7 Cara Menghilangkan Embun di Kamera Depan/Belakang HP

Saat ini hampir semua HP atau handphone sudah dilengkapi dengan fitur kamera baik di depan maupun belakang. Namun, terkadang ada saja masalah yang dapat membuat kinerja kamera tersebut jadi kurang baik, salah satunya adalah embun. Jika sudah begini, menghilangkan embun di kamera depan atau belakang HP wajib dilakukan agar hasil jepretan menjadi baik kembali. Jika terlalu lama dibiarkan, masalah ini akan berdampak buruk pada HP.

7 Cara Menghilangkan Embun di Kamera Depan Atau Belakang HP

Mudah atau tidaknya menghilangkan embun di kamera HP depan atau belakang tergantung pada tingkat keparahannya. Semakin banyak cairan yang masuk maka akan semakin parah tingkat kesulitannya. Meski begitu, masalah ini tetap dapat diatasi dengan cara-cara tertentu. Meski sebenarnya lensa kamera pada ponsel yang berembun adalah hal yang wajar, namun tidak boleh dianggap remeh. Bagaimanapun juga, embun tersebut muncul karena ada air. Sedangkan air dapat membuat komponen elektronik mengalami konsleting.

Beberapa Penyebab Kamera HP Jadi Berembun

Berbicara mengenai cara menghilangkan embun di kamera HP, kurang lengkap rasanya jika kamu tidak mengetahui dari mana embun itu berasal. Embun yang masuk ke lensa kamera HP entah itu bagian depan atau belakang disebabkan karena adanya air yang masuk. Darimana air tersebut berasal? Disini kita dapat menduga air tersebut bisa masuk melalui beberapa kejadian seperti kehujanan, tidak sengaja ketumpahan air, terkena cipratan air, atau bisa juga karena kondisi ruangan yang lembab.

Kebanyakan kasus kamera HP yang berembun disebabkan oleh air yang masuk kedalam HP dalam jumlah banyak. Bisa karena tercebur kedalam air atau ketumpahan air. Masalah ini juga bisa saja dialami oleh ponsel yang anti air sekalipun. Terkadang adanya perbedaan tekanan serta suhu dapat membuat butir-butir air yang lembab mampu menembus bagian dalam HP.

Cara Menghilangkan Embun di Kamera Depan Atau Belakang HP Tanpa Harus Buka Casing

Seperti yang sudah sedikit disingguug diatas bahwa air adalah musuh barang elektronik yang dapat menimbulkan kerusakan. Begitu juga dengan embun di lensa kamera. Kamu harus menghilangkan embun di kamera HP depan atau belakang sesegera mungkin agar tidak semakin menumpuk dan mengenai komponen lain disekitarnya. Untuk mengatasi masalah ini sebenarnya bisa dilakukan dengan beberapa hal mudah tanpa harus membongkar HP tersebut. Simak penjelasannya berikut ini.

Masukkan HP Kedalam Beras

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan embun di kamera HP depan atau belakang adalah dengan memasukkan HP kedalam beras. Dirumah pasti ada beras dalam wadah karung entah itu kecil atau besar. Cobalah masukkan HP kamu kedalamnya lalu kubur agak dalam. Banyak orang yang meragukan cara ini, namun justru cara inilah yang terbukti paling efektif untuk mengeringkan barang elektronik yang basah.

Beras dapat menghilangkan embun di kamera HP depan atau belakang karena memiliki sifat Absorben yang artinya dapat menyerap kelembaban udara. Agar cara ini lebih efektif, kamu dapat memasukkan HP kedalam beras dengan waktu semalaman. Kamu juga dapat menggunakan wadah tertutup agar hasilnya lebih maksimal. Meski cara ini membuat HP jadi agak kotor, namun percayalah bahwa tips ini tidak akan membuat kamu menyesal jika sudah mencobanya.

Dengan Menggunakan Silica Gel

Cara selanjutnya untuk menghilangkan embun di kamera HP depan atau belakang adalah dengan silica gel. Apa itu? Silica gel adalah suatu butiran kecil yang mirip permata namun terbuat dari bahan natrium silikat dan sangat berpori sehingga dapat menyerap kelembaban serta membuat suatu wadah menjadi tetap kering. Biasanya, silica gel ini banyak ditemui pada kemasan barang fashion seperti tas, sepatu, sandal, atau dompet.

Kamu dapat memakai silica gel untuk menghilangkan embun di kamera HP depan atau belakang sebagai alternatif dari beras. Fungsinya sama dengan beras yang bersifat absorben. Namun silica gel akan membuat HP menjadi lebih bersih tanpa debut. Sayangnya, kamu akan lebih kesulitan menemukan silica gel dibanding beras. Cara menggunakan silica gel cukup mudah. Masukkan HP beserta beberapa silica gel kedalam wadah yang tertutup rapat. Tunggu selama beberapa hari maka silica gel tersebut akan menyerap semua kelembaban yang ada didalamnya.

Hembuskan Hair Dryer Ke Ponsel

Pada cara ketiga ini kamu membutuhkan sebuah alat yaitu hair dryer. Seperti yang kita ketahui bahwa hair dryer adalah alat yang dipakai untuk mengeringkan rambut. Alat ini sangat relevan untuk mengeringkan barang elektronik karena menghembuskan angin dengan suhu panas. Fungsi inilah yang bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan embun di kamera HP depan atau belakang.

Cara menggunakannya cukup mudah. Siapkan saja sebuah hair dryer lalu colokkan ke listrik. Jangan lupa matikan ponsel terlebih dahulu. Posisikan kamera HP yang terkena embun ke atas lalu hidupkan hair dryer. Arahkan hembusan udara panas ke sekitar lensa kamera dan juga celah-celah kecil disekitarnya. Lakukan cara ini dalam waktu cukup lama hingga embun yang ada pada kamera depan atau belakang tersebut mulai berkurang. Panas yang dihasilkan oleh hair dryer diharapkan dapat membuat embun menguap.

Taruh HP Didekat Kipas Laptop

Ini adalah cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan embun di kamera HP depan atau belakang. Meski terlihat sepele, namun ini bisa jadi cara alternatif ketika dalam kondisi darurat. Kamu cukup menghidupkan laptop lalu meletakkan HP disebelah lubang hembusan kipas. Udara panas yang keluar dari lubang sirkulasi kipas laptop dapat membantu embun yang ada didalam lensa ponsel menguap. Meski efektifitasnya tidak sebaik cara-cara yang sudah dijelaskan diatas, namun cara ini cukup membantu ketika kamu tidak dirumah.

Baca Juga:

Cara Salah Menghilangkan Embun di Kamera Yang Harus Kamu Hindari

Ketika kamu mencari artikel di Google pencarian tentang cara menghilangkan embun di kamera namun ada beberapa tips yang menurut penulis salah dan justru dapat menimbulkan kerusakan baru pada ponsel. Maka dari itu, disini akan kita bahas apa saja cara yang perlu kamu hindari untuk mengatasi kamera HP yang berembun agar tidak menimbulkan kerugian. Simak penjelasannya berikut ini.

Menjemur Dibawah Sinar Matahari

Cara salah dalam menghilangkan embun di kamera HP depan atau belakang yang pertama adalah menjemur dibawah sinar matahari. Untuk ponsel yang lembab karena kemasukan air, cara ini nampaknya tidak efektif. Terlebih jika digunakan untuk menghilangkan kamera yang berembun. Menjemur ponsel dibawah sinar matahari dapat membuat kerusakan pada beberapa komponen ponsel seperti lensa kamera, baterai bahkan layar ponsel. Hal ini bisa terjadi karena suhu sinar matahari yang terlalu tinggi.

Menggunakan Uap Air

Cara salah kedua adalah dengan teknik uap air. Cara yang satu sangat tidak direkomendasikan ya. Alih-alih ingin menghilangkan embun di kamera HP depan atau belakang, justru yang ada malah membuat ponsel menjadi lembab secara keseluruhan. Uap dari air yang mendidih mengandung kelembaban yang sangat tinggi. Sehingga jika terkena ponsel tidak hanya membuat kamera menjadi berembun namun juga seluruh komponen yang ada didalamnya. Jadi jangan pernah mencoba cara yang satu ini ya.

Tips Agar Kamera HP Tidak Mudah Berembun

Setelah menjelaskan panjang lebar tentang cara menghilangkan embun di kamera HP depan atau belakang, terakhir penulis ingin memberikan sedikit tips yang bisa kamu gunakan supaya kamera HP kamu tidak berembun lagi. Pertama, simpan HP kamu ditempat yang kering. Kedua, ketika hujan simpan HP ditempat yang aman, jika perlu belu tempat HP yang kedap air. Ketiga, usahakan untuk tidak membawa HP saat melakukan kegiatan yang berhubungan dengan air seperti mandi, memasak, renang dan sebagainya. Semoga bermanfaat.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan