Cara Mengubah Harddisk Laptop Internal Menjadi Eksternal

Harddisk atau HDD adalah salah satu media penyimpanan untuk PC seperti komputer atau laptop. Tersedia berbagai macam besaran kapasitas mulai dari 80 Giga Byte hingga 1 Tera Byte. Selain digunakan sebagai penyimpanan internal didalam laptop atau komputer, harddisk ternyata juga bisa dipakai sebagai alat penyimpanan data eksternal juga lho. Buat kamu yang punya laptop rusak namun harddisk-nya masih normal, cara mengubah harddisk laptop internal menjadi eksternal ini bisa kamu terapkan.

Cara Mengubah Harddisk Laptop Internal Menjadi Eksternal

Dengan mengubah harddisk laptop internal menjadi eksternal, kamu akan memiliki HDD eksternal sendiri tanpa harus membelinya dengan harga yang relatif tinggi. Cara ini akan membuat kamu memiliki alat penyimpanan data portable dengan kapasitas besar sebagai alternatif flashdisk atau micro SD. Dengan daya tampung yang banyak, kamu dapat menyimpan berbagi file besar seperti video, film, software dan lain sebagainya secara portable yang bisa dibawa kemana-mana.

Mengenal Jenis-Jenis Harddisk Laptop

Jika dilihat dari jenisnya harddisk bisa diklasifikasikan kedalam beberapa kategori berdasarkan teknologi dan juga konektornya. Dari segi teknologi, saat ini kita mengenal HDD dan SSD. Sedangkan dari konektornya, kita bisa bagi menjadi dua tipe yaitu SATA dan ATA. Namun kebanyakan laptop menggunakan harddisk dengan jenis teknologi HDD dan juga konektor SATA. Maka dari itu, alat yang kamu butuhkan untuk membuat harddisk eksternal juga menyesuaikan jenis HDD tersebut.

Mengubah Harddisk Laptop Internal Menjadi Eksternal Dengan Mudah dan Murah

Sebenarnya mengubah harddisk laptop internal menjadi eksternal bukanlah hal yang sulit. Kamu hanya memerlukan beberapa alat yang dapat membantumu menghubungkan konektor SATA pada harddisk ke USB yang ada pada perangkat PC. Artinya kamu diharuskan membeli alat tertentu yang bisa kamu cari di toko-toko komputer terdekat atau membelinya secara online. Alat yang kamu butuhkan adalah Enclosure atau bisa pakai Converter SATA to USB. Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya.

Pastikan Harddisk Laptop Masih Normal

Namun sebelum mengubah harddisk laptop internal menjadi eksternal, kamu harus memastikan terlebih dahulu bahwa kondisi HDD yang kamu miliki masih sehat dan normal. Artinya tidak ada bad sector sedikitpun didalamnya karena dapat mempengaruhi fungsinya. Buat yang belum paham apa itu bad sector dan juga cara mengeceknya, kamu dapat membaca artikel tentang cara cek bad sector pada harddisk yang sudah kita bahas sebelumnya.

Membuat Harddisk Laptop Eksternal Dengan Enclosure

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengubah harddisk laptop internal menjadi eksternal adalah dengan menggunakan Enclosure. Apa itu? Adalah sebuah alat berbentuk case harddisk yang dilengkapi dengan socket untuk menghubungkan SATA ke USB PC. Alat ini dapat dengan mudah didapatkan di toko-toko komputer atau bisa dibeli secara online. Harganya juga beragam, mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu tergantung pada fitur serta kualitas yang ditawarkan.

Membuat Harddisk Laptop Eksternal Dengan Enclosure

Enclosure ini memiliki beberapa kelebihan diantaranya adalah harddisk eksternal menjadi lebih praktis untuk dibawa kemana-mana karena adanya case dari plastik atau logam. Hal ini akan membuat HDD jadi lebih aman. Kedua, sangat mudah disimpan pada saat dibawa kemana-mana. Ketiga, praktis digunakan. Saat ingin memakainya, pengguna tinggal mencolokkan kabel penghubung harddisk ke USB saja.

Sedangkan cara untuk memakai Enclosure ini juga cukup mudah. Yang jelas, sediakan dulu alatnya (semakin mahal kualitas baca-tulisnya juga semakin baik). Buka case dengan cara memutar baut yang ada disamping. Kemudian pasangkan converter SATA kedalam socket harddisk. Usahakan yang rapat dan presisi agar bisa berfungsi dengan baik. Masukkan harddisk ke case dengan hati-hati. Jika sudah masuk pastikan jangan sampai goyang karena dapat menimbulkan kerusakan saat dibawa. Jika goyang, ganjal dengan sterofoam disamping kiri kanan atau atas bawah.

Baca Juga:

Membuat Harddisk Laptop Eksternal Dengan Converter

Selain dengan menggunakan Enclosure seperti yang sudah dijelaskan diatas, kamu juga dapat mengubah harddisk laptop internal menjadi eksternal dengan memakai Converter SATA ke USB. Dengan alat ini, maka konektor harddisk yang bertipe SATA akan diubah ke interface tipe USB sehingga dapat langsung terhubung ke laptop atau komputer. Berbeda dengab Enclosure, alat ini hanya berupa konverter saja. Jadi tidak dilengkapi dengan case yang melindungi harddisk seperti halnya Enclosure.Membuat Harddisk Laptop Eksternal Dengan Converter SATA to USB

Alat Converter SATA to USB ini bisa dengan mudah kamu dapatkan di toko komputer kesayanganmu atau bisa juga dibeli secara online pada marketplace. Harganya beragam ada yang mulai dari 30 ribuan hingga hampir 200 ribuan. Mungkin perbedaan harga tersebut berdasarkan pada kualitas kecepatan baca dan tulisnya. Jika kamu ingin mendapatkan yang berkualitas bagus, sebaiknya beli yang harganya agak mahal namun yang sesuai spesifikasi ya.

Cara menggunakan alat ini untuk mengubah harddisk laptop internal menjadi eksternal tidak terlalu sulit. Jika kamu sudah punya alat konverternya silahkan langsung tancapkan yang satu ke HDD dan yang satunya lagi ke PC. Port USB silahkan ditancapkan ke PC sedangkan port yang lebih lebar tersebut adalah konverter SATA yang dicolokkan ke harddisk. Jika sudah terpasang dengan baik, tunggu beberapa saat, maka harddisk eksternal tersebut akan terbaca. Silahkan memindah file atau akses file yang ada didalamnya.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengubah harddisk laptop internal menjadi eksternal dengan menggunakan alat khusus. Cara ini cocok buat kamu yang punya notebook atau netbook yang sudah rusak bagian komponen selain harddisknya. Atau mungkin kamu punya HDD laptop yang tidak terpakai. Cara ini akan membuat harddisk yang nganggur bisa lebih bermanfaat dan berguna untuk alternatif penyimpanan data yang banyak.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan