Cara Melihat Aplikasi Yang Sudah Dihapus di Android

Buat kamu yang penasaran apakah riwayat aplikasi yang pernah di uninstall bisa dilihat atau tidak, nampaknya sekarang menemukan jawaban. Tentu saja bisa, bahkan cara melihat aplikasi yang sudah dihapus di Android ini cukup mudah dilakukan. Bahkan jika kamu masih awam sekaligus. Manfaatnya untuk apa sih? Tentu saja ada banyak. Sebagai contoh saat kamu beli HP Android bekas kemudian ingin melihat aplikasi apa saja yang pernah di uninstall, ketika mau install kembali aplikasi yang pernah di copot dan sebagainya.

Supaya bisa melihat aplikasi yang sudah dihapus di HP Android ini kamu tidak membutuhkan atau harus memasang suatu software apapun. Sistem dari Android sendiri memang sudah menyediakan fitur yang bisa kamu manfaatkan untuk cek aplikasi yang pernah di uninstall. Keberadaan fasilitas ini memang sangat memudahkan pengguna dalam kondisi tertentu. Memang sih terkadang seseorang uninstall aplikasi karena dianggap sudah tidak dipakai, namun tiba-tiba butuh dan harus install lagi.

Cara Melihat Aplikasi Yang Sudah Dihapus di Android

Cara Melihat Riwayat Aplikasi Yang Pernah di Uninstall di HP Android

Buat kamu saat ini yang lagi bingung mau melihat riwayat aplikasi yang pernah di hapus di HP Android, tidak usah bingung lagi karena kita akan membahasnya disini. Yang pasti kamu harus tersambung ke internet dan punya akun google ya. Karena cara untuk melihat riwayat aplikasi yang pernah di uninstall ini melalui aplikasi Playstore bawaan. Sangat mudah sekali kok. Simak langkah-langkahnya berikut ini dengan teliti ya.

Buka Google Play Store

Langkah pertama untuk melihat aplikasi yang sudah di uninstall di HP Andorid adalah dengan menggunakan bantuan Playstore. Apapun merk dan tipe smartphone Android, sudah pasti dibekali oleh toko aplikasi milik google yang satu ini. Selain untuk membeli dan download aplikasi Android, disini kamu juga bisa melihat seluruh riwayat aplikasi yang pernah terpasang di smartphone secara menyeluruh.

Pastikan Kamu Sudah Login Dulu

Pada saat membuka Google Playstore, pastikan kamu sudah login terlebih dahulu. Karena apabila kamu masuk tanpa akun, maka Playstore tersebut tidak dapat diakses. Ini merupakan salah satu sistem Google yang berfungsi untuk melindungi serta mendata siapa saja akun dan device yang terhubung ke Playstore. Apabila belum login, pastikan kamu signin dengan aku Google milikmu ya.

Klik Tombol Tiga Garis Sejajar di Kiri Atas

Langkah selanjutnya untuk melihat aplikasi yang sudah dihapus adalah dengan menekan tombol dengan simbol garis tiga sejajar yang terletak di bagian pojok kiri atas Playstore ini merupakan tombol menu. Disini kamu akan menjumpai banyak pilihan menu yang tersedia mulai dari notifikasi, setelan hingga bantuan.

Menu "Apliaksi & Game Saya"

Pilih menu “Aplikasi & Game Saya”

Untuk melihat aplikasi yang sudah dihapus di HP Android selanjutnya, setelah membuka tombol menu seperti yang dijelaskan pada poin diatas, maka kamu akan menjumpai banyak pilihan. Klik saja menu “Aplikasi & Game Saya“. Pada saat menu terbuka, maka disini kamu akan menemukan tiga daftar menu di tab atas yaitu Update, Terinstal dan koleksi.

Tab "Koleksi" Aplikasi Yang Dihapus

Buka Tab “Koleksi” Disebelah Kanan

Nah setelah klik pada menu “Koleksi” yang berada di tab bagian kanan, maka kamu dapat melihat aplikasi yang sudah dihapus atau di uninstall secara keseluruhan. Disini kamu akan menemukan seluruh riwayat aplikasi yang pernah terpasang pada smartphone sejak awal dibeli hingga saat ini. Apabila kamu ingin memasangnya lagi, maka kamu cukup menekan tombol install yang ada disebelah kanan nama aplikasi.

Baca Juga:

Menghapus Riwayat Aplikasi Terinstal

Selain bisa memasang aplikasi yang sudah di uninstall kembali ke smartphone, kamu juga bisa menghapus salah satu atau beberapa aplikasi yang sudah di hapus di HP Android tersebut dari daftar riwayat dengan cara menekan tombol silang atau X yang ada disebelah kanan tombol install. Dengan begitu, aplikasi yang tidak kamu kehendaki akan hilang sehingga di kemudian hari kamu tidak bisa melihat aplikasi yang sudah dihapus tersebut.

Penutup

Itulah beberapa penjelasanengenai cara melihat aplikasi yang sudah dihapus di HP Android. Lalu apakah kamu juga bisa melihat apliakasi yang di uninstall di HP terdahulu? Jawabannya tentu saja bisa. Namun dengan syarat kamu masih memakai akun dan juga alamat email yang sama dengan HP lama kamu. Playstore akan selalu menyimpan riwayat aplikasi yang di install melalui akun alamat email yang kamu gunakan untuk login di Playstore tersebut.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan