Cara Melihat Aplikasi Yang Sedang Berjalan di Laptop Windows

Laptop adalah salah satu gadget yang banyak digunakan untuk berbagai macam keperluan baik itu kantor, pendidikan, pelayanan, hiburan dan lain sebagainya. Untuk mendukung berbagai macam pekerjaan tersebut laptop harus di install berbagai macam aplikasi tertentu tergantung kebutuhan masing-masing. Ada aplikasi yang berjalan karena dibuka dan ada aplikasi yang berjalan di latar belakang secara otomatis. Lalu bagaimana cara melihat aplikasi yang sedang berjalan di laptop Windows?

Ketika kita membahas serta melihat aplikasi yang sedang berjalan di laptop Windows, maka kita juga berbicara mengenai pengaruh terhadap kinerja laptop itu sendiri. Semakin banyak aplikasi dibuka dan bekerja, maka akan beban laptop juga semakin berat. Oleh karena itu, tidak semua software yang terpasang di laptop harus dibuka semua ketika laptop dihidupkan. Namun hanya aplikasi-aplikasi tertentu perlu dijalankan sesuai dengan apa yang kita butuhkan.

Cara Melihat Aplikasi Yang Sedang Berjalan di Laptop Windows

Hanya menjalankan aplikasi yang dibutuhkan adalah salah satu cara yang bisa kita lakukan sebagai langkah untuk merawat laptop agar tetap awet. Namun terkadang ada aplikasi yang berjalan otomatis dari sistem untuk kebutuhan tertentu. Maka dari itu kamu perlu melihat aplikasi yang sedang berjalan di laptop Windows sesekali untuk menghentikan apabila ada yang bekerja otomatis tanpa kita butuhkan. Cara ini dapat meringankan beban laptop.

Cara Melihat Aplikasi Yang Sedang Berjalan di Laptop Dengan Sistem Operasi Windows

Pada saat menggunakan laptop, kita selalu membatasi aplikasi yang berjalan dan hanya membuka aplikasi yang diperlukan saja. Namun kadang kita tidak tahu ada aplikasi berjalan di latar belakang secara otomatis yang tidak kita ketahui. Kondisi inilah yang terkadang membuat laptop menjadi berat. Lalu bagaimana cara melihat aplikasi yang sedang berjalan di laptop secara keseluruhan? Simak penjelasannya berikut ini

Cek Secara Manual

Untuk melihat aplikasi yang sedang berjalan di laptop, kamu bisa memakai perangkat lunak bawaan windows yang namanya “Task Manager“. Disini kamu dapat melihat berbagai macam aplikasi yang berjalan pada laptop secara real time. Cara membuka Task manager cukup mudah. Pertama, silahkan klik kanan pada ikon “Start“, kemudian pilih menu “Task Manager“. Lihat gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya.

Membuka Task Manager Windows

Buka Melalui Shortcut

Selain membuka Task Managar secara manual, kamu juga bisa melihat aplikasi yang sedang berjalan di laptop menggunakan shortcut. Shortcut sendiri adalah sebuah jalan pintas untuk membuka suatu program atau perangkat lunak melalui sebuah perintah dari kombinasi tombol yang ada di keyboard. Shortcut untuk membuka Task Manager sendiri adalah dengan menekan kombinasi dari tiga tombol keyboard yaitu Ctrl + Shift + Esc. Lebih jelasnya kamu bisa lihat contoh pada gambar dibawah ini.

Shortcut Task Manager Windows

Ketika Task Manager sudah terbuka, maka kamu akan melihat aplikasi yang sedang berjalan di laptop pada tampilan seperti contoh gambar yang ada dibawah ini. Pada jendela software ini kamu akan bisa mengecek dan melihat aplikasi yang sedang berjalan di laptop secara keseluruhan pada tab “Process“. Selain itu kamu juga dapat melihat data seberapa banyak sebuah aplikasi menggunakan CPU, memori, disk dan juga network.

Sekedar informasi tambahan buat kamu nih. Dengan membuka Task Manager kamu juga dapat mengurangi aplikasi “Startup” dengan melakukan disable. Aplikasi startup sendiri adalah sebuah program yang terbuka dan berjalan sendiri secara otomatis (oleh sistem) ketika laptop dihidupkan. Untuk mematikan aplikasi tersebut cukup mudah. Kamu tinggal pilih aplikasinya, lalu klik kanan, kemudian pilih “Disable“. Lihat contoh pada gambar dibawah ini ya.

Beberapa Daftar Aplikasi Yang Biasa Berjalan Dilatar Belakang

Ketika coba melakukan cek di Task Manager, maka kamu akan melihat aplikasi yang sedang berjalan di laptop. Beberapa aplikasi tersebut memang berjalan karena dibuka oleh pengguna dan juga bisa terbuka secara otomatis oleh sistem. Namun ada juga aplikasi yang berjalan di latar belakang sehingga tidak muncul di Task Bar. Berikut ini penulis berikan beberapa informasi terkait aplikasi yang biasanya berjalan di latar belakang pada laptop.

Aplikasi Antivirus

Aplikasi kasi pertama yang biasanya berjalan di latar belakang dan tidak muncul di Task Bar adalah antivirus. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa antivirus adalah salah satu aplikasi wajib yang harus ada di laptop atau komputer. Software ini sangat penting untuk meminimalisir resiko kerusakan pada sistem operasi Windows akibat malware. Malware atau virus sendiri bisa masuk ke laptop melalui berbagai macam cara entah itu aplikasi yang di install, download file, flashdisk yang terhubung, bahkan hingga saat berselancar di dunia maya.

Antivirus sendiri jenisnya ada banyak sekali mulai dari Bitdefender, AVG, 360 Security, Avast, NOD32, Avira dan lain sebagainya. Agar berfungsi secara maksimal, maka kamu harus selalu update aplikasi tersebut entah secara manual ataupun otomatis. Yang jelas, jangan lupa cek antivirus ketika melihat aplikasi laptop yang sedang berjalan di laptop apakah sudah berfungsi dengan baik atau belum. Ini penting sebagai perlindungan untuk laptop.

Baca Juga:

Aplikasi Multimedia

Kemudian jenis aplikasi yang berjalan di latar belakang laptop yang kedua adalah software multimedia. Karena pada dasarnya, penggunaan laptop tidak hanya berfungsi untuk pekerjaan saja. Namun kandang juga memiliki fungsi untuk hiburan atau keperluan tertentu seperti memutar musik, memutar video dan melihat foto. Oleh karena itu, setiap laptop membutuhkan aplikasi multimedia seperti Winamp, Windows Media Player, GOM Player, Media Player Clasic dan sebagainya.

Aplikasi DBMS

Apa itu DBMS? Adalah sebuah singkatan dari istilah Database Management System yang memiliki tugas untuk mengelola database yang ada di dalam laptop itu sendiri. Laptop sendiri bisa berjalan karena adanya sistem operasi yang terdiri dari ribuan database yang harus terintegrasi antara satu dan lainnya. Aplikasi DBMS itu sendiri jenisnya ada sangat banyak. Beberapa diantaranya adalah Oracle, SAP System ASE, Microsoft SQL Server, IBM DB2, MySQL dan lain sebagainya.

Aplikasi Editing

Yang terakhir, kamu akan menemukan software editing ketika melihat aplikasi yang sedang berjalan di laptop. Buat kamu yang bekerja sebagai editor entah itu foto atau video atau bahkan desainer grafis, pasti tidak asing dengan perangkat lunak yang satu ini. Beberapa aplikasi editing diantaranya adalah Adobe Ilustrator, Corel Draw, Adobe Photoshop, Adobe Premier, Sony Vegas, Adobe Audition dan lain sebagainya. Aplikasi ini biasanya cukup berat ketika dijalankan sehingga memakan RAM cukup banyak.

Penutup

Itulah penjelasan mengenai beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melihat aplikasi yang sedang berjalan di laptop. Caranya memang sangat mudah dan dapat dilakukan oleh siapapun. Namun di akhir pembahasan ini penulis berpesan kepada kamu supaya tidak gegabah dalam mematikan aplikasi jika kamu belum bisa membedakan mana aplikasi sistem dan mana yang bukan. Jika salah mematikan aplikasi, maka laptopmu bisa jadi error sistemnya.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan