6 Cara Menghemat Kuota Hotspot ke Laptop Agar Lebih Irit

Menghemat kuota hotspot saat digunakan untuk tathering ke laptop terkadang memang perlu dilakukan. Mengingat salah satu penyebab kuota jadi boros adalah digunakan untuk tathering ke PC yang pada dasarnya memiliki tampilan lebih luas sehingga memakan lebih banyak kuota untuk memuat sebuah halaman. Aktivitas browsing seperti ini memang tidak bisa dihindari ketika kita memang membutuhkan informasi. Oleh karena itu mau tidak mau kita tetap harus membuka internet untuk berselancar.

Didalam beberapa kesempatan, sebuah situs tidak bisa tampil optimal jika dibuka melalui ponsel. Akibatnya kita harus membuka situs tersebut melalui laptop supaya tampilan dan juga fungsinya bisa berjalan secara normal. Salah satu cara paling mudah untuk mendapatkan akses internet pada laptop adalah dengan menggunakan fitur tathering pada ponsel guna memberikan akses hotspot untuk laptop. Cara ini sangat praktis dan mudah kita dapatkan ketika dalam keadaan genting.

6 Cara Menghemat Kuota Hotspot ke Laptop Agar Lebih Irit

Terkadang penggunaan tathering seperti ini dapat membuat paket data internet pada ponsel menjadi cepat habis. Penyebabnya adalah ukuran layar laptop yang lebih besar serta ada banyak media yang harus dimuat seperti gambar yang lebih besar, iklan, video, serta beberapa script web yang membuat konsumsi data menjadi lebih banyak. Oleh karena itu, menjadi sebuah hal yang wajar jika banyak pengguna laptop yang berusaha menghemat kuota hotspot yang terhubung ke laptop agar tidak cepat habis.

Penyebab Sulitnya Menghemat Kuota Hotspot atau Tathering Yang Terhubung ke Laptop

Selain halaman web yang dibuka dari laptop berukuran besar, ada beberapa faktor lain yang dapat membuat konsumsi data menjadi lebih banyak sehingga menyebabkan kamu sulit menghemat kuota hotspot. Biasanya seorang pengguna terlebih bagi mereka yang masih awam, tidak sadar dengan berbagai perangkat lunak didalam laptop yang juga memerlukan koneksi internet pada latar belakang. Keberadaannya sulit terdeteksi jika tidak menggunakan tools tertentu. Buat kamu yang belum tahu, berikut ini adalah beberapa hal yang dapat membuat boros kuota hotspot atau tathering pada laptop.

  1. Sistem operasi seperti Windows yang melakukan update otomatis.
  2. Antivirus yang memperbaharui database secara otomatis dilatar belakang.
  3. Software tertentu yang melakukan pembaruan sistem secara otomatis.
  4. Ukuran gambar yang dimuat dalam sebuah halaman ukurannya jauh lebih besar.
  5. Iklan website yang muncul pada tampilan halaman laptop lebih beragam.
  6. Konten video didalam web yang terkadang memutar secara otomatis pada tampilan laptop.

Cara Menghemat Kuota Hotspot atau Tathering Dari Ponsel Ke Laptop

Meski terlihat begitu banyak memakan paket data, namun menghemat kuota hotspot atau tathering di laptop bukanlah hal yang tidak mungkin. Setiap perangkat lunak yang terpasang pada laptop memiliki sistem pengaturan yang bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan termasuk berbagai hal yang berkaitan dengan koneksi internet. Jadi kamu bisa melakukan sedikit pengaturan tertentu untuk mencegah software yang tidak diperlukan terhubung ke internet. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa bikin kuota hotspot kamu jadi lebih hemat.

Matikan Update Otomatis Pada Windows

Salah satu penyebab banyaknya konsumsi paket data tathering adalah update windows yang biasanya berjalan secara otomatis. File update sistem operasi seperti halnya windows rata-rata berukuran besar sehingga untuk mengunduhnya perlu kuota yang besar pula. Maka dari itu, agar bisa menghemat kuota hotspot jadi lebih irit saat terhubung ke laptop, kamu bisa mengubah pengaturan windows update dari otomatis ke manual. Artinya, kamu bisa update windows dengan menggunakan koneksi hotspot diluar tatherirng ponsel.

Atur Update Antivirus Ke Manual

Selain update otomatis yang dilakukan oleh windows, update otomatis pada antivirus juga bisa jadi penyebab kenapa paket datamu cepat habis ketika digunakan untuk tathering ke laptop. Semua antivirus lebih sering membutuhkan pembaharuan database agar bisa mendeteksi malware baru. Biasanya update ini dilakukan secara otomatis dilatar belakang yang tidak terdeteksi oleh pengguna. Terkadang pembaharuan database antivirus memerlukan kuota dalam jumlah besar. Untuk menghemat kuota hotspot, sebaiknya atur update antivirus ke mode manual.

Aktifkan Fitur Metered Connection

Ini adalah salah satu fitur terbaru dari windows yang diberikan oleh microsoft kepada para penggunanya untuk menghemat kuota hotspot. Fitur ini berfungsi untuk membuat koneksi internet hanya digunakan oleh akses utama serta menutup koneksi pada akses lain yang tidak penting seperti windows update, koneksi aplikasi lain, update antivirus dan lain-lain. Jadi koneksi internetnya hanya fokus pada browser yang kamu gunakan. Cara untuk mengaktifkan fitur ini cukup mudah.

Pertama-tama klik “Start” lalu buka “Settings“. Pilih submenu “Network & Internet” kemudian klik pada bagian “Wifi” yang dibaris nomor dua. Kemudian cari bagian “Manage known network“, jika ketemu sudah silahkan di klik. Maka disitu kamu akan disuguhkan oleh daftar beberapa hotspot yang pernah terhubung. Lalu “cari nama hotspot ponselmu“, jika sudah “klik dan pilih properties“. Pada bagian “Set as metered connection“, ubah pengaturan yang sebelumnya OFF menjadi “ON“.

Membuat Batasan Penggunaan Data

Cara selanjutnya untuk menghemat kuota hotspot adalah dengan membatasi penggunaan data. Kamu bisa membatasi penggunaan data pada ponsel dengan bantuan aplikasi pihak ketiga yang bisa kamu unduh secara gratis di Play Store. Beberapa aplikasi seperti Data Usage Monitor, Internet Speed Meter, My Data Manager, Data Usage dan sebagainya bisa membantumu dalam mengontrol penggunaan data ponsel termasuk akses internet yang keluar melalui tathering.

Baca Juga:

Mengurangi Pemuatan Gambar Pada Browser

Pemuatan gambar adalah salah satu hal yang dapat membuat paket data menjadi cepat habis saat digunakan untuk browsing di laptop. Tampilan laptop yang berukuran besar membuat gambar yang dimuat ukurannya jadi besar pula. Oleh karena itu, jika kamu tidak membutuhkan informasi yang berkaitan dengan gambar, sebaiknya matikan saja fungsi pemuatan gambar pada browser untuk menghemat kuota hotspot. Caranya adalah sebagai berikut.

Pengaturan Untuk Google Chrome: Silahkan buka “Setelan” (Settings), lalu klik pada bagian “Tampilkan setelan lanjutan“. Kemudian masuk pada “Privasi dan keamanan“, lalu klik “Setelan situs“. Pilih submenu “Gambar” lalu ubah pengaturan dari Tampilkan semua ke Jangan tampilkan gambar apapun.

Pengaturan untuk Mozilla Firefox: Langkah pertama silahkan ketikkan “about:config” tanpa tanda kutip di bar address. Kemudian ketikkan lagi “permissions.default.image” tanpa tanda kutip. Lalu Ganti value 1 menjadi 2 dengan cara modify.

Memblokir Iklan Pada Browser

Cara untuk menghemat kuota hotspot selanjutnya adalah dengan memblokir iklan yang tampil pada browser. Iklan adalah salah satu konten yang membuat paket data menjadi boros karena rata-rata berbentuk gambar, animasi bahkan video. Maka dari itu kamu perlu melakukan pembatasan konten iklan yang tampil atau bahkan tidak menampilkannya sama sekali. Untuk memblokir iklan, kamu bisa pasang penggaya tambahan seperti Adblock Plus atau sejenisnya pada browser.

Penutup

Memang dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi berbagai macam aktivitas menjadi lebih mudah. Seperti halnya memanfaatkan ponsel untuk memberi akses internet pada laptop. Namun kecanggihan tersebut akan lebih menguntungkan bagi kamu jika bisa lebih menghemat kuota hotspot yang terhubung ke laptop. Hal ini disebabkan oleh koneksi internet pada ponsel yang terbatasi oleh kuota paket data. Jadi agar tidak cepat habis, kamu bisa terapkan beberapa cara diatas.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan