Cara Mudah Mengganti Default Browser HP Android Ke Chrome

Browser adalah salah satu aplikasi penting didalam smartphone yang berfungsi sebagai alat untuk berselancar di internet. Tanpa adanya browser, pengguna ponsel tidak bisa terhubung ke situs-situs yang ingin di aksesnya. Salah satu browser terbaik untuk Android dan sistem operasi seperti iOS, Windows bahkan Mac adalah Chrome. Tak heran jika banyak pengguna smartphone mengganti default browser atau browser utama mereka ke Chrome.

Beberapa ponsel Android terutama yang masih versi lama, browser utamanya adalah bawaan dari sistem operasi. Browser ini memiliki banyak keterbatasan dan kekurangan yang pada akhirnya, Google sebagai pengembang Android mengganti default browser lama ini ke Chrome yang juga merupakan produk mereka sendiri. Perubahan ini dilakukan mulai dari Android versi Nougat, Oreo hingga Pie. Kemungkinan Google akan terus menggunakan Chrome sebagai browser utama untuk Android.

Cara Mudah Mengganti Default Browser HP Android Ke Chrome

Chrome sendiri merupakan salah satu browser khususnya HP Android yang paling banyak digunakan ketika mulai pertama kali diluncurkan. Buktinya hingga saat ini browser Chrome sudah di download lebih dari 5 milyar pengguna Android serta mendapat rating 4,4 dari 19 juta ulasan. Hal ini cukup membuktikan bahwa Chrome memiliki reputasi yang sangat baik untuk aplikasi perambaan. Maka dari itu mengganti default browser smartphone ke Chrome adalah langkah tepat.

Keunggulan Menjadikan Chrome Sebagai Default Browser

Dengan ulasan serta penilaian yang positif dari jutaan pengguna, seharusnya Chrome memberikan banyak keunggulan jika seorang pengguna Android mengubah default browser ponselnya ke perambaan berlogo bulat ini. Lalu apa saja sebenarnya keunggulan menjadikan Chrome sebagai aplikasi perambaan utama pada HP Android? Berikut ini sedikit penjelasannya.

Keamanan Terjamin

Hal pertama yang perlu kamu pertimbangkan ketika memilih aplikasi browser adalah sistem keamanannya. Dunia maya memiliki sisi hitam yang tidak pernah kita ketahui. Banyak pencurian data pribadi terjadi di internet. Disini Chrome sangat memperhatikan keamanan dari pengguna dengan berbagai security system yang dimilikinya. Keamanan yang terjamin dari Google inilah yang harusnya jadi alasan utama buat kamu mengganti default browser HP Android ke Chrome.

User Interface Sederhana

Selain memiliki sistem keamanan yang di klaim bisa menjaga penggunanya dari kejahatan dunia maya, Chrome juga memiliki user interface yang sangat sederhana sehingga memudahkan siapa saja yang menggunakan. Seperti fungsi utamanya sebagai peramba dunia maya, Chrome membuat tampilannya sangat sesuai dan ringkas. Jadi, mengubah default browser ke chrome dapat memudahkanmu dalam berselancar.

Lebih Ringan

Keunggulan lain yang bisa kamu dapatkan dengan mengubah default browser ke Chrome adalah lebih ringan dibanding browser lain. Chrome juga tidak membutuhkan banyak resource sehingga lebih memakan sedikit RAM. Karena itulah aplikasi yang dikembangkan oleh Google ini diklaim lebih ringan ketika digunakan. Karena dianggap ringan, maka google Chrome sangat cocok digunakan untuk HP Android low end dengan spesifikasi yang sederhana.

Langsung Terhubung Ke Google

Keunggulan selanjutnya dari Chrome adalah langsung terhubung ke “empunya” mesin pencari yaitu Google. Seperti yang kita ketahui bahwa Google adalah satu-satunya mesin pencari dengan pengguna paling banyak di dunia. Karena address bar yang sudah terhubung ke mesin pencari Google, maka pengguna hanya perlu mengetikkan kata kunci di address bar maka google akan langsung mencarikannya. Cara ini lebih mudah daripada browser lain yang harus membuka google terlebih dahulu.

Ada Fitur Penyamaran

Terakhir ada hal menarik yang bisa kamu dapatkan dari Chrome versi Android yaitu fitur penyamaran. Chrome menyediakan tap yang membuat penggunanya “menyamar” karena beberapa akses yang tidak dicatat ke cache seperti cookies dan data situs, histori penjelajahan dan informasi yang dimasukkan pada formulir. Artinya, dengan menggunakan fitur ini kamu dapat merahasiakan apa saja yang kamu akses di internet.

Cara Mengubah Default Browser HP Android Ke Chrome

Bagi kamu yang default browser pada HP Android-nya bukan Chrome, bisa dengan mudah mengubah dan mengembalikannya untuk menjadi browser utama lagi. Memang terkadang default browser bisa berubah dengan sendirinya karena beberapa sebab seperti tidak sengaja mengubah setting atau memasang aplikasi browser baru dari Play Store. Jadi berikut ini adalah cara untuk mengubah default browser HP Android ke Chrome.

Pastikan Chrome Sudah Terinstall

Hal yang pertama kamu siapkan sebelum mengubah default browser HP Android ke Chrome adalah memastikan ponselmu sudah terpasang aplikasi Chrome. Jika belum ada atau tidak sengaja terhapus, kamu bisa memasangnya kembali dengan mendownloadnya di Play Store. Ketik saja kata kunci “Chrome” tanpa tanda kutip dipencarian. Maka browser Chrome akan muncul sehingga bisa kamu download dan pasang.

Baca Juga:

Mengubah Chrome Jadi Default Browser

Langkah kedua adalah inti dari pembahasan ini yaitu mengubah default broweser HP Android ke Chrome itu sendiri. Pertama, silahkan kamu buka menu “Setelan” yang ada pada HP Android kamu. Lalu pilih menu “Aplikasi & Notifikasi” pada sub menu Setelan. Setelah masuk Aplikasi & Notifikasi, scroll ke bagian paling bawah dan tab “Lanjutan“. Kemudian tap pada menu “Aplikasi default“. Tap lagi pada “Aplikasi browser“, lalu pilih “Chrome“.

Selain cara yang sudah dijelaskan diatas kamu juga bisa memakai cara pintas namun cara ini hanya bisa digunakan pada versi Android tertentu. Caranya, pada menu utama “tap dan tahan Chrome selama beberapa detik“, lalu klik “Ikon informasi“. Lalu tab pada menu “Lanjutan” dibagian bawah. Kemudian klik “Aplikasi Browser” maka kamu akan masuk pada menu “Aplikasi default browser”. Lalu pilih saja “Chrome“.

Selamat sekarang aplikasi browser default kamu sudah berubah ke Chrome. Jadi sekarang ketika kamu membuka link atau tautan apapun yang ada di ponselmu secara otomatis akan mengarah ke Chrome sebagai browser utama. Jadi kamu tidak perlu copy-paste link kemudian membukanya secara manual melalui browser Chrome.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengubah default browser HP Android ke Chrome. Dengan menggunakan Chrome sebagai aplikasi perambaan utama di smartphone, maka kamu akan mendapatkan banyak keuntungan juga seperti halnya yang sudah dibahas pada sub bab kedua diatas. Cara diatas dapat kamu gunakan untuk mengembalikan Chrome sebagai default browser karena terkadang browser utama bisa berganti sendiri secara tidak sengaja.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan