Mudah! Ini Cara Membuat HP Android Jadi CCTV Via Laptop

Di jaman yang serba canggih seperti saat ini, kita bisa melakukan berbagai hal sederhana menjadi lebih bermanfaat dengan bantuan teknologi. Seperti halnya membuat CCTV dari HP Android bekas ke laptop sebagai monitor video. Dengan adanya teknologi yang semakin canggih, kamu bisa membuat HP Android jadi CCTV via laptop dengan beberapa langkah mudah. Hal ini sangat berguna sekali untuk memantau tempat yang rawan dengan tindak kejahatan tanpa harus membeli peralatan mahal.

CCTV sendiri saat ini sudah menjadi barang kebutuhan sebagai sistem keamanan tambahan baik itu untuk tempat usaha atau rumah pribadi. Dengan adanya CCTV kita dapat memantau tempat tertentu tanpa harus berada disana. Umumnya CCTV menggunakan camera khusus yang dihubungkan dengan DVR sebagai output monitor. Namun disini kita akan menggunakan alat sederhana, yakni membuat HP Android jadi CCTV yang dihubungkan langsung ke laptop untuk memantau.

Membuat HP Android Jadi CCTV Via Laptop

Cara Membuat HP Android jadi CCTV Yang Terhubung ke Laptop

Agar bisa mengubah HP Android bekas atau ponsel yang kamu miliki saat ini menjadi sebuah kamera pengintai. Sebelumnya kamu perlu melakukan beberapa persiapan pendukung terlebih dahulu. Disini kita akan menggunakan aplikasi Android pihak ketiga yang bisa di download di Playstore secara gratis. Selain itu, sediakan juga koneksi internet dan Wifi sebagai sarana pendukung trik ini.

Ada dua macam cara yang akan kita bahas pada artikel kali ini. Yakni membuat CCTV dari HP Android dengan menggunakan jaringan lokal Wifi dan juga dengan koneksi internet streaming. Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu kamu lakukan untuk membuat HP Android jadi CCTV:

1. Membuat CCTV Dari HP Android ke Laptop Dengan Jaringan Wifi Lokal

Pertama akan kita bahas cara untuk membuat HP Android jadi CCTV dengan menggunakan jaringan Wifi lokal. Maksudnya kamu akan memanfaatkan hotspot yang ada sebagai server sekaligus perantara antara HP dan laptop. Kamu bisa menggunakan jaringan Wifi dari router atau tathering ponsel lain. Jadi nanti HP dan laptop akan terhubung ke satu jaringan Wifi yang sama untuk bertukar data melalui IP Address.

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah download dan install aplikasi IP Webcam yang bisa kamu cari di Playstore. Aplikasi ini tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu berat. Ukurannya hanya sekitar 21 mb saja.

Langkah kedua untuk membuat HP Android jadi CCTV, sediakan satu jaringan hotspot yang bisa menghubungkan HP untuk CCTV dan juga laptop. Bisa menggunakan smartphone lain yang kamu miliki dengan mengaktifkan hotspot atau tathering-nya.

Catatan: Apabila didekat rumah atau tempat kamu berada saat ini ada jaringan Wifi dari router, kamu bisa menggunakannya. Jadi tidak perlu menggunakan hotspot atau tathering dari HP lain. Langsung gunakan saja Wifi tersebut.

Menu Start Server pada IP Webcam

Ketiga, Sambungkan HP ke Wifi lalu buka aplikasi IP Webcam yang sudah kamu download dan install tadi. Silahkan gulir ke bagian paling bawah. Kemudian pilih menu Start Server. Maka akan muncul IP Addres atau alamat link berupa angka-angka dibawah layar Hp Android. Silahkan dicatat terlebih dahulu.

Link Address IP Webcam

Keempat, langkah selanjutnya untuk membuat HP Android jadi CCTV adalah menghubungkan laptop ke jaringan Wifi yang sama. Lalu masukkan IP Address yang sudah kamu catat tadi ke browser yang ada di laptop. Ketik alamatnya di Addres Bar kemudian tekan Enter.

Masukkan IP Address ke Browser Laptop

Selesai. Disini kamu akan dapat melihat apa yang ditangkap oleh kamera HP Android tadi secara live streaming di monitor laptop. Kamu bisa pilih pengaturan video randerer dan audio randerer sesuai dengab keinginan.

2. Membuat CCTV Dari HP Android ke Laptop Menggunakan Internet Streaming

Apabila cara pertama untuk membuat HP Android jadi CCTV diatas adalah dengan memanfaatkan jaringan Wifi lokal yang tersedia entah itu dari Router atau dari hotspot atau tathering HP lain, maka disini kita akan memanfaatkan koneksi internet yang ada pada ponsel secara streaming. Cara ini akan memakan lebih banyak kuota internet yang kamu miliki. Namun kelebihannya adalah bisa menjangkau jarak tak terbatas asal masih ada sinyal seluler.

Untuk langkah pertama dalam membuat CCTV dari HP Android ke laptop, yang pasti pasang aplikasi IP Webcam terlebih dahulu pada ponsel kamu. Jika belum punya, silahkan download dan install dari Playstore secara gratis.

Kedua, silahkan buka aplikasi IP Webcam yang sudah kamu install tersebut. Kemudian silahkan pilih menu Cloud streaming. Disini kamu lakukan cek terlebih dahulu apakah HP kamu kompatibel atau tidak dengan cara klik pada Test Compatibility.

Koneksi IP Webcam dengan Cloud streaming

Apabila hasil tes menunjukkan bahwa ponsel kamu kompatibel, maka langkah untuk membuat HP Android jadi CCTV selanjutnya adalah login atau masuk ke Ivideon. Apabila kamu belum punya akun Ivideon, silahkan daftar terlebih dahulu. Jika sudah, jangan lupa untuk centang pada bagian Cloud streaming active.

Baca Juga:

Setelah itu silahkan tekan tombol kembali. Lalu pilih menu Start server. Disini ponsel kamu akan mengirim data video yang ditangkap oleh kamera secara realtime ke Ivideon melalui akun yang sudah kamu gunakan tadi.

Langkah selanjutnya untuk membuat HP Android jadi CCTV adalah melihat hasil streaming di laptop. Caranya adalah buka dulu browser laptop. Lalu buka situs www.ivideon.com kemudian login dengan akun yang sama pada apliaksi IP Webcam tadi. Jika sudah berhasil login, maka kamu akan bisa melihat video camera secara live streaming.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat HP Android jadi CCTV dengan menggunakan laptop sebagai monitor. Apabila sudah berhasil, kamu tinggal meletakkan kamera ditempat-tempat tertentu yang sekiranya perlu untuk dipantau. Karena berukuran cukup besar, sebaiknya taruh ponsel CCTV tersebut di tempat yang tersembunyi. Kami juga bisa menyamarkannya menjadi benda lain seperti vas bunga, kotak kardus, panjangan dan lain sebagainya.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan