5 Tips Ampuh Untuk Mencegah Bootloop Pada HP Android

Semakin canggih sebuah ponsel maka masalah yang berpotensi timbul juga semakin rumit dan susah. Salah satu masalah pada smartphone yang banyak ditakuti oleh pengguna adalah bootloop. Mencegah bootloop pada HP Android sejak dini bisa jadi ide terbaik agar terhindar dari masalah ini. Kegagalan boot memang masalah yang sulit diselesaikan secara mandiri oleh pengguna Android awam. Oleh karena itulah kebanyakan dari mereka lebih memilih membawanya ke tukang servis terdekat.

5 Tips Ampuh Untuk Mencegah Botloop Pada HP Android

Tidak semua pengguna HP Android memiliki pengetahuan yang cukup untuk mencegah bootloop pada smartphone mereka. Terkadang secara tidak sadar mereka malah melakukan hal-hal yang dapat menyebabkan ponsel menjadi bootloop. Jika masalah ini menimpa, biasanya pengguna ponsel akan panik karena ponsel mereka tidak bisa menyala sebagaimana mestinya. Bootloop memang sangat merugikan karena pemilik ponsel akan kehilangan data-data penting yang ada dalamnya.

Mengetahui Apa Itu Bootloop Pada HP Android

Bagi kamu yang belum paham dengan bootloop, silahkan baca dengan cermat ya. Bootloop adalah kondisi dimana perangkat lunak pada suatu piranti entah itu laptop, komputer atau smartphone yang sedang melakukan proses tahap awal untuk menyala, namun malah gagal masuk ke sistem yang akan digunakan hingga membuat piranti tidak bisa bekerja secara normal. Pada HP Android khususnya, proses ini akan terus berjalan berulang hingga disebut dengan yang namanya bootloop atau booting berulang.

Tingkatan Bootloop Yang Terjadi Pada HP Android

Masalah bootloop memang berpotensi terjadi pada smartphone merk apa saja dan juga tipe apa saja. Hanya saja setiap smartphone memiliki tingkat ketahanan yang berbeda-beda. Karena digolongkan kedalam masalah dengan penyebab dan juga cara penanganan yang berbeda-beda pada setiap ponsel. Maka bootloop bisa dikelompokkan kedalam tiga jenis berdasarkan pada tingkat parahnya kasus.

Light Bootloop

Yang pertama ada yang namanya light bootloop atau bisa disebut sebagai bootloop ringan. Bootloop ini biasanya bersifat sementara dan tidak berlangsung lama. Smartphone yang terkena masalah ini dengan klasifikasi ringan biasanya bersifat tidak permanen alias kadang kumat dan kadang normal. Namun terkadang bisa ditandai dengan ponsel menyala dan bisa masuk ke menu utama, namun setelah itu blank lalu melakukan restart sendiri.

Medium Bootloop

Medium bootloop bisa juga disebut sebagai bootloop sedang karena tingkat kerusakannya juga sedang. Bootloop ini satu tingat lebih parah daripada bootloop ringan. Biasanya ponsel yang mengalami masalah pada tingkat ini ketika dinyalakan dapat masuk ke logo kemudian hidup seperti normal namun hanya sampai pada menu utama saja.

Hard Bootloop

Terakhir ada klasifikasi bootloop yang sudah tingkat akut atau parah. Bootloop pada tingkatan ini bisa disebut sebagai hard bootloop. Smartphone yang terkena “penyakit” akut ini biasanya tidak bisa dinyalakan secara normal. Ketika diaktifkan hanya mampu hidup sampai pada loading logo saja dan tidak sampai pada menu utama. HP Android yang sampai pada level ini biasanya akan sedikit lebih sulit untuk diatasi.

5 Tips Yang Bisa Kamu Coba Untuk Mencegah Bootloop pada HP Android

Semua kerusakan pada smartphone dapat kita hindari termasuk juga bootloop. Mencegah bootloop pada HP Android dapat dengan mudah kamu lakukan, karena kasus bootloop yang sering terjadi kebanyakan disebabkan oleh pengguna. Meski pada beberapa kasus, bootloop terjadi karena ada cacat produksi dari pabrik atau produk dari vendor yang tidak lolos uji. Namun yang jelas, kamu dapat menghindari masalah bootloop pada smartphone dengan tips-tips berikut ini.

Jangan Pernah Mengizinkan Akses Root

Penyebab pertama yang paling umum adalah kesalahan dari pengguna smartphone yang sengaja membuka akses root untuk kepentingan-kepentingan tertentu. Terkadang ada juga pengguna yang melakukan root karena iseng ingin melakukan eksperimen. Ketika salah langkah, maka hal fatalpun terjadi. Ponsel jadi bootloop karena sistem gagal diakses ketika dinyalakan. Hal ini terjadi karena ada beberapa file sistem ataupun script yang rusak. Sebaiknya jangan izinkan akses root untuk mencegah bootloop pada HP Android.

Hati-hati Ketika Menghapus File di Memori Internal

Tips kedua yang harus kamu lakukan untuk mencegah bootloop pada HP Android adalah berhati-hati ketika sedang bersih-bersih file. Membersihkan file yang tidak terpakai itu baik karena dapat menyediakan ruang lebih pada memori internal. Namun jika tidak berhati-hati, salah-salah kamu malah menghapus file sistem yang seharusnya tidak boleh dihapus. Apalagi jika kamu mengakses file melalui file manager yang sulit dibedakan mana file sistem dan yang mana file sampah.

Baca Juga:

Cermat Dalam Memberi Izin Akses

Setiap sistem memiliki permintaan izin akses ke beberapa informasi agar bisa bekerja secara maksimal. Kamu harus tahu bahwa di HP Android ada banyak izin akses seperti kamera, perpesanan, kontak, lokasi, galeri dan hal privat lainnya. Artinya hak akses tersebut sangat berpengaruh pada sistem Android. Jadi ketika kamu salah memberikan izin akses pada suatu sistem, bisa-bisa smartphone kamu akan mengalami bootloop. Untuk mencegah bootloop pada HP Android, kamu harus cermat dalam hal izin akses.

Jangan Mengubah ROM ke Custom

Beberapa pengguna Android yang suka dengan ekperimen biasanya akan mengubah ROM bawaan ponsel ke custom. Alasannya macam-macam, ada yang ingin tampilannya jadi lebih menarik, ada juga yang sekedar iseng. Padahal mengubah ROM bawaan ponsel akan sangat beresiko. Kita tidak pernah tahu apakah custom ROM yang akan kita pasang kompatibel atau tidak. Sebaiknya hindari mengubah ROM guna mencegah bootloop pada HP Android.

Hindari Penggunaan Ponsel Yang Berlebihan

Tips terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mencegah bootloop pada HP Android adalah dengan memperhatikan cara penggunaan ponsel itu sendiri. Menggunakan ponsel secara berlebihan dapat membuat komponen smartphone seperti halnya pada eMCC mengalami kerusakan. Kebanyakan kasus bootloop yang terjadi penyebabnya ada pada eMCC atau biasa dikenal sebagai memori internal. Karena juga berfungsi sebagai module controller, penggunaan ponsel yang berlebihan dapat membuatnya jadi penuh.

Penutup

Itulah beberapa tips untuk mencegah bootloop pada HP Android yang bisa kamu terapkan mulai sekarang. Bootloop memang dipengaruhi oleh banyak faktor termasuk kesalahan dari pengguna itu sendiri. Meski terkadang dari segi hardware juga mempengaruhi, namun alangkah baiknya jika kita sebagai pengguna turut menjaga hardware agar usianya bisa jadi lebih panjang. Jadi tetap rawatlah ponselmu karena bootloop bisa mengintaimu kapan saja.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan