7 Cara Mengatasi HP Restart Berulang-ulang (Serta Penyebab)

Setiap ponsel pintar dengan basis sistem operasi Android entah itu merk Samsung, Oppo, Vivo, Asus, Lenovo, Acer, Xiaomi, Huawei, Realme, OnePlus pasti memiliki masalah tertentu. Salah satu masalah yang sering dialami oleh pengguna adalah HP restart berulang-ulang atau terkadang HP restart sendiri secara tiba-tiba. Masalah seperti ini tidak kamu alami sendiri lho. Ada banyak pengguna lain juga merasakan hal yang sama. Masalah seperti ini memang sangat mengganggu aktivitas yang berhubungan dengan HP Android seperti komunikasi, chatting, jualan, dan lainnya.

Kasus HP restart berulang-ulang terkadang bisa sembuh dengan sedirinya namun terkadang juga kambuh secara tiba-tiba. Hal ini tergantung dari seberapa parah faktor yang jadi penyebabnya. Beberapa penyebab memang timbul dari masalah sepele namun terkadang ada pula penyebab yang timbul akibat dari masalah serius pada ponsel. Yang jelas, setiap smartphone Android pasti beresiko untuk mengalami masalah ini namun tingkat keparahannya berbeda.

7 Cara Mengatasi HP Restart Berulang-ulang (Serta Penyebab)

Penyebab HP Android Restart Sendiri Terus-menerus

Ketika membahas mengenai cara mengatasi HP Restart berulang-ulang, tidaklah mungkin bisa kita lakukan tanpa mencari tahu penyebabnya terlebih dahulu. Karena pada dasarnya kasus HP Android yang mengalami restart sendiri secara tiba-tiba disebabkan oleh banyak faktor. Jadi untuk mendapatkan solusinya, minimal tahu apa penyebabnya. Berikut ini adalah beberapa hal yang mungkin bisa jadi penyebab kenapa smartphone kamu mengalami restart terus-menerus.

Terdapat Bug Pada Sistem

Penyebab pertama kenapa HP restart berulang-ulang adalah adanya bug pada sistem. Buat kamu yang belum paham, kita jelaskan sedikit nih. Bug merupakan suatu kondisi sebuah perangkat lunak atau perangkat keras mengalami cacat produksi sehingga tidak dapat digunakan secara normal. Biasanya ini adalah penyakit bawaan pabrik dimana software atau hardware tersebut diproduksi.

Sitem Mengalami Crash

Hampir sama seperti bug, sistem yang mengalami crash juga bisa membuat HP restart berulang-ulang. Jika bug merupakan masalah pada software atau hardware bawaan pabrik yang terjadi akibat kesalahan produksi, sedangkan sistem crash adalah kondisi dimana perangkat lunak mengalami benturan (bisa rusak atau cacat) sehingga tidak dapat bekerja normal. Penyebabnya bisa dari gagal update, gagal install aplikasi, dan sebagainya.

RAM Yang Tidak Mencukupi

Penyebab yang ketiga adalah kapasitas RAM yang tidak mencukupi. Besarnya RAM serta penggunaannya yang tidak sesuai kapasitas juga turut menyebabkan HP restart berulang-ulang. RAM sendiri adalah perangkat keras pada ponsel yang berfungsi sebagai penampung data sementara pada saat HP bekerja. Jika kapasitas RAM penuh, maka kinerja ponsel akan terganggu.

Memori Internal Penuh

Memori internal juga merupakan salah satu perangkat keras yang penting untuk ponsel. Setiap ponsel memiliki kapasitas memori internal yang berbeda. Semakin sedikit kapasitas memori, maka semakin besar resiko HP restart berulang-ulang karena memori internal mudah penuh. Memori internal berperan menampung seluruh data pada smartphone mulai dari sistem, aplikasi, hingga file-file lain.

Overheat Pada Ponsel

Kondisi overheat atau suhu ponsel yang terlalu panas juga dapat menyebabkan HP restart berulang-ulang. Kondisi ini bisa terjadi ketika ponsel dipakai. Terlebih jika cara pemakaiannya secara berlebihan. Karena pada dasarnya, sebuah ponsel memiliki batas suhu tertinggi dimana ketika sudah melampauinya maka akan restart untuk mendinginkan diri.

Cara Untuk Mengatasi HP Restart Berulang-ulang

Setelah mengetahui apa penyebabnya, sekarang kamu bisa mengira-ngira dari segi mana yang harus diperbaiki. Mengatasi HP restart berulang-ulang memang harus berdasarkan pada penyebabnya supaya penanganan jadi lebih efektif. Cara mengatasi masalah HP Android yang sering restart sendiri berikut ini bisa kamu terapkan ke smartphone Samsung, Oppo, Vivo, Asus, Lenovo, Acer, Xiaomi, Huawei, Realme, OnePlus dan lain sebagainya.

Mematikan dan Mendiamkan HP Sementara Waktu

Cara pertama yang bisa kamu coba untuk mengatasi HP restart berulang-ulang adalah dengan mematikannya sejenak. Mungkin saja proses restart tersebut terjadi karena overheat atau suhu ponsel berlebihan yang terjadi. Penyebabnya bisa berasal dari penggunaan yang berlebihan karena menjalankan software yang berat. Untuk mengatasinya, sebaiknya coba matikan dan diamkan terlebih dahulu smartphone kamu untuk sementara waktu hingga suhunya normal. Jika sudah dingin, ponsel tersebut bisa kamu hidupkan kembali.

Update Sistem Android ke Versi Tebaru

Saat ini hampir setiap merk ponsel menyediakan fitur update sistem Android untuk mempermudah pengguna memperoleh pembaruan. Biasanya pembaruan ini dilakukan dari sisi keamanan dan juga sistem itu sendiri. Terkadang update gagal atau sistem yang usang dapat membuat HP restart berulang-ulang. Maka dari itu kamu perlu melakukan update sistem Android ke versi terbaru. Hal ini dapat membuat kinerja ponsel menjadi lebih baik.

Melakukan Reset ke Setelan Pabrik

Jika penyebab HP restart berulang-ulang adalah adanya sistem yang crash, maka masalah ini kadang sulit untuk diatasi. Nah, salah satu cara yang bisa kamu lalukan untuk mengatasinya yaitu dengan melakukan reset ke setelan pabrik. Dengan melakukan reset ke setelan pabrik, semua data, pengaturan dan sistem dikembalikan pada kondisi semula seperti ketika HP baru dibeli. Caranya, silahkan buka “Setelan” lalu pilih “Sistem” dibagian paling bawah. Kemudian “Lanjutan” dan pilih “Opsi setel ulang”. Terakhir pilih “Reset ke Setelan Pabrik”.

Membersihkan Cache Partition

Cache partition adalah akumulasi file-file pengaturan yang singgah selama ponsel digunakan. Sederhananya, ponsel akan mengingat apa saja yang telah dilakukan kemudian menyimpannya kedalam memori. Jika sudah menumpuk terkadang cache dapat menimbulkan masalah HP restart berulang-ulang. Maka dari itu kamu harus melakukan yang namanya wipe cache partition untuk menghilangkan file-file singgahan tersebut. Caranya sebagai berikut ini.

Pastikan dulu baterai ponselmu minimal 70% karena untuk berjaga supaya tidak mati selama proses berlangsung. Kemudian matikan ponselmu. Sekarang kita mulai prosesnya, tekan tiga tombol ini secara bersamaan “Power + Volume Up + Volume Down” dalam waktu beberapa detik. Masuk ke “Recovery Mode” Lalu pilih “Wipe Cache Partotion“. Gunakan tombol volume untuk naik turun. Lalu tekan “Tombol power“. Jika proses sudah selesai, maka HP akan restart sendiri.

Mengurangi Aplikasi Latar Belakang

Aplikasi latar belakang yang terlalu berlebihan juga dapat menimbulkan resiko HP restart berulang-ulang. Hal ini disebabkan aplikasi yang berjalan dilatar belakang juga mengambil sebagian kapasitas RAM ponsel untuk berjalan. Besar kecilnya pemakaian setiap aplikasi berbeda. Namun jika jumlahnya banyak tentu akan membebani smartphone Android itu sendiri. Jadi kamu bisa menguranginya dengan cara memaksa berhenti. Silahkan masuk “Setelan“, lalu pilih “Aplikasi & Notifikasi“. Pilih aplikasinya lalu klik “Paksa Berhenti“.

Baca Juga:

Menghapus File Yang Tidak Perlu

Salah satu hal yang paling sering diabaikan oleh pengguna smartphone adalah membersihkan file dan data yang tidak terpakai. Lama kelamaan hal ini membuat file dan data tidak terpakai menjadi menumpuk sehingga memenuhi memori. Padahal selain data pribadi, masih ada file lain yang bisa memenuhi direktori seperti berkas sampah dan file cache. Maka dari itu, kamu perlu membersihkan semua file yang tidak terpakai ini untuk mengatasi HP restart berulang-ulang.

Mencopot Pemasangan Aplikasi Tertentu

Selain file, ada hal lain yang juga dapat membuat memori menjadi penuh yaitu aplikasi yang terpasang pada ponsel. Rata-rata aplikasi smartphone Android membutuhkan kapasitas yang cuku besar. Maka dari itu sebaiknya kamu mencopot atau uninstall aplikasi tertentu yang sekiranya tidak penting atau jarang dipakai. Dengan begini kamu dapat lebih menghemat memori internal sehingga masalah HP restart berulang-ulang bisa teratasi.

Konsultasi ke Tukang Servis

Langkah terakhir yang paling efektif untuk mengatasi HP restart berulang-ulang adalah dengan berkonsultasi ke tukang servis. Dengan begini kamu akan lebih mudah mendapat penjelasan dan juga solusi yang baik untuk smartphone Android-mu. Terkadang hp yang sering restart sendiri sulit kita atasi sehingga perlu adanya bantuan orang yang lebih ahli. Salah satunya dengan membawanya ke tukang servis kepercayaanmu.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi HP restart berulang-ulang. Dalam mencari sebuah solusi, kamu harus paham dan mengerti akar permasalahannya terlebih dahulu. Hal ini juga berlaku bagi HP yang sering restart sendiri. Dengan mempelajari penyebabnya, kamu dapat menerapkan berapa cara yang sudah dijelaskan diatas. Namun jika tak kunjung normal, sebaiknya dibawa ke tukang servis untuk menghindari kerusakan yang lebih parah lagi.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan