7 Tips Membeli Printer Kasir Thermal Untuk Toko dan PPOB

Membeli printer kasir thermal sudah menjadi suatu kebutuhan bagi mereka yang punya usaha seperti toko, online shop ataupun jasa PPOB. Printer ini memiliki fungsi untuk mencetak struk pembayaran sebagai alat bukti transaksi yang sah antara penjual dan pembeli. Ini sangat berguna ketika ada masalah pasca transaksi seperti salah pembayaran atau mau menukarkan barang. Dengan bantuan printer thermal, struk pembayaran kasir bisa dengan mudah di cetak melalui perangkat laptop ataupun smartphone Android.

Ketika akan membeli printer kasir thermal seperti ini, maka kamu akan mendapati banyak sekali jenis dan merk yang beredar di pasaran sehingga membuatmu bingung. Meski pada dasarnya memiliki fungsi yang sama, namun setiap produsen menawarkan berbagai fitur menarik untuk para penggunanya. Namun, banyaknya fitur tambahan pada printer ini tentunya juga diiringi dengan harga jual yang juga semakin tinggi.

7 Tips Membeli Printer Kasir Thermal Untuk Toko dan PPOB

Dalam membeli printer kasir thermal sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan. Jadi kamu akan lebih hemat anggaran pembelian untuk mendapatkan fitur yang pas dan sesuai dengan apa yang dicari. Kamu juga perlu menyesuaikan alat apa yang akan digunakan, apakah itu laptop, komputer, tablet, atau smartphone Android. Karena pada dasarnya setiap perangkat tersebut membutuhkan koneksi yang berbeda-beda agar bisa bekerja secara maksimal.

Cara Memilih Printer Kasir Thermal Yang Cocok Untuk Ponsel Android, Tablet, Laptop dan Komputer

Agar kamu lebih mudah dalam membeli printer kasir thermal, sebaiknya tentukan dulu alat apa yang akan kamu gunakan. Apakah itu ponsel Android, tablet, laptop ataukah komputer. Ini adalah alasan mendasar untuk menentukan printer seperti apa yang akan dibeli. Sebagai contoh, beberapa printer kasir untuk laptop tidak akan bisa digunakan pada smartphone Android atau tablet karena koneksinya menggunakan USB. Jadi perhatikan tips berikut ketika akan membeli.

Tentukan Ukuran Kertasnya

Langkah pertama yang perlu kamu pertimbangkan ketika akan membeli printer kasir thermal adalah ukuran kertasnya. Printer kasir memiliki dua jenis ukuran kertas yaitu yang berukuran 58 mili meter serta 80 mili meter. Bedanya terletak pada lebar kertas tersebut. Sebaiknya tentukan ukuran kertasnya sesuai kebutuhan. Ukuran kertas 58 mm lebih cocok untuk toko atau online shop. Sedangkan ukuran 80 mm lebih cocok untuk struk pembayaran PPOB.

Pastikan Pakai Teknologi Thermal

Ketika membeli printer kasir thermal, pastikan yang memakai teknologi thermal. Info buat kamu, printer kasir itu ada dua jenisnya, yaitu yang thermal dan satu yang dot matrix. Printer jenis ini lebih mudah dirawat daripada printer jenis dot matrix. Selain itu, printer thermal juga lebih cepat melakukan proses cetak struk pembayaran. Namun, harga kertas thermal sedikit lebih mahal karena menggunakan kertas khusus.

Punya Fitur Koneksi Bluetooth

Nah khusus buat kamu yang memakai perangkat tablet atau smartphone Android sebaiknya membeli printer kasir thermal yang memiliki fitur koneksi bluetooth. Pada dasarnya, printer dengan koneksi USB akan sulit digunakan untuk table atau smartphone. Malahan, tidak bisa terdeteksi sehingga tidak bisa berfungsi. Maka dari itu, akan lebih mudah memakai yang ada fitur bluetooth-nya. Tinggal buka aplikasi POS kamu sudah bisa mencetak struk pembayaran dari HP.

Bisa Pakai Listrik dan Baterai

Saat ini, para produsen printer kasir semakin inovatif. Mereka tidak hanya membuat printer yang memakai energi listrik saja, namun juga menyediakan printer dengan energi baterai. Artinya, printer tersebut bisa digunakan secara portable tanpa harus bergantung pada listrik. Nah jika kamu membutuhkan printer yang bisa dibawa dan dipakai dimana saja, sebaiknya kamu membeli printer kasir thermal yang bisa digunakan dengan tenaga baterai.

Muat Gulungan Kertas Besar

Meski rata-rata ukuran printer kasir itu kecil, namun ada juga yang bisa muat dengan kertas thermal gulungan besar. Kapasitas kertas yang lebih banyak akan membuat struk pembayaran yang dicetak lebih banyak pula. Ini cocok buat kamu yang punya toko ramai pembeli sehingga tidak harus sering mengisi kertas yang akan semakin memperlambat pekerjaan. Jadi, sebaiknya pertimbangkan juga kapasitas kertasnya ketika kamu akan membeli printer kasir thermal.

Baca Juga:

Dibekali Driver Yang Kompatibel

Printer adalah sebuah hardware. Maka dari itu, pastikan sudah dibekali driver bawaan yang kompatibel dengan versi Windows yang baru ataupun yang lama. Ini adalah hal penting buat kamu yang akan menggunakan printer kasir ini pada laptop atau komputer. Sebuah hardware yang tidak dibekali driver maka tidak akan bisa digunakan. Sebaiknya, perhatikan driver bawaan ketika membeli printer kasir thermal supaya bisa bekerja di laptop atau komputer.

Merk Bukan Jaminan

Tips terakhir yang bisa kamu terapkan mencari printer adalah mendapatkan yang kualitasnya baik sehingga usia penggunaannya bisa lama. Satu hal yang perlu kamu ketahui ketika membeli printer kasir thermal bahwa merk bukanlah sebuah jaminan awet atau tidaknya. Daripada mengedepankan merk, lebih baik kamu mementingkan fitur yang disediakan. Karena pada dasarnya cara penggunaan dan perawatanlah yang menentukan usia sebuah printer itu sendiri.

Penutup

Itulah beberapa tips yang bisa kamu pertimbangkan ketika akan membeli printer kasir thermal untuk usaha toko, PPOB, atau online shop. Mencari printer thermal memang sedikit lebih rumit ketimbang membeli printer biasa. Hal ini disebabkan oleh setiap printer yang ada dipasaran hampir mirip semuanya. Namun kita sulit mengetahui mana yang berkualitas baik dan tidak. Jadi, sebaiknya belilah printer kasir sesuai dengan kebutuhan saja.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan