7 Tips Membeli Printer Bekas Berkualitas Untuk Mahasiswa

Bagi para pelajar dan mahasiswa, saat ini printer juga bisa dikategorikan sebagai kebutuhan untuk mencetak berbagai dokumen dan juga tugas. Memiliki printer sendiri akan lebih menghemat pengeluaran mengingat biaya cetak yang semakin mahal dan lebih sering dilakukan bahkan hampir setiap hari. Namun, harga printer saat ini masih tergolong tinggi. Salah satu untuk menyiasatinya masalah harga yang cukup menguras kantong ini adalah dengan membeli printer bekas berkualitas.

Membeli printer tidak harus yang masih keadaan baru. Jika kamu lebih jeli dalam membeli printer bekas, maka bisa mendapatkan yang kualitas hasil cetaknya masih bagus dengan harga jauh dibawah printer baru. Berbicara mengenai harga, berbagai jenis printer bekas rata-rata harga pasarannya hampir separuh dari harga baru. Jadi dengan membeli yang second, kamu bisa menghemat anggaran hingga separuhnya.

7 Tips Membeli Printer Bekas Berkualitas Untuk Mahasiswa

Banyak orang termasuk pelajar dan mahasiswa menganggap bahwa membeli printer second adalah perjudian. Maksudnya, kita tidak tahu ketika dibeli dari tangan pertama itu kondisinya seperti apa. Padahal hal tersebut tidak sepenuhnya benar, asalkan memilihnya dengan teliti maka kamu bisa membeli printer bekas berkualitas bagus seperti halnya printer baru. Malahan dengan harga yang jauh dibawah harga barunya.

Tips Membeli Printer Bekas Berkualitas Untuk Mahasiswa

Buat kamu yang ingin membeli printer bekas berkualitas, kamu bisa menggunakan tips ini sebagai salah satu acuan agar tidak tertipu sehingga mendapatkan yang sudah rusak. Meskipun sudah dalam keadaan second, namun kamu tetap harus mencari yang terbaik agar bisa dipakai secara normal. silahkan simak beberapa tips berikut ini sebelum memutuskan untuk membeli printer tersebut.

Tentukan Jenis Printer Sesuai Kebutuhan

Tips pertama dalam membeli printer bekas berkualitas, silahkan kamu tentukan jenis printer apa yang akan kamu gunakan apakah itu laserjet atau inkjet. Buat yang belum paham bisa baca artikel perbedaan antara printer inkjet dan laserjet yang sudah dibahas sebelumnya. Usahakan memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Namun umunya pelajar dan mahasiswa menggunakan printer inkjet saja sudah cukup. Karena pada dasarnya kebutuhannya hanya untuk cetak materi kuliah, tugas, dokumen dan lain sebagainya.

Jika Perlu Cari Yang Ada Fitur Tambahan

Seperti yang kita tahu, sebuah printer fungsinya tidak hanya untuk untuk mencetak saja namun juga bisa scan dokumen atau fotocopy. Sebagai pelajar atau mahasiswa, jika kamu membutuhkannya untuk scan dokumen yang berupa materi, tugas, foto, gambar dan lain sebaginya. Oleh karena itu kamu bisa membeli printer bekas berkualitas yang memiliki fitur tambahan scanner. Dengan adanya fitur ini, kamu akan lebih mudah untuk memindai sendiri di rumah. Selain itu kamu juga bisa melakukan fotocopy dokumen menggunakan printer itu sendiri.

Perhatikan Pemakaian Tangan Pertama

Ketika membeli printer bekas, jangan lupa untuk mempertimbangkan track record pemakaian dari tangan pertama. Apakah dipakai untuk komersil, rumahan atau perkantoran. Jangan lupa untuk menanyakan juga sudah berapa lama printer tersebut dipakai sejak pembelian pertama kali. Semakin pendek waktu pemakaiannya maka kondisi printer akan semakin bagus. Selain itu, pemakaian secara rumahan biasanya juga membuat printer masih bagus karena jarang digunakan.

Periksa Seluruh Kelengkapan Printer

Selain itu, kamu juga perlu memeriksa seluruh kelengkapan jika ingin membeli printer bekas berkualitas. Beberapa perlengkapan bawaan printer seperti buku manual, kabel power dan juga kabel USB harus ada dan masih berfungsi dengan baik. Jika memakai sistem infus, usahakan kondisi tabung infus dan selang pada printer tersebut tidak bocor serta tintanya masih mengalir dengan baik. Semua ini perlu kamu periksa karena jika ada kerusakan maka kamu harus membeli atau menggantinya dengan yang baru.

Cek Kondisi Fisik dan Non-Fisik

Melakukan cek terhadap kondisi barang elektronik sangat penting. Apalagi printer yang notabene adalah perangkat yang rawan mengalami kerusakan. Cek fisik pada printer meliputi body, segel, dan kebersihannya. Dalam membeli printer bekas sebaiknya cari yang body-nya masih belum tergores serta bersih. Itu tandanya printer dirawat dengan baik oleh pemiliknya. Selain itu perhatikan juga bagian segel pada bautnya. Jika masih tersegel dengan baik artinya printer tersebut belum pernah dibongkar secara fisik.

Setelah melakukan cek bagian fisik, jangan lupa cek bagian non-fisiknya seperti driver dan juga perangkat lunak pendukung lainnya. Setiap printer yang dibeli dalam kondisi baru selalu dibekali dengan driver dan juga beberapa software multimedia berkaitan dengan printer yang disematkan pada sebuah CD. Namun yang paling penting adalah driver-nya. Tanpa adanya driver maka printer tersebut tidak bisa bekerja secara maksimal pada laptop atau komputermu.

Baca Juga:

Cari Tahu Harga Pasarannya

Mengetahui harga pasaran dari printer tersebut juga tidak kalah pentingnya. Apabila kamu tidak tahu harga pasarannya, maka kemungkinan kamu akan terkena tipu menjadi sangat besar. Memang setiap printer memiliki harga pasaran yang berbeda-beda tergantung tipe dan merknya. Kamu bisa cek harga pasaran tersebut di internet termasuk marketplace. Mengetahui harga pasaran akan membuat kamu mudah negosiasi sehingga bisa membeli printer bekas dengan harga terjangkau.

Lakukan Tes Hasil Cetak

Terakhir, adalah salah satu hal yang tidak boleh kamu lewatkan. Yakni melakukan tes hasil cetak dari printer tersebut. Terlebih yang kamu beli adalah jenis inkjet, dengan cara ini kamu bisa mengetahui bagaimana kondisi cartridge printer tersebut, apakah masih layak atau tidak. Karena pada dasarnya hasil cetak printer inkjet sangat bergantung pada cartridge dan menjadi komponen paling mahal. Jadi agar kamu bisa membeli printer bekas berkualitas, selalu lakukan tes hasil cetak.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai membeli printer bekas berkualitas yang cocok buat kamu pertimbangkan terlebih dahulu. Dengan mempertimbangkan banyak aspek seperti diatas, maka ketika membeli printer bekas kamu akan lebih untung. Berbeda halnya jika kamu asal-asalan membeli printer second, yang ada justru kamu malah rugi uang karena membeli barang yang tidak layak digunakan. Yang jelas jangan terburu-buru, lebih baik hati-hati dan teliti sebelum membeli.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan