Cara Merawat Keyboard Laptop Agar Awet dan Tahan Lama

Keyboard adalah salah satu hardware pada laptop yang berfungsi sebagai input karakter tertentu bisa berupa huruf atau simbol. Keyboard laptop juga merupakan salah satu komponen yang harganya cukup malah dan agak sulit dicari ketika sudah rusak. Maka dari itu, banyak pengguna yang mencoba merawat keyboard laptop agar awet dan tahan lama. Terlebih keyboard laptop berbeda dengan komputer yang memiliki ketahanan lebih baik dan juga harganya yang relatif murah.

Setiap laptop memiliki desain keyboard yang berbeda-beda, sehingga antara satu dan lainnya tidak dapat dipasang seperti halnya keyboard pada komputer yang cocok digunakan untuk komputer apapun. Itulah alasan kenapa keyboard laptop jadi lebih mahal dan sulit dicari penggantinya ketika sudah rusak. Sebagai salah satu cara antisipasi agar tetap bisa berfungsi secara normal, maka kamu harus merawat keyboard laptop secara baik dan benar. Menjaga keyboard laptop agar tetap dalam performa terbaiknya memang sudah umum dilakukan.

Cara Merawat Keyboard Laptop Agar Awet dan Tahan Lama

Merawat keyboard laptop sendiri akan membuatnya tetap nyaman digunakan untuk berbagai aktivitas pekerjaan. Seperti yang kita ketahui bahwa keyboard memiliki banyak peran dalam terselesaikannya sebuah pekerjaan seperti mengetik, menulis, editing, bermain game dan sebagainya. Tanpa adanya keyboard yang berfungsi normal, maka semua pekerjaan digital tersebut pasti tidak bisa dilakukan.

Hal-Hal Yang Menyebabkan Keyboard Laptop Cepat Rusak

Setiap hardware yang mengalami kerusakan pasti disebabkan oleh suatu hal. Begitu juga dengan keyboard laptop yang selama ini menjadi salah satu hardware yang dianggap mudah bermasalah. Namun hal itu tidak sepenuhnya benar, semua kembali lagi pada cara penggunaannya. Untuk menjaga performanya, kamu dapat merawat keyboard laptop dengan menghindari berbagai hal yang dapat menyebabkan kerusakan seperti berikut ini.

Membiarkan Debu dan Kotoran Menempel

Penyebab pertama kenapa keyboard laptop bisa cepat rusak adalah adanya debu dan kotoran disekitarnya yang tidak pernah dibersihkan. Masih sangat jarang pengguna yang merawat keyboard laptop dengan memperhatikan kebersihannya. Meskipun setiap kali digunakan masih terlihat bersih, namun sebenarnya ada banyak partikel debu dan kotoran dibawahnya yang sewaktu-waktu dapat masuk ke sela-sela tombol sehingga menimbulkan kerusakan.

Menekan Tombol Keyboard Dengan Keras

Kebiasaan lain yang dapat membuat keyboard tidak awet adalah menekan tombol dengan keras ketika digunakan. Kebanyakan pengguna melakukan kebiasaan ini tanpa sadar ketika sedang asik beraktivitas seperti sedang mengetik tulisan. Padahal penggunaan secara wajar adalah bagian dari merawat keyboard laptop agar awet. Menekan tombol keyboard terlalu keras justru bisa mengurangi sensitivitas dan respon papan PCB itu sendiri.

Digunakan Untuk Bermain Game

Kesalahan lain yang sering dilakukan oleh pengguna laptop adalah menggunakan keyboard untuk bermain game. Terlebih jika game yang dimainkan membutuhkan banyak pergerakan dan kontrol dengan keyboard seperti perkelahian, tembak-menembak, balapan dan sebagainya. Ketika bermain game, tombol keyboard akan ditekan lebih lama dan lebih keras secara tidak sadar. Ini bukanlah cara merawat keyboard laptop yang baik.

Tips Merawat Keyboard Laptop Supaya Tombolnya Awet

Setelah membahas berbagai hal yang dapat menyebabkan performa keyboard laptop menurun, kini saatnya kita akan membahas cara merawat keyboard laptop yang baik dan benar supaya tombol-tombolnya selalu bekerja dengan baik. Tips ini bisa kamu lakukan untuk meminimalisir berbagai masalah yang berpotensi merusak tombol-tombol input pada keyboard tersebut. Seperti apa caranya? Simak penjelasannya berikut ini.

Bersihkan Keyboard Dari Debu dan Kotoran

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk merawat keyboard laptop adalah dengan membersihkannya secara rutin. Pembersihan ini berguna untuk menghilangkan debu dan kotoran yang ada disekitar keyboard. Kamu dapat membersihkannya dengan menggunakan alat seperti kain lembut dan kuas halus. Gunakan kuas halus untuk menyapu seluruh debu dan kotoran yang ada disela-sela tombol. Lalu usapkan kain lembut ke permukaan dengan pelan.

Jangan Terlalu Keras Menekan Tombol

Cara kedua dalam merawat keyboard laptop adalah dengan meminimalisir penggunaan tombol secara tidak wajar. Artinya hindari menekan tombol terlalu keras dan terlalu lama. Sebaiknya pencet tombol keyboard dengan perlahan atau dengan tenaga sedang. Pada dasarnya, menekan tombol terlalu keras dapat membuat sensitivitas pada PCB bahkan hingga kerusakan.

Baca Juga:

Gunakan Keyboard Eksternal Untuk Game

Merawat keyboard laptop juga bisa kamu lakukan dengan tidak menggunakannya untuk bermain game. Jika kamu ingin bermain game yang agak keras seperti perkelahian, tembak-menembak, balapan atau sejenisnya, sebaiknya kamu beli keyboard eksternal yang dikhususkan untuk bermain game. Dengan begini, kamu dapat meminimalisir penggunaan keyboard laptop yang dapat memicu kerusakan. Karena pada dasarnya, setiap game memerlukan kontrol yang lebih banyak, cepat dan lama dari penggunaan biasa.

Pakai Karet Pengaman Jika Perlu

Salah satu aksesoris komputer yang saat ini bisa kamu dapatkan dipasaran adalah karet pengaman keyboard laptop. Bentuknya seperti lembaran tipis dan lentur yang bisa diaturh diatas keyboard. Alat ini dapat membantu kamu dalam merawat keyboard laptop agar lebih awet. Dengan memasang karet pengaman, keyboard bisa terhindar dari hal-hal yang tidak terduga seperti cipratan air atau korotan yang masuk ke sela-sela tombol.

Penutup

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk merawat keyboard laptop agar awet dan tahan lama. Menjaga keyboard laptop agar selalu dalam performa terbaiknya memang wajib dilakukan oleh setiap pengguna. Hal ini disebabkan oleh sulitnya perbaikan jika terjadi kerusakan terlebih untuk mendapatkan spare part-nya. Lebih baik memakai keyboard sewajarnya agar usianya juga lebih lama.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan