Ampuh! 8 Cara Mengatasi HP Xiaomi Panas Saat di Charge

Apakah kamu saat ini sedang mengalami masalah HP Xiaomi panas saat di charge? Jika iya sebaiknya jangan panik dulu. Sebab kamu bukanlah satu-satunya orang yang sedang mengalaminya. Namun yang pasti, masalah suhu yang berlebihan pada ponsel seperti ini menandakan adanya hal yang tidak beres. Kamu harus waspada karena dikhawatirkan dapat menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan seperti meledak, kebakaran, atau hubungan pendek arus listrik.

Selama ini, faktor penyebab masalah HP Xiaomi panas saat di charge yang dialami setiap pengguna berbeda-beda antara satu dan lainnya. Akan tetapi pemicunya bisa dikatakan mirip-mirip karena pada dasarnya masalah ini dialami oleh gadget dengan merk serta produksi vendor yang sama. Suhu panas berlebih yang terjadi pada ponsel tetap menjadi masalah klasik yang sering terjadi hingga saat ini. Bahkan pada beberapa kasus, masalah ini bisa memicu kecelakaan.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Panas Saat di Charge

Beberapa Penyebab HP Xiaomi Panas Saat Dicas

Setiap permasalahan pasti ada penyebabnya. Begitu juga dengan masalah suhu panas pada HP Xiaomi. Mengenali penyebab suatu masalah cukup penting dilakukan agar kamu bisa melakukan langkah antisipasi dan mencari solusinya. Jadi sebaiknya kamu pelajari dulu apa penyebabnya agar lebih mudah untuk mengatasinya. Berikut ini adalah beberapa penyebab HP Xiaomi panas saat di charge:

  1. Ponsel yang tidak dimatikan saat dicas.
  2. Penggunaan HP Xiaomi yang tidak wajar.
  3. Ditaruh diatas tempat yang bisa memicu suhu tinggi.
  4. Melakukan pengisian daya langsung saat ponsel habis digunakan.
  5. Sinyal ponsel yang lemah di tempat tersebut.
  6. Memakai wallpaper animasi dan widget secara berlebihan di home screen.
  7. Terlalu banyak aplikasi latar belakang yang sedang berjalan.
  8. Tidak mengaktifkan mode power saving.
  9. Pengaturan kecerahan layar yang terlalu tinggi.
  10. Melakukan overlock pada ponsel tersebut.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Panas Saat di Charge

Setelah membaca penjelasan diatas, kini kamu pasti tahu bahwa ada banyak sekali faktor yang bisa menimbulkan kenaikan suhu secara drastis pada sebuah ponsel. Coba analisa diantara berbagai macam faktor tersebut mana yang selama ini sering kamu lakukan. Ini bisa kamu jadikan bahan evaluasi agar bisa mengatasi HP Xiaomi panas saat di charge dengan beberapa langkah yang akan dijelaskan berikut ini.

Matikan Ponsel Saat Sedang di Charge

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi HP Xiaomi panas saat di charge adalah dengan mematikan ponsel saat di charge. Tidak hanya merk Xiaomi, ponsel apapun pasti akan mengalami peningkatan suhu apabila ketika sedang mengisi daya tidak dimatikan. Hal ini disebabkan oleh baterai yang bekerja ganda. Yakni mengisi daya sekaligus menyalurkan daya ke ponsel. Akibatnya, suhu pada baterai meningkat dan menyebar ke komponen HP lainnya termasuk casing.

Penggunaan HP Yang Tidak Wajar

Dihidupkan sambil di charge saja bisa membuat ponsel menjadi panas. Lalu apa jadinya apabila malah dicas sambil digunakan? Jawabannya tentu sudah kamu ketahui. Menggunakan ponsel saat sedang mengisi daya adalah salah satu cara penggunaan yang tidak wajar sehingga bisa membuat HP Xiaomi panas saat di charge. Untuk mengatasi masalah ini, cobalah meninggalkan kebiasaan buruk ini. Cara yang paling baik adalah mematikan ponsel saat di charge.

Meletakkan Ponsel Sembarangan Saat di Cas

Menurutmu mungkin meletakkan ponsel dimana saja tidak apa-apa asalkan berada ditempat kering, bersih dan tidak panas. Tidak! Ternyata tidak semua tempat yang seperti itu baik untuk meletakkan HP yang sedang di cas. Beberapa benda seperti sofa, kasur, bantal, kain dan lain sejenisnya dapat membuat HP Xiaomi panas saat di charge apabila ditaruh diatasnya. Bahan-bahan seperti tidak bisa menjadi isolator panas sehingga membuat suhu ponsel justru jadi semakin tinggi.

Jangan Langsung di Charger Setelah Dipakai

Mengisi daya langsung setelah dipakai ternyata bisa membuat suhu ponsel meningkat. Untuk menghindari masalah HP Xiaomi panas saat di charge, maka sebaiknya kamu matikan lalu istirahatkan dulu ponsel sebelum menghubungkannya ke kabel charger. Mematikan ponsel kemudian mengistirahatkannya sejenak akan membuat suhu ponsel menjadi dingin setelah digunakan. Ketika sudah dingin, kamu bisa mulai mengisi daya baterai.

Aktifkan Mode Pesawat Jika Perlu

Pada kondisi tertentu, sinyal seluler lemah dapat membuat ponsel menjadi bekerja lebih keras. Sistem jaringan pada ponsel akan terus berusaha mencari sinyal. Hal ini bisa terjadi ketika kamu berada ditempat yang minim sinyal seluler sehingga mengakibatkan HP Xiaomi panas saat di charge. Solusinya cukup mudah, kamu bisa mengaktifkan mode pesawat pada ponsel selama dicas hingga baterai penuh.

Gunakan Sedikit Widget dan Wallpaper Gambar

Cara selanjutnya untuk mengatasi HP Xiaomi panas saat di charge adalah dengan mengurangi penggunaan widget di home screen. Hal ini bisa menambah beban ponsel sehingga harus bekerja lebih keras. Selain itu, jangan menggunakan wallpaper animasi karena cukup memberatkan. Cukup gunakan wallpaper berupa gambar biasa yang kamu sukai. Ini akan membuat ponsel lebih ringan dan penggunaan RAM menjadi lebih sedikit.

Hapus atau Matikan Apliasi Yang Tidak Perlu

Salah satu penyebab utama HP Xiaomi panas saat di charge adalah aplikasi latar belakang. Didalam ponsel biasanya ada beberapa aplikasi yang terus berjalan meski sedang tidak dibuka. Sebaiknya kamu matikan aplikasi-aplikasi yang tidak perlu tersebut. Jika perlu, kamu bisa menghapus beberapa aplikasi yang memang jarang digunakan atau tidak pernah dipakai. Aplikasi seperti ini berpotensi menambah beban ponsel.

Baca Juga:

Gunakan Mode Power Saving Bawaan

Setiap ponsel dilengkapi dengan fitur power saving yang sudah disediakan oleh vendor masing-masing. Fitur ini sangat bermanfaat mengurangi konsumsi baterai pada ponsel sehingga jadi lebih irit. Ketika melakukan pengisian daya, kamu juga boleh mengaktifkan fitur ini supaya HP Xiaomi yang kamu cas tersebut tidak panas. Jangan sekali-sekali memakai aplikasi fast charging tambahan karena malah membebani ponsel.

Turunkan Kecerahan Layar Saat di Charge

Kamu bisa menurunkan kecerahan layar ketika ponsel di charge agar konsumsi baterai lebih rendah. Semakin cerah layar ponsel maka akan semakin tinggi energi yang dibutuhkan. Hal inilah yang membuat HP Xiaomi panas saat di charge. Apabila kamu terpaksa melakukan pengisian daya tanpa mematikan ponsel, sebaiknya turunkan kecerahan layar hingga yang paling rendah.

Gunakan Setelan Standar Pabrik

Cara terakhir untuk mengatasi HP Xiaomi panas saat di charge adalah dengan selalu menggunakan setelan pabrik. Kamu tidak perlu melakukan overlock atau root pada ponsel apabila ingin beban ponsel jadi lebih ringan. Ketika menggunakan ponsel untuk hal-hal aneh, secara tidak sadar kamu akan membuat ponsel bekerja diluar batas kemampuan yang membuatnya mudah panas.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi HP Xiaomi panas saat di charge. Bagaimanpun juga, suhu yang berlebihan ketika ponsel di cas itu tidak baik. Kondisi ini berpotensi menyebabkan dampak buruk. Jadi apabila kamu mengalaminya pada HP Xiaomi kamu, sebaiknya cegah hal itu dengan menerapkan langkah seperti yang sudah kita bahas diatas. Semoga bermanfaat.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan