Cara Membatasi Kecepatan Hotspot Atau Tethering Android

Membatasi kecepatan hotspot atau tethering Android memang sangat dibutuhkan agar paket data seluler lebih terkendali. Saat ini, setiap ponsel pintar apapun merk-nya entah itu, Samsung, Xiaomi, Realme, Oppo, Vivo Asus Acer, Lenovo, Evercoss, dan lain-lain pasti membekali fitur ini pada setiap produknya. Dengan hotspot atau tethering, kamu dapat secara mudah berbagi sinyal Wifi dengan perangkat lain seperti Laptop, Konsol, Komputer atau smartphone yang lain.

Namun, berbagi koneksi internet dengan hotspot atau tethering dari smartphone dapat membuat konsumsi kuota menjadi lebih boros. Lalu bagaimana cara menyiasatinya? Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan membatasi kecepatan hotspot atau tethering Android tersebut pada kecepatan yang rendah. Pembatasan kecepatan akan membuat konsumsi paket data jauh lebih terkontrol. Dengan begini, jumlah paket data yang keluar jadi lebih sedikit meski digunakan dalam waktu yang lama.

Cara Membatasi Kecepatan Hotspot Atau Tethering Android

Namun sayang, fasilitas pembatasan kecepatan hotspot atau tethering bawaan sistem ini sudah dihilangkan dari sistem Android pada versi 4.4.2 lalu. Jadi, buat kamu yang memakai sistem Android diatas versi tersebut sudah tidak lagi menemukan fitur untuk membatasi kecepatan hotspot atau tethering Android di menu pengaturan. Dengan adanya pemangkasan fitur ini, banyak pengguna Android yang mulai gelisah ketik mengaktifkan tethering atau hotspot yang terhubung ke perangkat lain. Akibatnya, penggunaan bandwidth Wifi jadi sulit dikendalikan.

Cara Membatasi Kecepatan Internet Hotspot Atau Tethering di HP Android

Meski fitur untuk membatasi kecepatan jaringan internet Android ini sudah dihilangkan, bukan berarti kamu tidak bisa melakukan kontrol kecepatan internet seluler. Untuk menyiasati hal tersebut, kamu bisa memakai bantuan aplikasi pihak ketiga yang bisa kamu download di Play Store. Beberapa developer Android sudah ada yang mengembangkan software yang fungsinya untuk melakukan pembatasan kecepatan internet di smartphone. Dengan bantuan aplikasi, kamu akan bisa melakukannya. Berikut ini caranya.

Penting! Membatasi kecepatan internet pada jarigan seluler Android tanpa root adalah hal mustahil. Maka dari itu, aplikasi yang akan digunakan pada pembahasan kali ini membutuhkan akses ROOT. Sebelum terlanjur, sebaiknya pertimbangkan hal ini dengan matang. Penulis tidak bertanggung jawab atas segala yang kemungkinan yang terjadi.

Mengenal Aplikasi BradyBound

BradyBound adalah sebuah aplikasi pihak ketiga yang akan kita gunakan untuk membatasi kecepatan hotspot atau tethering Android pada artikel kali ini. Software ini dapat kamu download secara gratis di Play Store. Software yang dikembangkan oleh Mansour Behabadi ini dapat menjadi pengganti fitur pembatas kecepatan yang sudah dihilangkan oleh sistem Android versi terbaru. BradyBoud dapat bekerja dan berfungsi untuk jaringan 3G ataupun juga 4G yang saat ini sudah digunakan oleh banyak smartphone.

Aplikasi BradyBoud memiliki user interface yang sangat sederhana. Bahkan tidak banyak tombol-tombol yang akan menyulitkan pengguna. Untuk ukuran software Android, BradyBound termasuk memiliki ukuran yang sangat mini, bahkan ukurannya tidak lebih dari 1 Mb. Namun, aplikasi ini memiliki kelemahan yaitu tidak cocok digunakan pada ROM tertentu dan juga meminta akses root agar dapat bekerja sebagai mana mestinya.

Download Aplikasi BradyBoud di Play Store

Untuk melanjutkan langkah membatasi kecepatan hotspot atau tethering Android, kamu harus mengunduh atau download aplikasinya secara gratis di Play Store. Silahkan buka Play Store, lalu ketik kata kunci “BradyBound” tanpa tanda kutip di kolom pencarian. Disana akan ada aplikasi BradyBound yang dikembangkan oleh Mansour Behabadi. Silahkan Download dan Install aplikasi ini lalu tunggu hingga prosesnya selesai. Setelah itu silahkan dibuka.

Sebelum melanjutkan ke tahap berikutnya, sekali lagi penulis ingin mengingatkan bahwa aplikasi ini membutuhkan akses ROOT agar bisa bekerja secara maksimal. Jika kamu ragu untuk melakukannya, sebaiknya jangan dilanjutkan. Namun sebenarnya, proses ROOT ini tidak berbahaya terhadap sistem operasi jika tidak digunakan untuk hal yang aneh-aneh. Namun semua keputusan tetap kembali lagi ke kamu.

Buka dan Lakukan Pengaturan

Jika proses download dan instalasi selesai, maka langkah selanjutnya adalah membukanya kemudian melakukan pengaturan pada aplikasi. Pertama, silahkan buka dulu aplikasi BradyBound-nya, lalu kamu akan diminta izin akses root. Jika akses root sudah di lolos, maka kamu akan melihat user interface untuk melakukan pengaturan membatasi kecepatan hotspot atau tethering Android. Pada tab “Download Speed Limit“, kamu dapat mengatur berapa besar kecepatan internet yang diinginkan.

Baca Juga:

Semakin di geser ke kiri, maka ukuran kecepatan akan semakin turun. Sebaliknya, jika kamu menggeser indikator tersebut semakin ke kanan, maka ukuran kecepatannya akan semakin tinggi. Satuan kecepatan yang ada pada aplikasi BradyBound ini adalah KB/s (Kilobytes per second). Jika sudah mengatur kecepatan sesuai dengan keinginan, langkah selanjutnya adalah dengan klik tombol “Set Limit“.

Sekilas info: Jadi aplikasi BaradyBound ini tidak hanya berfungsi sebagai pembatas kecepatan pada tethering atau hotspot saja, namun juga melakukan pembatasan kecepatan secara menyeluruh pada ponsel. Akibatnya, seluruh aplikasi ponsel yang memakai akses internet, juga akan terpengaruh dengan pembatasan kecepatan yang kamu lakukan.

Aktifkan Hotspot atau Tethering

Pengaturan membatasi kecepatan hotspot atau tethering Android sudah selesai, sekarang saatnya kini menghidupkan fitur hotspot atau tethering pada ponsel Android kamu. Kini, kecepatannya sudah terbatas pada ukuran tertentu sesuai dengan yang kamu inginkan. Ketika dicoba, maka koneksi internet akan terasa sangat lambat jika kamu mengatur kecepatan sangat rendah. Namun hal ini sangat efektif supaya perangkat yang terhubung ke Wifi kamu tidak menghabiskan banyak kuota atau paket data.

Cara Matikan Pembatasan Kecepatan

Nah, poin yang terakhir ini juga penting untuk kamu baca. Agar fungsi yang kamu gunakan untuk membatasi kecepatan hotspot atau tethering Android tersebut mati, caranya adalah dengan membuka aplikasi BardyBound tersebut, lalu klik tombol “Clear“. Tombol clear ini berfungsi untuk mengembalikan semua pengaturan yang sudah kamu lakukan sebelumnya, ke kondisi semula. Dengan begini, pembatasan kecepatan yang sudah dilakukan tadi sudah tidak berfungsi.

Penutup

Itulah tadi penjelasan mengenai cara membatasi kecepatan hotspot atau tethering Android yang bisa kamu terapkan di smartphone milikmu. Selain itu, cara ini juga bisa digunakan untuk membatasi kecepatan internet pada ponsel. Jadi, ini sangat cocok sekali buat kamu yang punya anak atau punya adik yang suka menghabiskan paket data. Dengan menerapkan cara ini, maka beberapa aplikasi yang banyak memakan kuota akan sedikit tidak berfungsi seperti proses download atau streaming youtube. Selamat mencoba.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan