9 Penyebab Layar HP Android Bergaris (Plus Cara Mencegah)

Secanggih apapun smartphone tetap saja mengalami bisa mengalami kerusakan. Terutama pada LCD touchscreen yang rentan karena ukurannya yang hampir sebesar body. Meski saat ini teknologi pelindung layar ada berbagai macam mulai dari screen guard hingga gorilla glass. Namun seperti apapun teknologi pelindung dipakai, yang namanya LCD pasti memiliki keterbatasan. Hingga mengalami kerusakan seperti munculnya garis. Penyebab layar HP Android bergaris pun ada banyak.

Membahas mengenai penyebab layar HP Android bergaris, maka ada banyak sekali pengguna smartphone diluar sana yang ingin mengetahuinya mengingat masalah ini bisa terjadi hampir disetiap ponsel. Sebenarnya, kasus garis yang nampak membelah layar handphone baik itu vertikal atau horizontal tidak mempengaruhi fungsi secara signifikan. Namun kondisi ini sangat mengganggu aktivitas karena sebagian tampilan pada layar menjadi tidak terlihat.

9 Penyebab Layar HP Android Bergaris (Plus Cara Mencegah)

Penyebab Layar HP Android Bergaris Vertikal atau Horizontal

Kebanyakan masalah LCD pada smartphone yang bergaris sangat sulit untuk diatasi. Terlebih jika kerusakan terjadi pada LCD itu sendiri. Maka satu-satunya cara untuk mengatasinya adalah mengganti LCD yang bergaris tersebut dengan yang baru. Nah buat kamu yang sudah pernah mengalami, masalah ini bisa kamu jadikan pelajaran kedepannya supaya tidak mengalami hal serupa. Caranya adalah dengan mengenali dan menghindari berbagai macam penyebabnya seperti berikut ini.

Ponsel Terjatuh

Ketika ponsel terjatuh, maka resiko layar HP Android bergaris menjadi semakin tinggi. Bagaimanapun juga, komponen elektronik yang terjatuh akan menyebabkan kerusakan serius. Semakin keras dan tinggi jarak terjatuhnya, maka kerusakan yang dialami akan semakin parah. Komponen smartphone khususnya pada LCD memang tidak terlalu tahan dengan benturan. Maka dari itu, ponsel yang terjatuh dapat mengalami masalah pada layar bahkan kerusakan pada hardware lain pada ponsel itu sendiri.

Mengalami Benturan

Selain terjatuh, penyebab layar HP Android bergaris juga bisa terjadi karena adanya benturan. Biasanya benturan pada ponsel terjadi karena unsur ketidak sengajaan. Rata-rata kecelakaan seperti ini dialami oleh pengguna ketika ponsel disimpan. Jangankan benturan keras, terkadang benturan yang ringan saja sudah dapat menimbulkan resiko kerusakan pada LCD.

Terjadi Tekanan Terlalu Keras

Penyebab layar HP Android bergaris selanjutnya adalah tekanan yang terjadi pada LCD terlalu keras. Biasanya kondisi ini bisa dialami oleh pengguna yang menyimpan ponsel pada saku celana jeans ketat, tertindih saat berada di tempat tidur, atau tertindih barang ketika disimpan dalam tas. Namun terkadang layar smartphone juga bisa tertindih oleh penyebab lain yang tidak kamu sadari. LCD bukanlah komponen lentur, jadi ketika mendapat tekanan akan menyebabkan death pixel.

Konektor LCD Bermasalah

Salah satu komponen yang dapat membuat LCD terintegrasi dengan smartphone adalah konektor. Ketika konektor mengalami masalah, maka dapat menimbulkan error seperti halnya layar HP Android bergaris. Selain konektor yang sudah rusak, kesalahan dalam pemasangan konektor juga bisa membuat fungsi layar jadi tidak berfungsi secara normal. Terkadang, ketika ketika ponsel terbentur atau terjatuh juga menyebabkan posisi konektor berubah.

Terdapat Bug Pada Software

Meski jarang terjadi, namun ada juga kasus layar HP Android bergaris yang disebabkan oleh bug yang terjadi pada software. Bug adalah kesalahan atau kecacatan yang terjadi ketika sebuah perangkat lunak dibuat. Biasanya, ketika LCD bergaris karena adanya bug pada software, cara mengatasinya bisa di restart atau melakukan update pada software tersebut. Namun kasus LCD bergaris yang disebabkan oleh software sangat jarang terjadi.

Adanya Death Pixel Pada Layar

Apa itu death pixel? Adalah kondisi dimana sebuah pixel atau beberapa pixel yang tersusun didalam LCD mengalami kerusakan atau mati. Sebenarnya LCD tersusun dari ribuan bahkan jutaan lampu-lampukecil, nah saat sebagian lampu tersebut mati, maka akan terjadi yang namanya death pixel sehingga menyebabkan layar HP Android bergaris. Death pixel umumnya disebabkan oleh usia LCD yang sudah tua.

Terkena Percikan Air

Air bisa dibilang sebagai musuh utama dari alat-alat elektronik, meski sebagian tahan karena teknologi khusus seperti mesin cuci, pompa air dan sebagainya. Namun pada smartphone, air dapat menjadi momok yang menakutkan. Terkadang, layar HP Android bergaris terjadi karena terkena cipratan air secara tidak sengaja. Air tersebut bisa masuk kedalam LCD melalui sela-sela kecil yang ada dibagian samping. Parah atau tidaknya kerusakan, tergantung dari banyaknya air yang masuk.

Ponsel Yang Mengalami Overheat

Kerusakan pada LCD ponsel seperti bergaris juga bisa terjadi karena ponsel yang mengalami overheat. Maksud dari overheat adalah suhu panas berlebihan yang terjadi pada ponsel selama digunakan. Kondisi ini dapat membuat LCD menjadi bermasalah jika berlangsung dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, setiap produsen ponsel selalu menyarankan untuk tidak memakai smartphone hingga overheat. Lebih baik istirahatkan sejenak jika suhu ponsel mulai tinggi.

Faktor Usia Ponsel Itu Sendiri

Terakhir, kebanyakan masalah layar HP Android bergaris adalah faktor usia dari ponsel itu sendiri. Tak hanya LCD, faktur usia pasti juga akan berpengaruh terhadap semua hardware entah itu charger, baterai bahkan kamera. Sehingga membuat kinerja ponsel sudah tidak maksimal lagi bahkan jauh dari saat pertama kali dibeli. Karena LCD adalah komponen yang lebih rentan terhadap penggunaan, maka ketika ponsel sudah tua maka akan beresiko terjadinya garis-garis.

Catatan: Memperbaiki layar HP Android bergaris memang sulit karena kebanyakan kasus seperti ini terjadi karena adanya Death Pixel dimana ada beberapa lampu micro pada LCD mengalami kerusakan. Satu-satunya cara untuk memperbaikinya adalah dengan membawanya ke tukang servis. Biasanya kamu disarankan untuk mengganti LCD yang baru.

Cara Mencegah Layar HP Android Bergaris

Karena begitu banyak penyebab yang dapat membuat LCD smartphone rusak bergaris, maka kamu dapat melakukan langkah pencegahan. Khusus buat kamu yang sudah mengalaminya, jadikanlah masalah tersebut sebagai pembelajaran agar lebih hati-hati lagi kedepannya. Agar HP Android baru atau LCD baru kamu tidak mengalami kerusakan seperti yang sebelumnya, sebaiknya perhatikan beberapa cara mencegahnya seperti berikut ini.

Baca Juga:

Hindari Terjadinya Benturan Fisik

Sebisa mungkin hindarkan HP Android kamu dari berbagai hal yang berpotensi menimbulkan benturan. Jangan bawa atau gunakan ponsel kamu ketika sedang melakukan aktivitas seperti olahraga, memasak, bekerja, bermain, dan lain aktivitas lain yang berbahaya bagi ponsel. Sebaiknya letakkan ponselmu di tempat yang aman terlebih dahulu sebelum melakukan berbagai aktivitas diatas.

Simpan HP Android Ditempat Yang Tepat

Cara mencegah layar HP Android bergaris juga dapat kamu lakukan dengan menyimpan pada tempat yang tepat. Jangan membawa ponsel dengan memasukkannya di saku celana, apalagi jika kamu pakai celana jeans ketat. Saat dimasukkan di tas, sebaiknya taruh HP di susunan yang paling atas. Ketika meletakkan smartphone diatas meja, sebaiknya jauhkan beda-benda berbentuk cairan seperti minuman, minyak dan lain-lain.

Jangan Gunakan Ponsel Secara Berlebihan

Gunakan ponsel sewajarnya saja jika tidak ingin terkena masalah layar HP Android bergaris. Bagaimanapun juga, cara kamu saat memakai ponsel sangat berpengaruh terhadap ketahanannya. Sebakinya batasi waktu penggunaan ponsel agar tidak berlebihan. Kamu juga perlu mengistirahatkan ponsel jika dirasa suhunya sudah mulai panas. Diamkan selama beberapa waktu hingga dingin sebelum digunakan kembali.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab layar HP Android bergaris yang harus kamu ketahui. Dengan begini kamu dapat menghindari hal-hal yang dapat menimbulkan kerusakan pada LCD smartphone. Karena jika layar ponsel sudah rusak, kamu harus mengeluarkan uang banyak untuk perbaikannya. Terlebih mencari spare part yang cocok untuk sebuah ponsel juga cukup sulit. Jadi lebih baik rawat ponsel kamu dengan baik ya.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan