Teliti! Ini 6 Cara Membedakan Charger Laptop Original dan KW

Apakah kamu sedang mencari-cari charger asli untuk laptop? Atau kamu mau beli charger laptop tapi takut dapat yang palsu? Tenang, Edutizen akan membahas cara membedakan charger laptop original dan KW karena masalah ini sering terjadi di semua merk entah itu Acer, Toshiba, Asus, HP, Dell, Samsung dan lain-lain. Memang sih, terkadang ketika akan membeli peralatan laptop kita berada dalam situasi dilema karena banyaknya produk-produk seperti adaptor charger laptop tiruan yang jika dilihat sekilas mirip seperti produk aslinya.

Membahas mengenai cara membedakan charger laptop original dan KW, tidak dapat terlepas dari ketelitian dan pemahaman kita terhadap bagian-bagian yang digunakan untuk membuat charger itu sendiri. Di jaman yang semakin modern seperti ini, produksi aksesoris laptop palsu juga semakin mendekati sempurna. Mulai dari komponen, bahan, stiker, desain bahkan hingga beratnya dibuat semirip mungkin supaya pembeli tidak curiga. Namun bagaimanapun juga, charger asli tetap memiliki ciri khusus.

Teliti! Ini 6 Cara Membedakan Charger Laptop Original dan KW

Kenapa Harus Memakai Charger Laptop Asli Daripada Yang Palsu?

Banyak orang yang masih berasumsi bahwa semua jenis charger laptop itu sama saja entah itu yang asli atau yang palsu, yang penting socket-nya sama dan bisa mengisi daya. Padahal sudah jelas ada banyak hal yang membedakan charger laptop original dan KW terutama pada sisi keamanan dan ketahanannya. Namun sayangnya, banyak orang yang lebih suka memakai charger laptop non-original karena berbagai alasan. Sebenarnya, kenapa sih kamu harus memakai charger laptop asli daripada yang palsu?

Output Daya Sesuai Baterai

Pertama, output daya yang ada pada charger original sudah tentu disesuaikan dengan kebutuhan baterai laptop itu sendiri. Sebuah baterai isi ulang pasti memiliki spesifikasi kebutuhan voltase dan ampere meter tertentu, sehingga charger yang digunakan untuk mengisi daya output-nya juga harus sesuai bahkan sama persis. Berbeda halnya dengan charger KW yang tidak memiliki ukuran standar output karena komponennya berbeda.

Arus Listrik Lebih Stabil

Salah satu fungsi dari charger adalah melakukan konversi dari listrik AC ke DC. Arus listrik dari stop kontak yang besar akan diubah menjadi lebih kecil oleh sebuah alat yang namanya adaptor. Pada charger laptop original, akan dapat mengalirkan output listrik yang sudah dikonversi oleh adaptor menjadi lebih stabil karena memakai komponen yang namanya filter choke. Namun alat ini tidak terdapat pada charger KW sehingga arusnya sering tidak stabil.

Charger Lebih Awet

Charger laptop original memiliki daya tahan yang sangat baik. Hal ini disebabkan oleh komponen yang digunakan adalah pilihan. Charger original didesain oleh pabrik hingga sampai memperhatikan hal-hal detail. Dengan begini, charger original akan jauh lebih awet dalam batas pemakaian yang wajar. Selain itu, charger asli juga lebih tahan terhadap benturan.

Aman Untuk Digunakan

Beberapa kecelakaan dalam penggunaan laptop salah satunya disebabkan oleh charger. Karena berhubungan langsung dengan listrik, maka charger laptop original dirancang sebaik mungkin oleh pabrik dengan mempertimbangkan sisi keamanan. Maka dari itu, menggubakan charger original akan menghindarkan kamu dari hal-hal yang dapat membahayakan.

Inilah Beberapa Perbedaan Charger Laptop Original dan KW

Setelah mengetahui betapa pentingnya memakai charger laptop original seperti yang dijelaskan diatas. Hendaknya kamu lebih berhati-hati agar tidak salah membeli. Apalagi jika sampai sengaja membeli charger laptop yang KW atau palsu. Maka akan banyak kerugian yang bisa kamu dapatkan. Lalu bagaimana cara membedakan charger laptop asli dan palsu? Berikut ini penjelasannya.

Perbedaan Dari Segi Harga

Dari segi harga saja kita akan dapat membedakan charger laptop original dan KW. Biasanya charger original harga ya jauh lebih mahal bahkan bisa mencapai dua kali lipat dari harga charger KW. Hal ini bisa terjadi karena bahan yang dipakai untuk menyusun komponen adaptor berbeda kualitasnya. Charger asli bisa kita beli dengan kisaran harga 300-500 ribuan sedangkan charger palsu bisa kita dapat hanya dengan mengeluarkan uang sebesar 150-200 ribuan saja. Harga yang cukup mencolok bukan.

Perbedaan Dari Segi Komponen Adaptor

Dari segi komponen, ada banyak hal yang membedakan charger laptop original dan KW. Umumnya, pada charger original memiliki komponen yang berfungsi sebagai filtrasi, penahan arus dan juga pengaman voltase tinggi. Ini adalah standarisasi guna mencegah adanya kebocoran pada arus AC. Pada charger KW, kamu tidak akan mungkin menemukan komponen pengaman seperti ini mengingat harganya yang mencapai 2-7 US Dollar. Apalagi jika charger palsu tersebut harganya sangat murah.

Perbedaan Dari Segi Daya Yang Dihasilkan

Seperti yang sudah kita singgung diatas bahwa hal paling dasar yang membedakan charger laptop original dan KW ada pada kemampuan adaptor dalam melakukan konversi arus listrik. Arus listrik yang dihasilkan oleh charger asli akan cenderung lebih stabil, sesuai dengan ukuran voltase dan ampere meter, serta tidak adanya kebocoran arus. Sedangkan pada charger palsu berpotensi terjadi ketidak sesuaian arus. Hal ini bisa dibuktikan dengan adaptor-nya yang cepat panas.

Perbedaan Dari Segi Berat

Segi fisik yang bisa membedakan charger laptop original dan KW adalah beratnya. Kebanyakan charger asli memang lebih berat dibandingkan dengan charger palsu. Hal ini mungkin bisa terjadi adanya perbedaan dari komponen elektronik yang menyusun adaptor-nya. Untuk membuktikannya, kamu bisa bandingkan berat beban antara charger asli dan charger yang KW.

Perbedaan Pada Stiker Informasi

Salah satu hal penting yang harus disertakan dalam alat elektronik adalah stiker informasi baik itu daya dan cara menggunakan. Begitu juga dengan charger laptop. Membedakan charger laptop original dan KW bisa dilihat dari kesesuaian informasi pada stiker. Pada charger asli biasanya nilai voltase dan ampere meter akan sama dengan stiker jika diukur. Namun pada charger palsu akan terjadi perbedaan nilai jika diukur dengan alat.

Tips Membeli dan Mendapatkan Charger Laptop Original

Diatas sudah penulis sampaikan hal-lah yang membedakan charger laptop original dan KW. charger asli dan yang palsu dari berbagai sisi mulai dari harganya hingga kualitasnya. Nah jika kamu masih takut mendapatkan charger yang palsu ketika membelinya, berikut ini kita beberapa tips tentang bagaimana cara untuk mendapatkan serta membeli charger laptop yang asli di toko-toko komputer yang ada di daerahmu agar kamu tidak tertipu.

Bawa Sampel Charger Yang Asli

Pada saat mau membeli charger laptop original, pastikan kamu membawa sampel charger yang asli. Selain untuk kamu tunjukkan pada penjaga toko, ini juga berguna sebagai alat pembanding dalam membedakan charger laptop original dan KW dari segi fisiknya. Terkadang kita akan kesulitan membedakan barang asli dan palsu jika tidak membawa barang yang originalnya.

Baca Juga:

Beli Di Toko Resmi Laptop Kamu

Cara yang paling mudah untuk mendapatkan charger original adalah dengan membelinya di toko resmi. Kamu bisa datang ke toko resmi merk laptopmu entah itu Acer, Toshiba, Asus, HP, Dell, Samsung dan sebagainya di kota-kota yang tersedia. Kamu tinggal bawa laptopmu lalu menanyakannya kepada pelayan toko tersebut. Charger yang kamu beli dari toko resmi biasanya original atau asli seperti bawaan pabrik.

Hindari Membeli Secara Online

Karena kadang sulit membedakan charger laptop original dan KW di toko online, maka penulis sarankan kamu untuk tidak membelinya secara online. Seperti yang kita tahu bahwa transaksi online sering dijadikan sebagai modus penipuan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Jika terpaksa, kamu boleh membeli charger laptop secara online namun hanya di toko resminya saja. Dengan begini resiko mendapatkan charger palsu bisa dihindari.

Inden atau Pesan Jika Memungkinkan

Terakhir, ketika toko-toko komputer didaerahmu tidak menyediakan charger original sesuai dengan merk laptopmu, cobalah untuk memesan atau inden. Jika bisa, biasanya kamu akan diminta untuk memberikan uang muka atau down payment yang besarnya sesuai kesepakatan masing-masing. Dengan begini kamu tidak akan repot membedakan charger laptop original dan kw lagi.

Penutup

Itulah rangkaian penjelasan mengenai cara membedakan charger laptop original dan KW serta penulis berikan tips untuk membeli dan mendapatkan charger laptop yang asli. Ditambah lagi kamu sudah diberikan gambaran pentingnya memakai charger laptop yang asli. Semua pembahasan diatas ditulis berdasarkan pengalama pribadi. Jadi setelah menyimak artikel diatas, digarapkan kamu terhindar dari penipuan dan hal-hal yang bersifat berugikan.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan