Inilah 5 Cara Mengatasi Touchpad Laptop Yang Tidak Berfungsi

Touchpad laptop memang memudahkan para pengguna dalam menggerakkan kursor tanpa harus memakai mouse seperti halnya pada komputer. Secara fungsi tidak ada bedanya, namun touchpad memiliki mobilitas lebih baik sehingga pengguna tidak perlu membawa mouse kemana-mana. Rata-rata pengguna laptop lebih nyaman memakai touchpad ketimbang mouse, kecuali dalam melakukan aktivitas tertentu. Karena menjadi bagian penting maka keberadaan touchpad tidak bisa dipisahkan. Lalu bagaimana jika touchpad laptop tidak berfungsi?

Ketika touchpad laptop bermasalah, maka pengguna akan kesulitan dalam menggerakkan kursor sehingga membuat pekerjaan jadi terhambat. Touchpad laptop yang tidak berfungsi bisa dialami oleh siapa saja termasuk segala merk entah itu Lenovo, Dell, Acer, Toshiba, Hawlett-Packard (HP), Asus, Ben-Q dan sebagainya. Maka dari itu, banyak pengguna laptop yang bingung ketika mengalami kerusakan pada touchpad.

Inilah Cara Mengatasi Touchpad Laptop Yang Tidak Berfungsi

Biasanya masalah touchpad laptop yang tidak berfungsi diakibatkan oleh perbaikan, install ulang atau juga karena virus yang menyerang sistem operasi. Meski begitu, masalah seperti ini tetap bisa diatasi dan diperbaiki sendiri. Malahan, masalah ini terkadang timbul karena hal-hal sepele seperti pengaturan pada device yang tidak sengaja berubah atau pengguna salah menekan tombol pintasan pada keyboard.

Penyebab Touchpad Laptop Rusak dan Tidak Berfungsi

Setiap masalah pada laptop pasti bisa terjadi karena ada penyebabnya. Begitu juga dengan touchpad laptop yang tidak berfungsi yang disebabkan oleh beberapa faktor yang mungkin kamu sendiri juga tidak tahu. Yang pasti, penyebab tersebut tidak hanya satu atau dua, namun ada banyak faktor yang mempengaruhinya sehingga menyebabkan error. Agar kamu lebih mudah dalam melakukan perbaikan, sebaiknya ketahui beberapa penyebab rusaknya touchpad berikut ini.

  1. Ada kerusakan pada hardware itu sendiri.
  2. Pengaturan touchpad berubah ke disable secara tidak sengaja.
  3. Penguna secara tidak sadar memencet tombol pintasan tertentu.
  4. Driver touchpad yang belum di install.
  5. Memasang driver touchpad yang tidak cocok.
  6. Driver touchpad yang sudah usang atau kadaluarsa.
  7. Sistem operasi terkena virus tertentu.

Cara Mengatasi Touchpad Laptop Yang Tidak Berfungsi

Buat kamu yang saat ini sedang mengalami masalah pada touchpad, jangan panik terlebih dahulu. Karena belum tentu hardware pada laptop kamu yang mengalami kerusakan sehingga harus diganti. Tapi bisa saja karena beberapa hal lain yang dapat kami perbaiki sendiri. Maka dari itu, jangan terburu-buru dalam mendiagnosa. Lebih baik, lakukan beberapa cara mengatasi touchpad laptop yang tidak berfungsi sama sekali seperti berikut ini.

Pastikan Pengaturan Touchpad Sudah Enable

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi touchpad laptop yang tidak berfungsi adalah dengan memeriksa pengaturan di control panel apakah sudah aktif atau belum. Setelan aktif biasanya ditandai dengan tulisan Enable. Terkadang pengguna tidak sengaja mengubah pengaturan tersebut baik melalui control panel atau menkan tombol pintasan.

Caranya mengaktifkannya adalah dengan masuk ke settings, kemudian pilih device, lalau masuk ke bagian touchpad. Atau kamu juga bisa klik start lalu memasukkan kata kunci “touchpad” tanpa tanda kutip pada kolom pencarian. Kemudian ubah status dari off menjadi on. Atau jika tertulis disabled, ubahlah menjadi enabled. Dengan begini, pengaturan touchpad pada laptop kamu sudah aktif.

Install Driver Touchpad Yang Sesuai

Langkah yang kedua adalah dengan melakukan pemasangan atau install driver touchpad yang sesuai. Agar masalah touchpad laptop yang tidak berfungsi bisa terselesaikan, silahkan install driver bawaan laptop. Biasanya driver ini ada pada sebuah CD bawaan. Jika tidak ada atau hilang, kamu bisa download driver yang sesuai di website resmi merk laptopmu. Umumnya, website resmi menyediakan berbagai macam driver sesuai dengan tiper produk laptop mereka yang bisa di download secara gratis.

Perbarui atau Update Driver Touchpad

Karena driver yang sudah usang sangat mungkin menyebabkan touchpad laptop yang tidak berfungsi, maka langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk memperbaikinya adalah dengan melakujan update atau pembaruan. Pembaruan driver akan membuat ketidaksempurnaan software yang sebelumnya menjadi lebih baik secara kinerja. Jadi silahkan cek update serta unduh driver touchpad yang baru.

Cara untuk update driver touchpad ini cukup mudah. Pertama silahkan buka device manager dengan cara klik start kemudian ketik kata kunci “device manager” tanpa kutip. Lalu cari touchpad pada bagian mice and other pinting device. Selanjutnya klik kanan pada touchpad kemudian pilih Update Driver Software. Agar driver di download secara otomatis oleh windows, silahkan klik Search Automatically for Updated Driver Software.

Bawa Ke Service Center Terdekat

Langkah terakhir ini juga sekaligus menjadi pilihan terakhir jika poin-poin diatas gagal kamu lakukan untuk mengatasi touchpad laptop yang tidak berfungsi. Karena jika masalah software sudah diperbaiki namun tetap tidak berfungsi, maka kemungkinan besar ada masalah pada bagian hardware. Jika sudah begini akan sulit diperbaiki sendiri mengingat resikonya besar karena harus membongkar laptop. Jadi sebaiknya bawa ke service center terdekat guna menghindari kerusakan lebih parah lagi.

Baca Juga:

Cara Memperbaiki Touchpad Yang Tidak Bisa Klik 2 Kali (Double Klik)

Selain masalah touchpad laptop yang tidak berfungsi ada juga masalah lain yaitu tidak bisa digunakan untuk double klik atau klik 2 kali. Ketika masalah ini terjadi, maka pengguna akan kesulitan dalam beberapa hal seperti membuka folder dan sejenisnya. Yang pasti, masalah ini bisa terjadi karena adalah setelan fungsi double klik atau klik 2 kali yang belum diaktifkan. Berikut ini adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya.

Langkah pertama silahkan klik start kemudian buka control panel. Kemudian pilih hardware and sound. Setelah itu kamu akan mendapati beberapa pilihan, buka saja bagian mouse. Selanjutnya pilih device setting, lalu pilih menu setting. Disitu akan muncul tampilan setelan tapping. Lalu silahkan beri tanda centang pada bagian Enable Tapping. Dengan begini masalah touchpad laptop yang tidak bisa klik 2 kali atau double klik sudah teratasi.

Penutup

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki masalah touchpad laptop yang tidak berfungsi ataupun masalah touchpad yang tidak bisa klik 2 kali. Meski pada dasarnya kamu bisa menggunakan mouse eksternal untuk menggerakkan kursor, namun jika salah satu fungsi laptop ada yang tidak normal, maka rasa didalam hati pasti tidak tenang. Selain itu, dengan touchpad yang berfungsi normal, mobilitas laptop menjadi lebih baik karena tidak memerlukan perangkat tambahan agar bisa dipakai.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan