Cobalah! 12 Tips Menghemat Baterai HP Saat Perjalanan Jauh

Menghemat baterai HP Saat perjalanan jauh akan menjadi sangat penting bagi beberapa orang seperti pemudik dan traveller. Meminimalisir penggunaan baterai ponsel memang perlu dilakukan ketika kamu sedang bepergian jauh mengingat sulitnya mencari sumber listrik. Kalaupun bisa mendapatkan sumber energi listrik, maka kamu harus berhenti dulu di suatu tempat yang akan membuat perjalananmu menjadi tambah lama.

Baterai memang menjadi sebuah elemen penting pada ponsel karena menjadi satu-satunya sumber daya listrik agar tetap dapat hidup. Karena memiliki keterbatasan, maka menghemat baterai HP Saat perjalanan jauh dapat membuat masa hidup ponsel jadi lebih lama. Umumnya, baterai ponsel yang digunakan secara normal dapat bertahan hingga 8 Jam bahkan lebih. Tergantung dari kemampuan dan kapasitas baterai dalam menyimpan sumber energi listrik itu sendiri.

Cobalah! 12 Tips Menghemat Baterai HP Saat Perjalanan Jauh

Bagi seorang traveller, keberadaan sebuah ponsel memang sangat dibutuhkan sebagai salah satu alat komunikasi. Yang namanya bepergian jauh, kita tidak akan pernah tahu hal-hal yang bisa saja terjadi selama perjalanan berlangsung. Alat komunikasi menjadi sangat penting untuk menghubungi teman, keluarga atau biro jasa jika sewaktu-waktu kamu membutuhkannya. Inilah salah satu alasan kuat kenapa kamu harus menghemat baterai HP Saat perjalanan jauh.

Cara Menghemat Baterai Saat Bepergian atau Menempuh Perjalanan Jauh

Cepat habis atau tidaknya sebuah baterai ponsel tergantung dari bagaimana cara menggunakannya. Semakin sering digunakan dan semakin berat beban yang dijalankan maka akan semakin cepat baterai habis. Sebaliknya jika kamu meminimalisir penggunaan dan beban, maka kamu dapat membuat daya baterai ponsel tahan lama. Berikut ini telah kami rangkum beberapa hal yang dapat kamu coba untuk menghemat baterai ponsel ketika bepergian jauh.

Mode Penerbangan Ketika Tidak Dipakai

Salah satu hal yang membuat sangat boros baterai ketika bepergian adalah sinyal. Kondisi geografis setiap daerah yang dilewati. Nah pada saat melewati perbukitan atau pegunungan, kekuatan sinyal ponsel akan jadi tidak stabil sehingga ponsel terus berusaha mencari agar mendapatkan sinyal. Jika kondisi ini berlangsung terus menerus maka baterai ponsel cepat habis. Maka dari itu, sebaiknya kamu aktifkan mode penerbangan ketika tidak dipakai untuk menghemat baterai HP Saat perjalanan jauh.

Jangan Pakai Aplikasi Penghemat Baterai

Cara selanjutnya yang bisa kamu terapkan untuk menghemat baterai HP Saat perjalanan jauh adalah dengan menghapus aplikasi penghemat baterai. Tahukah kamu bahwa aplikasi seperti ini ternyata berat dan malah banyak bekerja di latar belakang sehingga konsumsi baterainya besar. Alih-alih menghemat baterai, kamu malah kehabisan energi sangat banyak. Sebaiknya, jangan pernah install aplikasi penghemat baterai atau sejenisnya pada ponsel-mu.

Gunakan Walpaper Gelap Non-Animasi

Wallpaper berwarna gelap juga bisa menghemat baterai HP Saat perjalanan jauh. Hal ini bisa terjadi karena warna gelap membuat layar ponsel menjadi lebih redup sehingga baterai yang dibutuhkan untuk menghidupkannya tidak terlalu besar. Selain itu, jangan sekali-kali malah memakai wallpaper animasi. Tidak hanya memakan banyak daya, wallpaper animasi juga memakai sebagian ruang RAM yang membuat ponsel bekerja jadi lebih berat.

Kurangi Kecerahan Layar

Selanjutnya, kecerahan layar juga sangat berpengaruh terhadap penggunaan baterai. Semakin tinggi tingkat kecerahan layar maka akan semakin besar pula penggunaan baterainya. Maka dari itu, jika kamu ingin baterai ponsel tidak cepat habis saat bepergian, sebaiknya kurangi atau atur kecerahan layar menjadi lebih rendah. Kami sarankan untuk menurunkan kecerahan hingga 20% hingga 25% saja. Semakin kecil angka kecerahan maka akan semakin sedikit pula konsumsi baterai yang diperlukan.

Kurangi Waktu Time Out Layar

Kali ini masih berhubungan dengan layar ponsel. Jika tadi yang dibahas adalah mengurangi kecerahan, sekarang kamu disarankan untuk memperpendek waktu time out layar. Maksudnya adalah mempercepat layar ponsel mati (Stand by) ketika sudah tidak digunakan. Waktu time out layar yang paling baik untuk menghemat baterai HP Saat perjalanan jauh adalah 15 detik. Jadi ketika kamu lupa menekan tombol stand by, maka layar akan otomatis mati dalam waktu 15 detik saja.

Pakai GPS Seperlunya Saja

Ketika bepergian jauh, kita tidak akan pernah terlepas dengan yang namanya GPS. Apalagi kita memakai kendaraan pribadi seperti motor atau mobil sendiri. Ketika berada di tempat yang belum kita ketahui, satu-satunya penolong adalah peta GPS. Namun terkadang penggunaan GPS memakan banyak energi karena ponsel bekerja lebih berat. Nah, agar bisa meminimalisir daya baterai baterai pada ponsel, sebaiknya gunakan GPS seperlunya saja.

Putar Musik Secara Offline

Musik juga bisa jadi salah satu hiburan yang dapat membuat perjalanan jauh lebih menyenangkan. Dengan mendengarkan musik, kamu dapat merasa rileks serta menghilangkan penat. Ada dua cara yang bisa digunakan untuk memutar musik, yaitu secara offline ataupun online (streaming). Namun jika kamu ingin menghemat baterai HP Saat perjalanan jauh, sebaiknya jangan putar musik online. Siapkan musik offline di memori ponsel agar bisa menikmati musik tanpa khawatir kehabisan baterai.

Aktifkan Silent Mode

Meski kadang diremehkan, namun faktanya mengaktifkan silent mode saat bepergian dapat membuat baterai ponsel tidak cepat habis secara signifikan. Nada dering dan getar ponsel yang aktif saat menerima notifikasi masuk cukup memakan banyak daya baterai jika terjadi terus berulang. Maka dari itu, sebaiknya aktifkan silent mode ini ketika sedang bepergian. Selain hemat baterai, ini juga membuatmu selamat selama perjalanan.

Matikan Paket Data Ketika Tidak Dibutuhkan

Mematikan paket data ketika tidak diperlukan adalah salah satu cara untuk menghemat baterai HP Saat perjalanan jauh. Sambungan internet yang berjalan secara berkelanjutan juga memakan banyak daya baterai. Biasanya kita butuh koneksi internet untuk komunikasi. Nah ketika tidak membutuhkannya saat bepergian, sebaiknya kamu matikan terlebih dahulu agar baterai tidak cepat habis.

Baca Juga:

Tutup Semua Aplikasi Setelah Dipakai

Untuk menghemat baterai HP Saat perjalanan jauh selanjutnya, pastikan kamu selalu menutup semua aplikasi setelah dipakai. Hal ini berguna untuk mengantisipasi adanya aplikasi yang berjalan di latar belakang sehingga memakan banyak daya tanpa kamu sadari. Maka dari itu, selalu bersihkan aplikasi dari task manager dan pastikan semunya sudah tertutup saat ponsel ke mode stand by.

Taruh Ponsel Ditempat Sejuk

Cara menaruh ponsel juga berpengaruh terhadap daya baterai. Usahakan untuk menyimpan ponsel ditempat yang sejuk seperti didalam tas atau saku. Jangan menaruh ponsel di tempat yang suhunya tinggi seperti dibawah jok motor atau didalam dasbor mobil. Suhu yang panas dapat mempengaruhi kinerja ponsel serta memakan daya lebih besar. Lebih bahaya lagi jika overheat yang bisa menimbulkan ledakan atau kebakaran.

Charge Menggunakan Powerbank

Cara terakhir yang bisa mendukung kamu dalam menghemat baterai HP Saat perjalanan jauh adalah membawa powerbank. Hal ini berlaku buat kamu yang punya aksesoris gadget tersebut saja. Dengan bantuan powerbank, kamu dapat menambah daya ponsel sewaktu-waktu ketika habis ditengah jalan tanpa harus repot cari sumber listrik. Semakin besar kapasitas powerbank yang kamu miliki akan semakin baik.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara menghemat baterai HP Saat perjalanan jauh. Dengan meminimalisir berbagai hal yang dapat menghabiskan baterai dengan cepat, maka masa hidup ponselmu akan lebih panjang saat bepergian jauh. 12 tips diatas akan sangat bermanfaat buat kamu supaya alat komunikasi yang kamu gunakan tetap berfungsi ketika sewaktu-waktu dibutuhkan. Namun ketika kami menempuh perjalanan jauh, kami sarankan untuk selalu bawa charger atau powerbank sebagai salah satu antisipasi ketika baterai HP habis.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan