7 Cara Mengambil Data Harddisk Dari Laptop Yang Rusak

Harddisk menjadi komponen penting dalam sebuah laptop untuk menyimpan data. Lalu bagaimana jika laptop rusak sedangkan harddisk masih bisa dipakai? Kondisi ini tentu bisa saja terjadi ketika komponen lain pada laptop seperti main board, RAM, processor dan yang lainnya mengalami kerusakan. Dalam kondisi ini langkah terbaik yang bisa kamu lakukan adalah mengambil data harddisk dari laptop yang rusak tersebut sebagai upaya penyelamatan file penting.

7 Cara Mengambil Data Harddisk Dari Laptop Yang Rusak

Menyelamatkan file dari harddisk pasti menjadi harapan pertama yang terbesit didalam pikiran jika seseorang mengalami kerusakan pada laptop. Dengan mengambil data harddisk dari laptop yang rusak tersebut, kamu akan menjadi sedikit lebih lega meski laptop tidak terselamatkan. Paling tidak, file-file penting entah itu pekerjaan, memori kenangan, materi-materi belajar dan lain sebagainya masih dapat digunakan kembali. Kondisi seperti ini bisa dialami siapa saja dan kapan saja karena bagaimanapun juga laptop hanyalah alat elektronik yang pasti bisa rusak.

Apakah Data Didalam Harddisk Laptop Yang Rusak Bisa Diambil dan Diselamatkan?

Jika kamu memiliki pertanyaan seperti diatas, maka jawabannya adalah BISA tapi dengan syarat tertentu. Mengambil data harddisk dari laptop yang rusak memang hal yang cukup pelik karena bergantung pada banyak hal. Yang pasti, menyelamatkan data dari laptop yang rusak masih mungkin dilakukan asalkan kondisi harddisk masih sangat baik. Kesehatan harddisk sangat menentukan sekali. Asalkan tidak ada bad sector, maka berbagai data didalamnya masih bisa diselamatkan.

Cara Menyelamatkan Data Didalam Harddisk Dari Laptop Yang Rusak

Buat kamu yang mengalami kerusakan pada laptop hingga tidak bisa hidup kembali, jangan berkecil hati terlebih dahulu terhadap data yang kamu miliki. Ada banyak kasus mengambil data harddisk dari laptop yang rusak bisa dilakukan dengan cara serta alat tertentu. Bahkan proses ini bisa kamu lakukan sendiri di rumah asalkan tahu caranya. Dengan catatan, kamu perlu melakukannya secara hati-hati. Berikut ini beberapa tahap-tahapannya.

Bongkar Laptop Lalu Ambil Harddisk

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan agar bisa mengambil data harddisk dari laptop yang rusak adalah membongkar laptop tersebut. Kamu tidak perlu membongkarnya secara keseluruhan karena tujuannya hanya mengambil harddisk. Jika kamu ragu melakukannya sendiri, mintalah bantuan keluarga atau temanmu yang lebih mengerti. Usahakan untuk mengeluarkan harddisk dari main board dan juga melepaskan konektor secara hati-hati agar harddisk tidak rusak.

Cek Kondisi Kesehatan Harddisk

Setelah berhasil mengeluarkan harddisk dari dalam laptop, sekarang saatnya melakukan cek terhadap kondisi kesehatannya. Disini kamu harus bisa mengetahui apakah didalam harddisk tersebut ada bad sector atau tidak. Jika ada, seberapa tingkat keparahan bad sector tersebut. Masing dalam tingkat ringan atau berat. Kamu bisa baca artikel cara mengetahui bad sector pada harddisk yang pernah dibahas sebelumnya. Kondisi kesehatan sangat mempengaruhi proses mengambil data harddisk dari laptop yang rusak.

Buka Data Harddisk Dengan Enclosure

Jika kesehatan harddisk masih sangat baik, maka kamu dapat memulai proses mengambil data harddisk dari laptop yang rusak dengan menggunakan Enclosure. Alat ini basa juga disebut sebagai case harddisk untuk membuat HDD internal menjadi eksternal. Alat ini bisa kamu beli di toko-toko komputer sekitar daerahmu atau bisa juga kamu beli secara online di marketplace. Harga bervariatif mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu tergantung kualitasnya.

Enclosure ini memiliki fungsi untuk mengubah interface SATA menjadi USB sehingga bisa terhubung ke port USB pada laptop atau komputer. Cara memakainya juga cukup mudah. Pertama sediakan alat Enclosure-nya. Lalu buka, case dengan memutar baut disampingnya. Kedua, colokkan head Enclosure ke socket SATA yang ada pada harddisk. Ketiga, masukkan harddisk kedalam case. Jika terasa longgar, ganjal dengan sterofoam. Terakhir, kencangkan lagi baut pada case.

Buka Data Harddisk Dengan Converter

Cara lain selain menggunakan Enclosure untuk mengambil data harddisk dari laptop yang rusak adalah menggunakan Converter SATA to USB. Seperti namanya, alat ini akan membantu kamu dalam mengonversi socket SATA ke USB sehingga dapat dibaca oleh laptop atau komputer. Converter lebih mudah digunakan karena user interfacenya yang mudah. Namun memiliki kelemahan yaitu tidak adanya penutup yang bisa melindungi harddisk.

Cara menggunakannya mudah, silahkan beli Converter SATA to USB di toko komputer terdekat atau bisa beli secara online. Disarankan untuk mengunakan yang kualitas baca dan tulisnya baik meski harganya sedikit mahal. Kualitas ini akan membuat harddisk lebih mudah diakses dan tidak lemot. Jika kamu sudah punya alatnya, silahkan tancapkan port yang lebar (SATA) ke harddisk sedangkan port USB ke PC. Tunggu beberapa saat lalu harddisk akan terdeteksi dengan sendirinya.

Pindahkan Seluruh Data Yang Penting

Langkah selanjutnya untuk mengambil data harddisk dari laptop yang rusak adalah memindahkannya. Ketika harddisk sudah bisa diakses entah itu dengan bantuan Enclosure ataupun Converter SATA to USB, silahkan pindahkan seluruh data yang kamu anggap penting ke dalam komputer atau laptop lain. Lama atau tidaknya proses pemindahan file tergantung pada besarnya data yang dipindah. Selain itu, kualitas kecepatan Enclosure atau Converter yang kamu gunakan juga mempengaruhi.

Baca Juga:

Bawa ke Tukang Servis Laptop Terdekat

Ini adalah langkah terakhir yang bisa kamu lakukan jika kesulitan dalam mengambil data harddisk dari laptop yang rusak secara mandiri. Meminta bantuan orang yang lebih ahli adalah langkah yang tepat. Selain menghindari resiko kerusakan yang lebih para, membawa ke tukang servis juga akan menghemat waktumu. Biasanya tukang servis lebih paham masalah seperti ini dan kemungkinan data kamu terselamatkan menjadi lebih besar.

Simpan Harddisk Dengan Benar

Setelah kamu berhasil mengambil data harddisk dari laptop yang rusak, harddisk tersebut masih bisa kamu gunakan kembali menjadi HDD eksternal yang bisa dibawa kemana-mana untuk menyimpan data. Agar lebih awat dan dapat digunakan berulang kali, lebih baik simpan harddisk ditempat yang kering dengan suhu ruangan. Jika ingin menjadikan HDD eksternal, penulis sarankan kamu membeli Enclosure karena ada case yang dapat melindungi harddisk.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara mengambil data harddisk dari laptop yang rusak. Menyelamatkan file dalam kondisi ini bisa dilakukan dengan beberapa syarat seperti harddisk yang sehat dan juga kamu memiliki alat seperti Enclosure atau Converter SATA to USB seperti yang sudah dibahas diatas. Setelah ini, harddisk yang kamu miliki tersebut tetap bisa sangat bermanfaat untuk dijadikan sebagai harddisk eksternal. Silahkan baca artikel cara mengubah harddisk internal laptop menjadi eksternal seperti yang sudah dibahas sebelumnya.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan