Charger HP Terkena Air Hingga Basah? Ini Cara Mengatasinya

Charger adalah salah satu perangkat penting untuk HP. Setiap ponsel baru yang dibeli, didalam kardus pasti selalu disertakan charger bawaan dari pabrik. Setiap ponsel dibekali charger yang berbeda spesifikasinya karena disesuaikan dengan kapasitas baterai. Tanpa adanya alat pengisi daya yang satu ini, pengguna ponsel pasti akan kerepotan ketika daya baterai mulai menipis. Lalu bagaimana jika charger HP Terkena air hingga basah?

Ketika kejadian ini menimpamu, pasti kamu akan panik bahkan lemas karena salah satu barang berhargamu terkena musibah. Jika charger HP terkena air hingga basah, kemungkinan pertama yang kamu pikirkan pasti charger tersebut akan rusak dan tidak dapat dipakai kembali. Toh jika bisa dipakai, kamu pasti was-was terhadap kejadian buruk seperti hubungan pendek arus listrik atau konsleting pada ponsel.

Cara Mengatasinya Charger HP Terkena Air Hingga Basah

Saat charger HP terkena air, kemungkinan untuk rusaknya bisa dihindari dengan cara penanganan yang tepat. Ini adalah hal penting karena jika charger bawaan pabrik rusak, kamu akan sedikit kerepotan. Dipasaran memang banyak charger ponsel yang bisa dibeli, namun keamanannya tidak bisa dijamin dan kualitasnya juga belum tentu bisa dipercaya. Terlebih untuk mencari dan membeli charger original cukup sudah apalagi dengan banyaknya charger palsu yang beredar.

Beberapa Kejadian Yang Dapat Membuat Charger HP Terkena Air Hingga Basah

Seorang pengguna ponsel pasti tidak pernah secara sadar membuat charger menjadi basah. Biasanya, charger yang terkena air disebabkan oleh banyak hal yang memang terjadi secara tidak sengaja. Oleh karena itu pengguna ponsel yang mengalami kejadian ini bisa dibilang sedang apes. Lalu apa saja kejadian yang mungkin bisa membuat charger ponsel terkena air hingga basah? Berikut ini penjelasannya.

Charger Kehujanan

Kejadian tak sengaja pertama yang bisa membuat charger HP terkena air hingga basah adalah kehujanan. Terkadang ketika musim hujan tiba, kita sering kehujanan saat dalam perjalanan. Namun kita terlambat menggunakan jas hujan atau bahkan tidak. HP sudah diamankan namun terkadang kita lupa akan charger yang dibawa. Akibatnya charger kehujanan hingga basah kuyup. Kita baru sadar setelah kejadiannya berlangsung.

Ketumpahan Air

Kejadian yang kedua adalah ketumpahan air. Kondisi ini akan langsung membuat charger HP terkena air hingga basah. Kita tidak akan pernah menduga kejadian ini bisa terjadi, namun yang namanya tidak sengaja pasti akan terjadi. Salah satunya adalah ketumpahan air. Kejadian ini bisa dialami dimana saja baik itu di rumah, tempat kerja, cafe, hingga di sekolah.

Atap Rumah Yang Bocor

Kejadian secara tidak sengaja berikutnya yang dapat membuat charger HP terkena air hingga basah adalah atap rumah yang bocor. Terkadang bocornya atap pada rumah tidak hanya membuat lantai rumah jadi basah, namun lokasi bocor yang tidak terduga seperti diatas meja tempat menyimpan charger dapat menimbulkan masalah baru.

Tercebur Kedalam Air

Kejadian terakhir yang tidak sengaja hingga membuat charger basah adalah tercebur ke dalam air. Biasanya kejadian seperti ini terjadi ketika kita berada diluar ruangan. Charger tercebur ke dalam air bisa saja terjadi di bak penampungan air, kolam renang, atau laut sekalipun.

Cara Mengatasi Charger HP Yang Terkena Air Hingga Basah Agar Tidak Rusak

Bagi kamu yang mengalami hal tidak mengenakkan ini, sebaiknya jangan langsung panik dulu. Kepanikan hanya akan membuat kamu tidak bisa berpikir jernih hingga charger yang terkena air tidak bisa segera ditangani dengan baik. Akibatnya, charger yang basah ini bisa mengalami kerusakan parah yang akhirnya tidak dapat dipakai kembali. Sebaiknya, kamu lakukan beberapa cara berikut ini untuk menangani charger kamu yang basah terkena air.

Jangan Dicolokkan ke Arus Listrik

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk menyelamatkan charger HP terkena air hingga basah adalah dengan menjauhkannya dari arus listrik. Jangan sekali-kali mencoba charger ke colokan listrik untuk mengetahui masih berfungsi atau tidak jika belum benar-benar kering. Hal ini akan membuat semua komponen charger jadi konsleting. Bukannya malah dapat dipakai, namun charger yang konsleting dapat menimbulkan ledakan kecil bahkan terbakar.

Jemur Di Sinar Matahari Hingga Kering

Cara kedua yang bisa digunakan untuk mengeringkan charger HP terkena air adalah dengan menjemurnya di sinar matahari. Kamu dapat menjemur charger-mu selama beberapa hari hingga komponen didalamnya benar-benar kering. Cara ini sangat efektif untuk mengeringkan peralatan elektronik yang basah namun hanya bisa kamu pakai ketika cuaca sedang bagus dan matahari bersinar cerah. Sebelum menggunakannya kembali, pastikan sudah dijemur hingga benar-benar kering.

Keringkan Didalam Penyimpanan Beras

Benda lain di dalam rumah yang bisa kamu pakai untuk mengeringkan charger HP terkena air adalah beras. Bagaimana bisa beras mengeringkan charger yang basah? Caranya adalah dengan memasukkannya kedalam penyimpanan beras dan mengubur adaptor charger secara keseluruhan. Sifat absorben (menyerap kelembaban) pada beras akan membuat partikel air yang ada didalam komponen charger ponsel terserap sehingga keringnya akan lebih cepat. Cara ini cocok diterapkan ketika musim penghujan.

Taruh Dibelakang Kulkas

Sudah menjadi rahasia umum bahwa bagian belakang kulkas atau lemari es dapat digunakan untuk mengeringkan benda-benda basah seperti sepatu atau keset. Pada bagian belakang terdapat pembuangan udara yang menghembuskan suhu cukup panas. Ini juga bisa kamu manfaatkan untuk mengeringkan charger HP terkena air. Taruh charger-mu yang basah dibelakang kulkas selama mungkin dan pastikan hingga benar-benar kering.

Baca Juga:

Balut Dengan Kertas Tisu

Cara selanjutnya untuk mengatasi charger HP terkena air adalah dengan kertas tisu. Tisu juga memiliki sifat absorben seperti halnya beras yang dapat menyerap kelembaban. Kamu bisa memanfaatkannya untuk membuat charger yang basah menjadi cepat kering. Kamu bisa menggunakan beberapa jenis tisu seperti tisu wajah, tisu toilet ataupun tisu dapur. Caranya cukup mudah, balutkan secara memutar keseluruh charger dan biarkan selama beberapa hari. Jangan lupa untuk mengganti tisu setiap 12 jam sekali.

Keringkan Dengan Hair Dryer

Cara terakhir yang cukup efektif untuk mengeringkan charger HP terkena air adalah dengan hair dryer. Alat ini memang dikenal dapat mengeringkan alat elektronik seperti mesin jam, rangkaian sirkuit hingga mainboard laptop. Udara panas yang berhembus dari hair dryer cukup konsisten. Oleh karena itu alat ini juga bida jadi alternatif untuk mengeringkan charger ponsel yang basah. Kamu dapat melakukan pengeringan ke charger selama 30 menit dan terus mengulanginya hingga sampai benar-benar kering.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi charger HP terkena air hingga basah. Sebetulnya charger yang basah tidak sepenuhnya jadi rusak asal segera ditangani dengan baik. Jadi ketika kamu mengalami kejadian apes seperti ini jangan langsung panik. Sebaiknya segera berikan pertolongan pertama pada charger agar tidak mengalami kerusakan parah. Karena, jika telat ditangani akan membuat charger tidak bisa dipakai kembali.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan