Inilah 5 Cara Memperbaiki Kabel Charger Yang Hampir Putus

Selain berfungsi sebagai penghantar listrik pada saat mengisi daya, kabel charger juga berfungsi sebagai kabel data USB untuk transfer file dari ponsel ke PC. Komponen ini sering mengalami masalah dan dianggap tidak awet meski sudah dijaga dengan baik. Salah satu masalah yang paling sering dialami adalah kabel charger yang hampir putus meski sudah disimpan dengan baik. Jika kamu saat ini mengalami masalah ini, jangan dibuang dulu kabelnya karena masih bisa diperbaiki.

Masalah kabel charger yang hampir putus ini biasanya sering terjadi pada kabel original atau bawaan pabrik. Penyebabnya juga beragam, mulai dari tidak sengaja tertarik, terlipat ketika disimpan, atau rusak sendiri seiring berjalannya waktu. Namun yang pasti masalah ini dapat membuat pengguna menjadi was-was karena takut putus dan tidak bisa dipakai lagi. Untuk menggantinya, mereka lebih memilih membeli yang baru meski bukan original. Padahal kabel yang bukan original membawa banyak dampak buruk bagi ponsel itu sendiri.

Cara Memperbaiki Kabel Charger Yang Hampir Putus

Lalu Bagaimana Cara Memperbaiki Kabel Charger Yang Hampir Putus?

Meski masalah kabel charger yang rusak sudah umum terjadi mengingat sangat sering dipakai bahkan setiap hari. Dipasaran sendiri harga kabel charger sangat beragam mulai dari yang murah dengan harga 10.000 Rupiah hingga yang mahal dengan harga ratusan ribu Rupiah. Terlebih jika kabel charger yang rusak itu bawaan pabrik atau original pasti jika ingin mencari gantinya sedikit agak susah. Maka dari itu, buat kamu yang tidak mau mengeluarkan uang untuk beli baru, simak beberapa cara untuk mengatasi kabel charger yang hampir putus berikut ini.

Menyambung Ulang Kabel Charger

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kabel kabel charger yang hampir putus adalah dengan menyambung ulang. Untuk melakukannya kamu perlu keahlian khusus dalam memotong dan menggunakan solder. Kamu juga bisa cari tutorial cara memperbaiki kabel charger rusak seperti di kanan Youtube. Jika sudah menemukan, kamu tinggal mengikuti urutan dalam menyambung kabel charger agar bisa digunakan kembali.

Salah satu pakar teknologi yang pernah membagikan tips menyambung kabel charger adalah Abdul Moiz di chanel Youtube miliknnya. Berbekal solder, alat pemotong dan lem tembak pria tersebut dengan lihai menyambung kembali kabel charger yang rusak. Pertama ia tampak memotong ujung kabel hingga terlihat 4 bagian yang berwarna hitam, merah, putih dan hitam. Setelah itu mengupas keempat kabel tersebut lalu menyambungnya kembali ke interface dengan menggunakan solder dan lem tembak.

Untuk lebih jelasnya kamu bisa membuka di channel Youtube milikknya yang bernama Abdul Moiz Farooq dengan judul “Prevent Apple Lightning USB cable from breaking” yang membahas cara mengatasi kabel charger yang rusak secara detail dan lengkap. Hingga artikel ini ditulis, video tersebut sudah ditonton oleh lebih dari 95 ribu kali.

Melilit Kabel Charger Dengan Solatip

Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kabel charger yang hampir putus adalah melilitnya dengan solatip. Ada banya jenis solatip yang kita ketahui, namun untuk mengatasi masalah ini gunakanlah solatip khusus untuk kabel. Biasanya solatip kabel ini banyak digunakan oleh tukang listrik. Solatip kabel menggunakan bahan yang sedikit elastis dan kuat jadi sangat cocok untuk memperbaiki kabel charger agar tidak putus.

Cara mengatasi kabel charger yang hampir putus dengan solatip ini cukup mudah. Pertama silahkan sediakan solatip khusus kabel. Kemudian bentangkan bagian kabel charger yang rusak sampai lurus. Lilitlah bagian yang akan putus tersebut secara memutar dan merata hingga tertutup semua. Ingat! Cara ini hanya digunakan untuk mencegah kabel dari resiko putus saja sekaligus membuatnya aman serta dapat digunakan kembali sementara waktu. Namun jika tertarik atau terlipat tidak menutup kemungkinan akan rusak.

Melapisi Kabel Charger Dengan Lem

Cara ketiga selain menggunakan solatip khusus untuk kabel, kamu juga bisa mengatasi kabel charger yang hampir putus dengan cara memberi lem pada bagian yang rusak. Disini kamu bisa menggunakan beberapa jenis lem seperti Glue Gun atau lem silicon. Kedua lem ini bersifat elastis dan bisa merekat pada permukaan rata seperti kabel. Kamu bisa membeli dua jenis lem ini di toko bangunan terdekat dengan harga terjangkau.

Cara menggunakannya cukup mudah. Awali dengan menyiapkan lem terlebih dahulu. Lalu bentangkan bagian kabel charger yang rusak atau mengelupas secara lurus. Setelah itu lapisi bagian yang rusak dengan lem hingga merata. Silahkan lapisi hingga beberapa kali karena akan menjadi lebih kuat. Untuk lapisan yang pertama sebaiknya jangan terlalu tebal. Kamu bisa memberikan lem hingga tebal pada lapisan yang ketiga atau keempat.

Baca Juga:

Mengikat Dengan Benang Jahit

Cara selanjutnya, kamu bisa mengikat kabel charger yang hampir putus dengan benang jahit kemudian melapisinya dengan lem super. Cara ini sedikit agak rumit namun lebih efektif untuk mencegah kabel dari resiko putus daripada solatip maupun lem. Untuk mengikat kabel charger dengan benang jahit, kamu harus teliti dan telaten agar hasilnya maksimal. Caranya adalah seperti berikut.

Pertama silahkan siapkan benang jahit. Kemudian luruskan bagian kabel charger yang hampir putus. Kemudian ikat bagian tersebut dengan cara melilit secara rapat dan merata. Lakukan lilitan sebanyak beberapa lapis hingga terasa kuat dan kencang. Jika sudah selesai, langkah terakhirnya tinggal kamu berikan lem super cair secara merata ke seluruh benang yang sudah mengikat kabel tadi. Jangan dipakai dulu dan tunggu hingga benar-benar kering.

Membeli Kabel Charger Baru

Bagaimanapun juga, tidak semua alat elektronik itu bisa diperbaiki. Jika memang dengan perbaikan tidak berbuah solusi, maka kamu bisa menggantinya dengan yang baru. Cara terakhir ini bisa kamu lakukan untuk mengatasi kabel charger yang hampir putus jika kondisinya sudah benar-benar tidak bisa digunakan secara normal kembali. Namun jika beli kabel charger baru, sebaiknya beli yang original. Jika kamu sulit mendapatkan yang original maka carilah yang kualitasnya sama dengan kabel original.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki dan mengatasi kabel charger yang hampir putus. Dengan memperbaiki sendiri kabel charger yang rusak, maka kamu dapat menghemat pengeluaran. Asalkan masih bisa dipakai secara normal, seharusnya kamu tidak perlu membeli yang baru untuk sementara waktu. Namun jika memang terpaksa tidak bisa diatasi, maka satu-satunya cara adalah dengan membeli dan menggantinya dengan yang baru.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan