Mudah! Ini Cara Menghidupkan Layar HP Tanpa Tombol Power

Menghidupkan layar HP Android tanpa tombol power akan sangat berguna ketika komponen yang berfungsi sebagai on/off ini mengalami kerusakan. Sebuah smartphone memang tidak selamanya berada pada performa terbaiknya. Jika sudah dipakai dalam jangka waktu tertentu pasti akan mengalami kerusakan di bagian tertentu. Apalagi pada kompomen yang sering di pencet seperti halnya tombol power. Padahal komponen ini fungsinya sangat penting untuk membuka dan menghidupkan layar yang terkunci.

Kerusakan pada tombol power memang sangat membuat tidak nyaman. Terlebih masalah ini akan membuat aktivitas kita terganggu. Lalu apa yang harus dilakukan agar bisa menghidupkan layar HP tanpa tombol power? Salah satu solusi yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi tombol power yang rusak adalah dengan menghidupkan layar HP dengan aplikasi Android pihak ketiga. Ini adalah cara alternatif yang paling banyak digunakan oleh para pengguna dengan masalah yang sama.

Cara Menghidupkan Layar HP Tanpa Tombol Power

Cara Membuka Layar HP Android Terkunci Dengan Aplikasi

Aplikasi yang diciptakan untuk tujuan tertentu memang sangat bermanfaat. Seperti halnya aplikasi Easy Unlock – Smart Screen On Off yang bisa membantu kamu dalam mematikan dan menghidupkan layar HP tanpa tombol power. Software Android yang satu ini bekerja dengan memanfaatkan fungsi ketukan, shake dan juga sensor proximity. Misalnya kamu ingin membuka layar HP yang mati tanpa tombol power, maka kamu bisa menggunakan sensor getar. Cara untuk menggunakannya silahkan simak penjelasan berikut ini.

Catatan: Aplikasi Easy Unlock – Smart Screen On Off ini tidak menggunakan akses Root, namun kamu hanya diminta akses Administrator suapaya software Android ini bisa aktif dan bekerja sesuai dengan fungsinya.

Download Aplikasinya

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah download dan install aplikasi Easy Unlock – Smart Screen On Off yang tersedia gratis di Playstore. Software ini cukup ringan dan ukurannya tidak terlalu besar yakni sekitar 3 Mb saja. Sudah di unduh oleh lebih dari 100.000 orang dengan nilai cukup baik yakni 4,1 rating bintang. Aplikasi ini dikembangkan oleh developer bernama Aloha Std. Jangan sampai salah download ya, aplikasi ini memiliki logo smartphone dengan gembok ditengahnya.

Berikan Akses Device Administrator

Jika sudah di download dan di install aplikasi Easy Unlock – Smart Screen On Off, silahkan buka aplikasinya. Kemudian silahkan beri akses Device Administrator dengan cara klik tombol ON pada tab atas aplikasi. Kamu akan mendapatkan pop-up notifikasi “Need Permission” yang meminta akses Device Administrator, kemudian Klik OK. Kamu akan masuk ke menu konfirmasi admin perangkat. Silahkan klik pada bagian Aktifkan aplikasi admin perangkat ini. Jika sudah, maka kamu akan kembali ke aplikasi.

Lakukan Pengaturan

Agar aplikasi ini bisa menghidupkan layar HP tanpa tombol power, maka kamu harus melakukan beberapa pengaturan. Pertama silahkan aktifkan dulu pada bagian Lock Screen. Disini ada tiga pilihan yang bisa kamu gunakan untuk mematikan layar ponsel. Yakni dengan flip the phone 2 times (balikkan ponsel 2 kali), Wave your hand over proximity sensor 1 second (mengusap tangan ke sensor proximity selama 1 detik) atau shake the phone 4 time (goyangkan ponsel sebanyak 4 kali). Silahkan pilih salah satu.

Setelan yang kedua ini berfungsi untuk menghidupkan layar HP tanpa tombol power dengan perintah tertentu. Pertama silahkan aktifkan pada bagian Unlock Screen dengan menekan tombol pink disebelah kanan. Setelah itu pilih salah satu perintah yang ingin kamu gunakan untuk membuka layar. Pilihannya sama dengan perintah untuk mematikan layar tadi. Disini kamu disarankan memilih Shake the phone 4 times yang artinya layar ponsel akan hidup setelah digoyang sebanyak 4 kali.

Baca Juga:

Disini kamu juga bisa mengatur berapa jumlah goyangan ponsel selain angka default yakni 4 kali. Kamu bisa mengubahnya sebanyak 2 kali, 3 kali, 5 kali dan seterusnya sesuai keinginanmu. Selain itu, kamu juga bisa melakukan test terlebih dahulu terhadap acelerometer sensor yang meliputi flip dan shake. Lalu test pada proximity sensor terhadap tangan kamu. Apabila ponsel kamu mendukung kedua sensor ini, maka disitu akan muncul laporan dan juga tanda centang hijau.

Selesai dan Coba

Setelah melakukan aktivasi dan pengaturan, sekarang aplikasi Easy Unlock – Smart Screen On Off ini sudah siap untuk menghidupkan layar HP tanpa tombol power. Sekarang waktunya untuk mencoba. Silahkan matikan layar dengan metode atau perintah yang sudah kamu pilih di Aplikasi tadi. Kemudian coba buka layar yang mati tersebut dengan menggoyangkan ponsel sebanyak 4 kali. TARA!!!! Layar ponsel kamu akan menyala tanpa harus menekan tombol power terlebih dahulu.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara menghidupkan layar HP tanpa tombol power dengan aplikasi pihak ketiga. Cara ini sangat berguna buat kamu yang tombol power ponselnya mulai tidak normal. Dengan trik ini kamu bisa membuka layar HP dengan bantuan aplikasi untuk mengganti tombol power dengan perintah tertentu seperti flip, shake atau proximity sensor. Untuk sementara waktu, kamu tidak perlu membawa ponsel ke tukang service untuk diperbaiki tombol power-nya.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan