Inilah 7 Dampak Buruk Jika Laptop Tidak Memakai Antivirus

Antivirus adalah salah satu software yang dianggap penting untuk melindungi sistem operasi atau perangkat lunak didalam laptop dan komputer. Kebanyakan pengguna laptop memilih untuk memasang antivirus sebagai salah satu benteng guna mencegah virus atau malware yang bersifat merusak dan juga merugikan. Meski dianggap sebagai software pengaman, namun ada juga pengguna laptop yang memilih tidak memakai antivirus. Tentu dengan berbagai dampak buruk yang harus diterima.

Ketika laptop tidak memakai antivirus, maka akan banyak sekali resiko yang harus dialami oleh pengguna dari segi keamanan entah itu data pribadi, informasi, atau perangkat lunak. Antivirus memang diciptakan untuk melindungi laptop atau komputer secara keseluruhan dari dampak buruk kejahatan dunia maya dan digital. Oleh karena itu, banyak pengembang yang berlomba-lomba menciptakan antivirus dengan sistem keamanan yang kuat dengan sistem pendeteksi malware terbaik.

Inilah 7 Dampak Buruk Jika Laptop Tidak Memakai Antivirus

Saat ini, berbagai malware atau virus yang beredar di dunia maya memiliki jenis, fungsi dan tujuan yang beragam. Kebanyakan diciptakan oleh peretas yang memiliki misi tertentu. Ada yang berfungsi merusak perangkat lunak, ada yang berfungsi untuk, mencuri data pengguna bahkan ada juga yang bertujuan untuk mengendalikan perangkat. Kebanyakan korban kejahatan dunia maya memang para pengguna laptop yang tidak memakai antivirus sebagai sistem keamanan.

Ini Bahayanya Jika Sebuah Laptop dan Komputer Tidak Memakai Antivirus

Apakah kamu salah satu pengguna laptop yang memilih untuk tidak memakai antivirus? Jika iya, maka kamu harus mengetahui apa saja dampak buruk jika tidak ada sistem keamanan pada laptop yang akan dibahas dibawah ini. Memang sih, menggunakan antivirus atau tidak adalah kewenangan masing-masing pengguna. Namun paling tidak, kamu bisa lebih paham mengenai betapa bahayanya sebuah laptop yang tidak memiliki sistem keamanan. Simak penjelasan berikut ini.

File Yang Masuk Tidak Terseleksi

Salah satu fungsi penting pada antivirus adalah untuk melakukan seleksi terhadap berbagai macam file yang masuk ke laptop. Antivirus memiliki sistem untuk memindai mana file yang berbahaya dan mana yang tidak berdasarkan data base yang ada. File yang mencurigakan akan segera dikarantina atau dihapus. Kamu bisa bayangkan bagaimana dampak buruk jika laptop tidak memakai antivirus sehingga berbagai macam file masuk komputer termasuk yang membahayakan.

Mudah Terserang Malware

Karena tidak ada sistem yang bertugas menyeleksi file masuk, maka kemungkinan besar berbagai macam data bisa masuk ke laptop termasuk virus atau malware. Karena keberadaannya tidak terdeteksi, maka laptop yang tidak memakai antivirus akan mudah diserang. Akibat dari serangan virus itu sendiri juga sangat beragam, mulai dari kerusakan data pengguna, pencurian file penting, dan juga pencurian informasi pribadi. Hasil pencurian ini akan sampai di tangan pembuat virus melalui jaringan internet.

Windows Jadi Sering Error

Selain mencuri informasi, salah satu tujuan dari virus adalah merusak data. Umumnya, virus dapat merusak file sistem operasi sehingga windows menjadi sering error karena tidak dapat berjalan dengan maksimal. Selain itu, ketika laptop tidak memakai antivirus, maka malware juga sering menyerang berbagai macam software baik yang sudah terpasang maupun yang belum terpasang. Akibatnya, software tersebut menjadi tidak bisa digunakan sama sekali.

File Tiba-tiba Hilang

Pernahkah kamu mengalami file yang tiba-tiba hilang padahal kamu tidak pernah menghapusnya? Jika pernah, kemungkinan besar penyebabnya adalah virus. Kasus ini kebanyakan dialami oleh pengguna laptop yang tidak memakai antivirus. Malware yang bersifat merusak juga memiliki kemampuan dalam menyembunyikan atau bahkan menghapus file tertentu tanpa sepengetahuan pengguna. Akibatnya sebuah data milik pengguna yang sebelumnya ada di direktori, tiba-tiba menjadi hilang dan tidak ditemukan.

Rawan Terhadap Kejahatan Internet

Selain digunakan sebagai alat komunikasi yang menghubungkan antara satu orang dengan orang lainnya, internet juga banyak digunakan untuk transaksi non-tunai seperti pembayaran, belanja, atau transfer uang. Ketika laptop tidak memakai antivirus, maka data-data dalam transaksi ini bisa dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab salah satunya melalui virus yang ditanamkan pada sistem. Kejahatan internet memang sangat rawan pada perangkat yang tidak punya sistem keamanan.

Terjadi Pencurian Data Penting

Satu tujuan khusus diciptakannya virus atau malware oleh para peretas adalah untuk melakukan pencurian informasi penting dari pengguna laptop atau komputer seperti kata sandi, kartu kredit, dokumen dan lain sebagainya. Biasanya, virus ini bisa masuk ke komputer melalui website, software atau file yang di unduh dari internet. Ketika sebuah laptop tidak memakai antivirus, maka malware dapat menyusup masuk ke sistem tanpa diketahui oleh pengguna.

Baca Juga:

Laptop Mudah Menjadi Lambat

Dampak buruk jika laptop tidak memakai antivirus yang terakhir adalah kinerja yang mudah menjadi lambat. Hal ini disebabkan oleh virus yang tidak terdeteksi dapat menduplikasi diri bahkan hingga menggandakan file yang dapat memenuhi direktori. Terkadang, malware juga bisa menjalankan software yang berat yang memakan pengguna RAM atau CPU dalam kapasitas besar tanpa diketahui oleh pengguna. Itulah beberapa alasan kenapa virus bisa membuat laptop jadi lambat.

Lalu Perlukah Kamu Memasang dan Menggunakan Antivirus di Laptop?

Melihat dari berbagai dampak buruk jika laptop tidak memakai antivirus seperti yang sudah dijelaskan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan antivirus adalah hal yang penting. Oleh karena itu, kami perlu memasang antivirus pada laptop. Akan lebih baik lagi jika kamu memasang sistem keamanan yang berlapis. Karena kebanyakan kejahatan digital yang terjadi di berbagai belahan dunia memang menggunakan virus atau malware yang dikendalikan untuk mencuri data dan informasi pengguna.

Jadi, meskipun terkadang membuat laptop bekerja lebih berat, sebaiknya tetap pasang antivirus sebagai sistem perlindungan. Kamu juga bisa menerapkan sistem keamanan berlapis dengan memakai antivirus yang memiliki fungsi berbeda agar bisa saling melengkapi. Termasuk penggunaan antivirus lokal yang dapat mencegah masuknya malware ciptaan peretas lokal yang memiliki tujuan tertentu.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai dampak buruk jika laptop tidak memakai antivirus yang harus kamu ketahui. Sebagai seorang pengguna, kamu harus sadar betapa pentingnya antivirus sebagai sistem keamanan dalam melindungi data, informasi dan juga perangkat lunak. Diatas juga sudah dibahas bahwa menggunakan antivirus itu sangat penting guna mengurangi berbagai resiko kejahatan digital. Jadi, mulai sekarang silahkan pasang antivirus pada laptop atau komputer milikmu supaya tidak menjadi korban cyber crime.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan