Cara Mengatasi Printer Tidak Terdeteksi di Windows 10

Dijaman yang serba canggih seperti sekarang ini, siapa sih yang tidak tahu dengan yang namanya printer. Alat cetak yang bisa dihubungkan pada laptop dan komputer ini dimiliki oleh banyak orang dengan berbagai macam kebutuhan. Printer sendiri bisa beroperasi di berbagai sistem operasi salah satunya adalah Windows 10. Namun ternyata banyak pengguna yang mengeluhkan masalah printer tidak terdeteksi di Windows 10.

Pada Windows 10 sendiri memang sering terjadi kendala ketika pengguna menambahkan device baru. Salah satunya adalah printer yang kadang tidak bisa terdeteksi. Kendala seperti ini memang terkadang cukup menyebalkan apalagi jika pada saat itu kita butuh printer untuk mencetak dokumen. Karena printer tidak terdeteksi atau tidak terbaca oleh sistem, akhirnya pekerjaanpun jadi terhambat.

Penyebab dan Cara Mengatasi Printer Tidak Terdeteksi di Windows 10

Menggunakan printer itu sendiri adalah perkara mudah karena bisa langsung terhubung dengan berbagai macam aplikasi pengolah kata seperti microsoft word, microsoft excel atau dokumen viewer seperti adobe reader dan sebagainya. Namun dengan satu syarat, printer harus benar-benar sudah terhubung dan terdeteksi ke PC entah itu Windows 10, Windows 8, Windows 7 atau dibawahnya.

Penyebab Printer Tidak Terdeteksi di Windows 10

Ada banyak faktor yang bisa membuat printer tidak terbaca di Windows 10 hingga akhirnya tidak dapat digunakan. Jika kamu mengalami masalah ini, kamu harus cari tahu dulu apa penyebabnya biar bisa mengatasinya. Beberapa kasus printer yang tidak terbaca disebabkan oleh masalah sepele yang sebenarnya bisa diatasi dengan mudah. Beberapa diantaranya penyebabnya adalah seperti disebutkan berikut ini.

Kabel USB Printer Bermasalah

Masalah pertama yang bisa menyebabkan printer tidak terdeteksi di Windows 10 ada pada kabel USB. Perangkat non-wireless memang masih menggantungkan koneksinya pada kabel USB yang mana sering bermasalah. Begitu juga dengan printer yang tidak terbaca di laptop atau komputer, biasanya disebabkan oleh kabel USB yang bermasalah. Bisa saja ada kabel yang putus atau socket USB yang rusak.

Belum Diinstall Driver Printer

Penyebab yang kedua bisa saja ada pada driver yang belum diinstall sehingga membuat printer tidak terdeteksi di Windows 10. Setiap hardware yang dihubungkan ke laptop atau komputer harus di pasang driver yang akan mengatur segala macam perintah untuk menjalankan device yang terhubung. Biasanya, saat kamu membeli printer baru, didalam kardus sudah satu paket dengan CD yang berisi driver.

Driver Printer Tidak Cocok

Penyebab selanjutnya kenapa printer tidak terdeteksi di Windows 10 adalah karena driver yang tidak cocok. Setiap printer memiliki desain hardware yang berbeda-beda, sehingga perintah yang dibutuhkan agar printer tersebut dapat bekerja juga berbeda pula. Maka dari itu, setiap printer dibekali driver yang berbeda sehingga satu driver belum tentu cocok dengan printer yang lainnya.

Belum Ditambahkan Device Baru

Satu hal lagi yang bisa membuat printer tidak terdeteksi di windows 10 adalah belum ditambahkannya device baru. Windows 10 memang sedikit berbeda dengan windows versi sebelum-sebelumnya. Yang mana Windows 10 lebih sensitif terhadap device baru yang terhubung. Hal ini terjadi karena pada Windows 10 lebih menjaga keamanan pengguna sehingga membutuhkan verifikasi yang detail.

Port USB Pada PC Rusak

Penyebab kelima kenapa printer tidak terdeteksi di Windows 10 adalah port USB yang rusak. Seperti yang kita ketahui bahwa printer non-wireless menggunakan kabel USB sebagai koneksi utamanya sehingga port USB pada laptop atau komputer juga memiliki peran penting. Jika printer tidak terbaca cobalah untuk melakukan pengecekan terhadap port USB. Mungkin saja port USB dimana kabel printer menancap sudah rusak.

Printer Belum Menyala

Penyebab terakhir yang membuat printer tidak terdeteksi adalah power dari printer itu sendiri yang belum kamu nyalakan. Biasanya pengguna PC lupa menekan tombol power pada printer sehingga belum menyala. Selain itu, terkadang kabel printer yang harusnya tersambung ke listrik malah belum di colokkan. Printer yang belum menyala tidak akan terbaca pada laptop atau komputer meski kabelnya sudah terhubung.

Cara Mengatasi Printer Tidak Terdeteksi di Windows 10

Setelah mencari penyebab yang dapat membuat printer tidak terbaca pada laptop atau komputer, kamu akan lebih mudah dalam mengatasinya. Beberapa masalahnya mungkin bisa kamu atasi secara mandiri tanpa harus memanggil tukang servis karena tergolong masalah yang mudah. Berikut ini adalah cara mengatasi printer tidak terdeteksi pada Windows 10 yang bisa kamu coba.

Ganti Kabel Printer

Cara pertama yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi printer tidak terdeteksi di Windows 10 adalah dengan mengganti kabel printer. Namun sebelum mengganti kabel printer, kamu harus benar-benar bisa memastikan bahwa penyebabnya ada pada kabel tersebut sudah tidak berfungsi. Pastikan kamu menemukan masalah pada kabel seperti putus atau socket USB yang rusak. Hal ini bertujuan supaya kamu tidak rugi biaya untuk ganti kabel.

Install Driver Bawaan Printer

Cara kedua, kamu cek terlebih dahulu pada komputer atau laptopmu apakah sudah diinstall driver printer atau belum. Kamu bisa cek ketersediaan driver pada Windows 10 dengan membuka “Device manager” lalu cek pada bagian “Printer“. Jika pada sub-menu driver masih kosong, maka kamu harus segera menginstallnya. Sebaiknya install driver bawaan printer yang biasanya disertakan dalam paket pembelian dalam bentuk CD.

Pastikan Driver Sesuai Dengan Tipe Printer

Kemudian yang ketiga, kamu harus memastikan bahwa driver yang di install sudah sesuai dengan tipe printer. Driver yang tidak cocok dan tidak sesuai pasti menyebabkan printer tidak terdeteksi di Windows 10. Maka dari itu, penulis menyarankan menginstall driver bawaan dalam bentuk CD. Kalaupun tidak ada atau hilang, kamu bisa download printer dengan memakai kata kunci tipe, jenis, serta merk printer kamu. Sebagai contoh “Download driver printer canon pixma ip2770“.

Baca Juga:

Tambahkan Device ke Windows 10

Cara keempat ini bisa digunakan buat kamu yang sudah install driver bawaan atau sudah sesuai namun belum menambahkan device. Pada Windows 10 meskipun hardware sudah terhubung dan driver sudah terpasang, jika memang belum di add device maka printer tidak akan terbaca. Kamu bisa menambahkan device ke printer dengan cara masuk ke “Setting” kemudian masuk ke “Add device” lalu tambahkan printer yang sudah terhubung ke PC.

Colokkan ke Port USB Lain

Kelima, cara ini bisa kamu lalukan untuk mengatasi printer tidak terdeteksi di Windows 10 yang disebabkan oleh port USB yang rusak. Cobalah untuk memindahkan port USB ke lubang yang lain. Bisa saja port USB yang kamu gunakan sebelumnya mengalami kerusakan sehingga tidak bisa mendeteksi printer. Lampu indikator yang menyala tidak bisa dijadikan patokan fungsi atau tidaknya socket USB. Karena kabel power dan kabel data adalah hal yang berbeda.

Jangan Lupa Nyalakan Printer Dulu

Cara terakhir ini khusus buat kamu yang sedang lola sehingga lupa menyalakan printer. Printer apapun pasti tidak akan berfungsi jika belum dinyalakan. Ada dua hal yang harus dipastikan agar printer benar-benar menyala. Yaitu pastikan kabel power sudah di colokkan ke terminal listrik dan pastikan tombol power printer sudah dalam keadaan ON. Jika sudah menyala, berarti printer sudah siap untuk digunakan.

Kesimpulan

Sebenarnya, masalah printer tidak terdeteksi di Windows 10 disebabkan oleh berbagai faktor seperti yang dijelaskan diatas. Beberapa diantaranya adalah masalah ringan yang terkadang tidak disadari. Kamu bisa mengambil beberapa langkah diatas untuk mengatasi printer yang tidak terbaca pada laptop atau komputer. Dengan begini, kamu dapat segera memperbaiki printer yang tidak bisa bekerja dengan normal secara mandiri supaya aktivitasmu tidak terganggu.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan