Cara Menghapus Kata Sandi Tersimpan di Chrome HP Android

Kata sandi atau password yang kita gunakan untuk masuk ke sebuah situs dari HP Android umumnya bisa disimpan di browser. Salah satu browser HP Android yang bisa menyimpan password adalah Chrome. Sistem ini bisa berjalan otomatis sehingga ketika pengguna memasukkan kata sandi di sebuah situs maka Chrome akan langsung mengingatnya. Meski begitu, pengguna tetap bisa menghapus kata sandi yang tersimpan di Chrome tersebut agar privasi tetap terjaga dengan baik.

Sistem keamanan pada ponsel memang sangat rentan terhadap kejahatan. Bahkan seorang peretas bisa mengetahui password yang pernah kita gunakan dengan cara tertentu tanpa pernah kamu ketahui. Maka dari itu, sebisa mungkin semua data pribadi harus dijaga. Apalagi jika kamu sering membuka website yang bersifat penting seperti internet banking, marketplace, pembayaran digital, sosial media dan sejenisnya. Maka kamu juga harus lebih sering menghapus kata sandi yang tersimpan supaya tidak bisa dilacak orang lain.

Cara Menghapus Kata Sandi Tersimpan di Chrome HP Android

Manfaat Menghapus Password atau Kata Sandi Yang Tersimpan di Chrome HP Android

Buat kamu yang sering mengakses situs penting, alangkah lebih baik jika tidak meninggalkan jejak terlebih berupa password atau kata sandi yang bisa diketahui orang lain. Ini dilakukan guna menghindari berbagai kemungkinan buruk yang tidak diinginkan. Terlebih jika password penting tersebut disimpan pada browser Chrome HP Android. Berikut ini adalah manfaat yang bisa kamu peroleh jika menghapus kata sandi yang tersimpan secara rutin.

1. Privasi Lebih Terjaga

Manfaat pertama yang akan kamu peroleh jika rajin menghapus kata sandi yang tersimpan di Chrome adalah privasi yang selalu terjaga. Apalagi jika HP Android milikmu sering dipinjam orang lain entah itu teman, saudara, atau sahabat. Maka berbagai informasi yang bersifat pribadi seperti akun situs penting harus kamu jaga.

2. Terhindar Dari Kejahatan Digital

Manfaat yang kedua menghapus kata sandi yang tersimpan di Chrome adalah terhindar dari kejahatan digital. Terlebih data pribadi tersebut disimpan di HP Android yang selalu terhubung ke internet. Celah pada browser bisa dimanfaatkan oleh peretas dalam mencuri data pribadi seperti akun situs penting termasuk username dan juga password yang diingat oleh browser.

3. Tidak Disalahgunakan Orang Lain

Hal yang paling merugikan dalam hidupmu adalah ketika akun pentingmu diakses orang lain. Penyalah gunaan akun seperti ini umumnya disebabkan oleh data username dan password yang tersimpan di HP Android sehingga dengan mudah di akses orang lain. Dengan menghapus kata sandi yang tersimpan di Chrome, maka kamu dapat terhindar dari resiko penyalahgunaan aku. Terlebih jika akun tersebut berkaitan dengan uang digital.

Cara menghapus Kata sandi Yang Tersimpan di Chrome HP Android

Agar kamu merasa lebih aman, maka selalu perhatikan setiap akun yang disimpan pada browser HP Android milikmu. Apalagi jika kamu lebih sering menggunakan browser Chrome yang bisa mengingat username dan password yang kamu akses di sebuah situs secara otomatis. Kamu harus rajin membersihkan data pribadi agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Lalu bagaimana cara menghapus kata sandi yang tersimpan di Chrome? Berikut ini penjelasannya.

1. Menghapus Semua Kata Sandi Yang Disimpan Chrome

Pertama kita akan menghapus kata sandi yang tersimpan secara keseluruhan. Artinya, semua password yang pernah kamu gunakan dan tersimpan di Chrome akan terhapus permanen. Caranya adalah, pertama silahkan kamu buka Chrome kemudian klik titik tiga di pojok kanan lalu pilih Histori. Setelah itu pilih hapus histori penjelajahan yang ada dibagian atas. Pilih tab Lanjutan, kemudian centang pada bagian Sandi disimpan. Lalu klik Hapus data. Maka semua kata sandi yang tersimpan akan terhapus.

2. Menghapus Password Sebuah Situs Yang Tersimpan Di Chrome

Disini kita akan menghapus kata sandi yang tersimpan di Chrome namun hanya untuk situs tertentu yang kamu kehendaki saja. Jadi tidak semua password yang terhapus, hanya salah satu saja. Caranya adalah silahkan buka Chrome. Lalu buka setelan. Kemudian pilih sub-menu Sandi. Disitu akan muncul daftar berbagai username dan password yang pernah kamu gunakan untuk mengakses sebuah situs. Nah, pilih salah satu yang ingin kamu hapus dengan cara di klik, kemudian tekan ikon tempat sampah yang ada di bar atas

Baca Juga:

3. Menghapus Password Facebook atau Instagram Yang Tersimpan di HP Android

Jika kamu pernah membuka Facebook atau Instagram di Chrome, maka kamu juga bisa menghapus kata sandi yang tersimpan tersebut. Caranya cukup mudah. Hampir mirip seperti penjelasan pada paragraf diatas. Silahkan buka setelan kemudian pilih Sandi. Disitu akan muncul daftar situs menyimpan password. Pilihlah Facebook atau Instagram, lalu tekan ikon tempat sampah yang ada di bar atas. Maka password Facebook atau Instagram akan terhapus.

4. Cara Agar Kata Sandi Tidak Tersimpan Otomatis di Chrome

Tutorial yang terakhir bukan untuk menghapus kata sandi yang tersimpan, namun berguna agar setiap akun yang kamu gunakan untuk masuk suatu situs tidak disimpan otomatis oleh Chrome HP Android. Caranya adalah dengan mematikan pengaturannya. Pertama silahkan buka Chrome. Lalu klik titik tiga di pojok kanan. Setelah itu buka bagian Setelan. Pilih sub-menu Sandi. Lihat pada bagian Simpan sandi, silahkan ubah statusnya dari aktif menjadi non-aktif.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara menghapus kata sandi yang tersimpan di Chrome HP Android. Meski menyimpan password pada ponsel sangat memudahkan kamu ketik kembali mengunjungi situs agar tidak perlu login kembali, namun cara ini cukup beresiko terkena kejahatan digital. Karena data akun tersebut bisa saja dicuri dan di akses oleh orang lain. Maka dari itu kamu terkadang perlu menghapusnya supaya keamanan tetap terjaga.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan