5 Cara Memperkuat Sinyal HP Dengan Alat Sederhana

Keberadaan sinyal memang sangat penting bagi beberapa alat komunikasi salah satunya adalah HP. Kekuatan sinyal memang sangat dibutuhkan untuk menunjang segala aktivitas yang berhubungan dengan komunikasi jarak jauh. Tanpa adanya sinyal, ponsel tidak akan bisa digunakan baik itu untuk telepon, sms ataupun internet. Sebaliknya, semakin kuat sinyal, maka segala macam aktivitas komunikasi akan menjadi sangat lancar.

5 Cara Memperkuat Sinyal HP Dengan Alat Sederhana

Mendapatkan sinyal yang kiat memang terkadang sulit dilakukan. Terlebih jika kita sedang berada pada daerah yang minim penduduk atau terletak jauh dari perkotaan. Karena tidak adanya tower sebagai salah satu pemancar, maka di daerah seperti ini kamu akan kesulitan mendapatkan sinyal yang bagus. Biasanya HP yang kita gunakan akan mencari jaringan ke tower yang letaknya sangat jauh sehingga sinyal yang di dapat menjadi sangat lemah.

Beberapa Faktor Yang Memperngaruhi Kekuatan Sinyal HP

Selain jarak antara tower dengan ponsel, ada beberapa faktor lain yang juga dapat mempengaruhi kekuatan sinyal. Semakin banyak faktor yang mengganggu sinyal, maka kekuatannya juga akan semakin lemah. Saat kamu mengalami jaringan buruk, secara tidak sadar, mungkin kamu sedang mengalami beberapa faktor yang membuat sinyal HP kamu menjadi sangat lemah seperti yang disebutkan berikut ini.

Faktor Cuaca

Salah satu faktor umum yang dapat mempengaruhi kualitas sinyal ponsel adalah kondisi cuaca dimana kamu berada. Pada saat cuaca sedang buruk seperti hujan deras, angin kencang atau saat ada petir, biasanya kekuatan sinyal HP akan sangat lemah bahkan hilang sama sekali. Jika sudah seperti satu-satunya pilihan terbaik adalah mematikan ponsel supaya aman.

Letak Geografis

Ketika kekuatan sinyal HP lemah, coba cek letak geografis dimana kamu berada saat itu. Biasanya kondisi alam yang berbukit-bukit atau di daerah pegunungan, jaringan seluler akan lebih sulit didapatkan karena terhalang oleh bukit dan gunung. Kondisi geografis suatu tempat memiliki pengaruh besar terhadap kekuatan sinyal meskipun lokasinya masih dekat dengan pusat kota yang notabene terdapat banyak tower.

Kondisi Bangunan

Selain letak geografis, kondisi bangunan dimana kamu berada juga bisa mempengaruhi kekuatan sinyal HP. Semakin padat konstruksi bangunan maka akan membuat sinyal terperangkap diluar sehingga sulit masuk, akibatnya ponsel akan sulit digunakan karena jaringan seluler yang lemah. Salah satunya adalah ketika kamu berada di basement atau didalam lift.

Casing HP

Faktor terkahir yang mungkin tidak kamu duga adalah casing HP yang dipakai. Ada beberapa jenis casing hp yang beredar dipasaran mulai dari logam, plastik hingga karet. Tahukah kamu jika beberapa bahan casing seperti plastik tebal dapat mempengaruhi kekuatan sinyal HP. Hal ini diakibatkan oleh bahan casing yang menghambat masuknya jaringan seluler ke ponsel.

Kekuatan sinyal memang cukup penting terlebih jika kamu mau melakukan aktivitas komunikasi jarak jauh. Jika beberapa faktor diatas sedang menimpamu, maka kemungkinan besar aktivitas komunikasimu akan terganggu. Kamu harus cari-cari sinyal supaya bisa berkomunikasi dengan lancar. Namun terkadang cara ini cukup merepotkan apalagi jika harus berpindah-pindah tempat.

Cara Mudah Memperkuat Sinyal HP Menggunakan Alat Sederhana Disekitar Kita

Menemukan tempat untuk mendapatkan sinyal yang kuat memang sangat merepotkan, terlebih jika kita sedang melakukan aktivitas lain. Namun bagaimanapun juga terkadang kita rela melakukan apapun demi lancarnya komunikasi. Namun jangan khawatir, berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk memperkuat sinyal HP.

Menggunakan Gelas Kaca

Salah satu cara klasik untuk memperkuat sinyal yang mungkin saat ini masih banyak dilakukan oleh orang-orang yang tinggal didaerah pegunungan atau perbukitan adalah dengan menggunakan gelas kaca. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menyediakan gelas yang agak besar dalam posisi menghadap keatas, lalu masukkan HP kedalam gelas. Tunggu beberapa saat pasti sinyal yang didapat akan lebih kuat.

Memakai Mangkuk Kaca

Selain menggunakan gelas, kamu juga bisa memperkuat sinyal dengan menggunakan mangkuk yang terbuat dari kaca. Cara ini hampir sama dengan menggunakan gelas diatas. Penggunaan mangkuk ditujukan kepada perangkat yang ukurannya lebih besar seperti smartphone atau tab. Caranya masih sama, kamu hanya perlu menyediakan mangkuk yang menghadap keatas lalu meletakkan HP kamu diatasnya. Kemudian tunggu beberapa saat hingga sinyal yang masukk jauh lebih kuat.

Menggunakan Wajan Penggorengan

Satu lagi alat rumah tangga disekitar kita yang dapat kamu manfaatkan untuk memperkuat sinyal HP adalah wajan penggorengan. Cara ini akan lebih efektif jika kamu menggunakan wajan yang terbuat dari aluminium. Seperti yang kita tahu bahwa aluminium efektifitasnya sebagai konduktor jauh lebih baik daripada besi. Itulah alasan kenapa kamu bisa memakai wajan penggorengan dari aluminium untuk memperkuat jaringan seluler ponsel yang lemah.

Baca Juga:

Menggunakan Alat DIY Tambahan

Beberapa alat rumah tangga diatas cocok bagi kamu yang tidak mau ribet namun ingin memperkuat sinyal ponsel. Bagi kamu yang suka dengan kegiatan DIY (Do It Yourself) bisa mencoba beberapa alat yang bisa kamu buat sendiri seperti yang ada dibawah ini. Selain pembuatannya yang mudah, bahan-bahan yang diperlukanpun juga mudah didapatkan.

Alat Memperkuat Sinyal Dari Silet

Sumber gambar dari www.99.co

Membuat Alat Penguat Sinyal Dari Silet

Kamu bisa membuatnya seperti contoh gambar diatas. Pertama, sediakan silet lalu gosok dengan magnet agar silet memiliki unsur magnet. Setelah itu potong aluminium foil yang ada perekatnya secukupnya. Tempelkan silet pada aluminium terlebih dahulu. Langkah terakahir, kamu bisa menempelkannya dibalik casing HP kamu sebagai penguat sinyal.

Alat Memperkuat Sinyal Dari CD Bekas

Sumber gambar dari www.99.co

Membuat Alat Penguat Sinyal Dari CD Bekas

Satu lagi barang bekas yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat alat penguat sinyal yaitu CD bekas. Pertama, rekatkan 3 buah CD bekas secara menumpuk. Buat tiang penyangga dari pipa bekas untuk tiang dan kawal kuningan untuk tatakannya. Rekatkan dengan lem tiang penyangga ke lubang tengah pada tumpukan CD bekas kemudian rekatkan dengan lem. Tunggu hingga kering.

Cara menggunakannya cukup mudah. Kamu hanya perlu meletakkan HP diatas kawat kuningan yang sudah dibentuk sedemikian rupa sebagai tatakan. Tunggu selama beberapa saat agar ponsel kamu sinyalnya menguat melalui bantuan alat yang kamu buat dari CD bekas tadi.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperkuat sinyal HP dengan memanfaatkan alat-alat sederhana yang ada disekitar kita. Memperkuat sinyal tak harus membeli alat yang mahal, terlebih saat ini Kemkominfo sendiri melarang penggunaan beberapa alat penguat sinyal sehingga menjadikannya ilegal ketika kita memaksa menggunakannya. Lebih baik kita manfaatkan saja benda-benda disekitar untuk memperkuat sinyal HP.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan