Begini Cara Membuka Kunci HP Android Dengan Deteksi Wajah

Membuka kunci HP Android dengan deteksi wajah merupakan salah satu fitur canggih yang ada pada smartphone dengan sistem operasi buatan Google tersebut. Fitur keren ini dapat dinikmati oleh pengguna Android dengan versi Lolipop keatas dengan mengaktifkan Smart Lock pada sistem. Fitur deteksi wajah menjadi sebuah alternatif sistem keamanan lama seperti kata sandi PIN atau pola. Dengan trusted face, pengguna dapat membuka kunci ponsel hanya dengan mengarahkan kamera depan ke wajah.

Begini Cara Membuka Kunci HP Android Dengan Deteksi Wajah

Fitur ini sangat bermanfaat ketika digunakan dalam kondisi tertentu seperti saat menyetir mobil karena pengguna tidak perlu repot membuka kunci memakai tangan. Membuka kunci HP Android dengan deteksi wajah jauh lebih mudah dan cepat. Meski begitu, masih banyak pengguna Android yang belum tahu terhadap keberadaan fitur ini. Karena jika belum diaktifkan, maka fitur trusted face yang ada pada sistem Android ini belum berfungsi dan tidak dapat digunakan.

Mengenal Smart Lock Yang Ada Pada Sistem Operasi Android

Berbicara mengenai cara membuka kunci HP Android dengan deteksi wajah tidak dapat terlepas dari keberadaan sistem Smart Lock yang ada didalamnya. Smart Lock merupakan salah satu sistem keamanan pintar yang dimiliki Android dengan menyediakan fitur unik seperti trsuted place (tempat terpercaya), trusted device (perangkat terpercaya), trusted face (wajah terpercaya) On-body detection (deteksi pada tubuh). Nah, fitur yang akan digunakan pada cara ini adalah trusted face atau wajah terpercaya.

Cara Mengaktifkan Trusted Face atau Deteksi Wajah Yang Ada Pada Smart Lock

Agar dapat menikmati fitur keren untuk membuka kunci HP Android dengan deteksi wajah, kamu harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Kamu juga butuh memasukkan identitas wajah kamu ke dalam daftar sistem Android sebagai tanda pengenal “trusted face”. Tidak hanya satu wajah saja, namun fitur trusted face ini juga dapat menyimpan serta mengenali beberapa wajah orang yang kamu kehendaki. Bagaimana cara menggunakannya? Simak penjelasannya seperti berikut ini.

Pertama, silahkan masuk ke menu setting atau pengaturan dengan ikon roda gigi.

Kedua, scroll kebawah lalu klik sub-menu Kemanan & Lokasi dengan ikon gembok.

Ketiga, scroll kebawah lagi lalu pilih menu Smart Lock. Masukkan nomor PIN atau kata sandi ponsel kamu.

Keempat, kamu sudah masuk kedalam sistem Smart Lock. Klik menu Wajah Terpercaya pada bagian bawah.

 

Kelima, kamu akan diarahkan untuk menyiapkan sampel wajah kamu sebagai trusted face. Klik Siapkan, kemudian klik lagi Berikutnya.

Keenam, siapkan data wajah kamu menjadi trusted face untuk membuka kunci dengan cara mengarahkan kamera depan ke wajah hingga masuk kedalam lingkaran yang sudah tersedia.

Ketujuh, Usahakan wajah kamu masuk seluruhnya kedalam lingkaran. Warna hijau pada garis lingkaran menunjukkan bahwa posisi wajah kamu sudah sesuai.

Kedelapan, tunggu proses loading pada garis lingkaran penuh hingga muncul notifikasi “Wajah Ditambahkan“. Artinya data wajah sudah masuk.

Cara Membuka Kunci HP Android Dengan Deteksi Wajah

Setelah berhasil menambahkan wajah terpercaya atau trusted face, maka fungsi Smart Lock yang ada pada ponsel Android sudah siap untuk digunakan. Sekarang kamu sudah bisa membuka kunci HP Android dengan deteksi wajah. Artinya kamu tidak perlu membuka kunci smartphone dengan memasukkan PIN atau pola lagi.

Cara untuk membuka kunci HP Android dengan deteksi wajah cukup mudah. Kamu hanya perlu menekan tombol power hingga layar ponsel menyala, kemudian arahkan kamera depan ke wajah dengan posisi sejajar mata hingga ikon gembok yang ada dibawah layar terbuka. Kemudian usap layar keatas untuk masuk ke home screen. Selamat, fitur deteksi wajah untuk membuka kunci smartphone sudah berhasil kamu gunakan.

Kelebihan dan Kelemahan Membuka Kunci HP Android Dengan Deteksi Wajah

Setiap fitur kunci keamanan yang ada pada ponsel Android pasti memiliki kekurangan dan juga kelebihan tersendiri. Begitu juga dengan fitur membuka kunci HP Android dengan deteksi wajah. Beberapa kelebihan yang dapat kamu temukan antara lain:

  1. Tidak perlu memasukkan kata sandi, PIN, atau menggambar pola.
  2. Lebih mudah dan praktis digunakan untuk membuka kunci dalam kondisi tertentu.
  3. Menjadi terlihat lebih keren dan canggih dibandingkan dengan sistem kunci keamanan Android yang lain.
  4. Ponsel dapat mengerti dan memahami identitas wajah pemiliknya.

Baca Juga:

Sementara itu, penggunaan trusted face atau wajah terperceraya untuk membuka kunci HP Android dengan deteksi wajah memiliki beberapa kelemahan yang dapat kamu pertimbangkan untuk mengaktifkannya atau tidak. Mengingat sistem keamanan sangatlah penting untuk melindungi ponsel dari penyalahgunaan data pribadi. Berikut ini kelemahannya:

  1. Sistem keamanan trusted face kurang aman dibanding Pola, Pin atau Kata Sandi.
  2. Orang yang memiliki wajah mirip dengan kamu mungkin juga bisa membuka sistem keamanan ini.
  3. Data yang digunakan untuk mengenali wajah kamu akan tersimpan dan direkam kedalam ponsel.
  4. Sistem kadang sulit untuk mendeteksi wajah jika posisi arah kamera ponsel tidak pas.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuka kunci HP Android dengan deteksi wajah. Jika fitur ini masih belum berfungsi dengan normal, kamu dapat memperbaiki identitas atau data wajah dengan masuk kedalam menu Smart Lock untuk menyempurnakan pencocokan wajah atau menghapus wajah terpercaya yang sudah ada lalu mulai menyiapkan ulang kembali. Selamat mencoba! Semoga berhasil.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan