer yang tidak menggunakan infus dalam pengisian tintanya. Dari bawaan pabrik memang tidak disediakan alat infus tinta sehingga tidak perlu dimodifikasi sendiri dengan menambahkan infus. Membiarkan tinta diisi secara manual dengan menggunakan alat suntik adalah salah satu bagian dari cara merawat printer Canon ip2770 secara baik dan benar. Hal ini akan menghindarkan cartridge dari banjir tinta yang mempengaruhi hasil cetak.

Jangan Telat Isi Tinta Cartridge

Cara selanjutnya untuk merawat printer Canon ip2770 tetap awet adalah dengan mengisi tinta tepat waktu. Usahakan untuk selalu mengisi tinta sebelum isi cartridge benar-benar kosong. Hal ini akan menghindarkan kamu dari resiko kering pada cartridge yang akan membuat hasil cetak tidak lagi normal. Karena tidak ada indikator isi tinta, jadi kamu dapat mengira-ngira kapan harus mengisinya. Biasanya cartridge Canon ip2770 mulai kosong jika sudah mencetak dokumen sebanyak 50 lembar.

Baca Juga:

Gunakan Tinta Yang Berkualitas

Membeli tinta yang murah memang dapat membantu kita untuk berhemat. Namun kamu harus berhati-hati pada kualitas tinta dengan harga murah. Terkadang tinta yang murah dapat membuat bagian dalam cartridge cepat mengering ketik kosong sehingga dapat membuat mulut semprot tersumbat. Sebaiknya beli tinta standar meski harus mengeluarkan uang lebih sebagai salah satu upaya merawat printer Canon ip2770 tetap awet.

Lakukan Pembersihan Tingkat Dalam

Satu hal yang harus kamu tahu bahwa cara merawat printer Canon ip2770 dibedakan menjadi dua bagian yaitu perawatan fisik dan non-fisik. Melakukan pembersihan tingkat dalam merupakan salah satu bagian dari perawatan non-fisik karena kamu melakukan pembersihan melalui driver software bawaan. Pertama silahkan buka “Start“, lalu pilih folder “Canon Utilities“, Pilih “My Printer“. Buka “Printer Settings” lalu buka menu “Maintenance“, kemudian pilih “Deep cleaning” atau “pembersihan tingkat dalam“. Setelah itu klik “Execute” jangan lupa pilih All Color, lalu tunggu hingga proses tersebut selesai.

Bersihkan Printer Dari Debu dan Kotoran

Cara merawat printer Canon ip2770 terakhir ini adalah cara paling konvensional. Kamu cukup membersihkan printer dari berbagai macam kotoran serta partikel debu yang dapat berpotensi masuk kedalam komponen printer. Terkadang, rangkaian elektronik yang tidak pernah dibersihkan dapat beresiko terjadi konsleting arus listrik yang mengakibatkan kerusakan serius. Maka dari itu, kamu harus rajin mengelap dan menyapu seluruh bagian printer. Bisa dengan kain halus atau dengan kuas.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat printer Canon ip2770 agar tetap awet dan tahan lama. Merawat printer itu adalah hal yang wajib kamu lakukan terlebih printermu adalah golongan low end yang memiliki ketahanan terbatas. Dengan menerapkan beberapa cara merawat printer dengan baik seperti yang sudah dibahas diatas, diharapkan printermu akan lebih bisa bertahan lama dan terhindar dari resiko kerusakan.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan