Penyebab & Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Masuk Windows

Setiap laptop pasti memerlukan sebuah sistem operasi yang berfungsi untuk mengontrol semua perangkat keras atau hardware pada laptop seperti processor, harddisk, RAM, graphic card dan lain sebagainya. Kebanyakan pengguna laptop menggunakan Windows yang merupakan salah satu sistem operasi paling populer didunia. Dengan windows, pengguna laptop dapat bekerja serta memasang berbagai macam aplikasi sesuai kebutuhan. Lalu bagaimana ketika dihidupkan justru laptop tidak bisa masuk windows?

Semua peralatan elektronik pasti bisa bermasalah, begitu juga dengan laptop. Salah satu masalah yang ditemui adalah laptop tidak bisa masuk Windows sehingga pengguna tidak bisa memakainya untuk bekerja. Masalah ini biasanya ditandai dengan layar laptop yang berwarna hitam terus-menerus ketika dihidupkan lalu tidak bisa booting alis tidak mau masuk kedalam startscreen. Biasanya, laptop justru malah melakukan restart secara berulang atau bahkan mati.

Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Masuk Windows

Penyebab Kenapa Laptop Tidak Bisa Masuk Windows

Meski bisa dibilang sebagai sistem operasi yang canggih, namun Windows tetap saja bisa mengalami masalah. Berbicara mengenai masalah laptop tidak bisa masuk Windows ada banyak sekali faktor yang melatarbelakanginya. Hal ini bisa disebabkan oleh kerusakan pada hardware atau juga bisa disebabkan oleh rusaknya sistem operasi itu sendiri. Yang jelas, masalah ini pada umumnya juga sering dialami oleh laptop lainnya.

1. Adanya Kerusakan Pada Harddisk

Penyebab yang pertama kenapa laptop tidak bisa masuk Windows adalah adanya kerusakan pada harddisk. Sebagai salah satu hardware terpenting dalam sebuah laptop, harddisk berperan vital dalam menyimpan seluruh file sistem operasi sehingga bisa berjalan dengan baik. Jika data pada harddisk tidak bisa diakses, maka BIOS pada laptop tidak bisa berjalan dan masuk kedalam startscreen. Akibatnya, laptop akan melakukan restart secara terus menerus.

2. Laptop Terkena Virus

Virus atau malware bisa jadi salah satu penyebab kenapa laptop tidak bisa masuk Windows. Virus memang sengaja dibuat untuk keperluan tertentu seperti mencuri data pengguna atau merusak sistem pada komputer. Jika laptop kamu terkena salah satu virus yang sifatnya dapat merusak data, maka sudah bisa dipastikan sistem operasi laptop kamu akan mengalami error. Terlebih Windows lebih rentan terhadap serangan virus karena memang banyak digunakan diseluruh dunia.

3. Mengalami Kegagalan Update Sistem

Sebagai salah satu sistem operasi buatan salah satu raksasa teknologi dunia yaitu Microsoft, Windows selalu mengalami pengembangan dan penyempurnaan dari waktu ke waktu. Hal ini juga membuat pengguna selalu mendapatkan pembaruan yang bisa dilakukan secara online atau otomatis dari Windows Update. Setiap kali melakukan pembaruan secara online, maka Windows akan mengunduh file sistem. Jika gagal, maka akan menyebabkan error.

4. Salah Memasang Aplikasi

Terakhir, bisa saja kamu salah dalam memasang aplikasi sehingga laptop tidak bisa masuk Windows. Beberapa aplikasi untuk sistem keamanan seperti antivirus, internet security, atau sejenisnya memang berkaitan langsung terhadap file sistem dari Windows itu sendiri. Jika ada file sistem yang tidak sengaja hilang atau berpindah, maka laptop menjadi tidak bisa hidup dan gagal masuk ke starscreen. Itulah alasan kenapa kamu harus berhati-hati ketika memasang aplikasi.

Cara Memperbaiki dan Mengatasi Laptop Tidak Bisa Masuk Windows

Setelah mengetahui berbagai macam penyebab diatas, kamu akan lebih paham apa saja faktor yang bisa membuat sebuah laptop gagal menjalankan Windows. Dengan begitu, kamu dapat mencoba melakukan perbaikan pada laptop tidak bisa masuk Windows. Cara ini juga bisa diterapkan pada berbagai macam laptop seperti Acer, Asus, Dell, Hawlett-Packard (HP), Toshiba, Lenovo dan lain sebagainya.

1. Ganti Hardisk Dengan Yang Baru

Sebelum mengganti harddisk, kamu harus memastikan bahwa penyebab laptop tidak bisa masuk Windows adalah kerusakan pada harddisk. Agar lebih yakin, perlu adanya diagnosa lebih lanjut dengan melakukan pengecekan bad sector. Bad sector adalah kondisi dimana terdapat bagian yang rusak piringan magnetic sehingga data tidak bisa terbaca. Silahkan baca artikel tentang cara cek bad sector pada harddisk yang sudah dibahas sebelumnya.

Jika memang masalahnya ada pada harddisk, maka satu-satunya cara agar laptop kamu bisa kembali berfungsi normal adalah dengan mengganti harddisk. Ada dua tipe harddisk yang bisa kamu pilih yaitu HDD dab SSD. HDD adalah tipe harddisk seperti pada umumnya yang masih menggunakan teknologi piringan magnetik. Sedangkan SSD adalah harddisk modern seperti halnya micro SD namun berukuran besar. Kecepatan baca tulisnya juga jauh lebih baik dari HDD.

2. Lakukan Restart Pada Laptop

Beberapa masalah pada software memang dapat diatasi dengan melakukan restart. Dengan harapan bahwa file sistem yang gagak di akses kembali dimuat ulang secara sempurna. Namun yang perlu kamu garis bawahi bahwa teknik ini memang tidak ada dasarnya. Sehingga tingkat keberhasilan untuk mengatas laptop tidak bisa masuk Windows tidak terjamin. Pada dasarnya mengatasi masalah software dengan restart hanya bersifat sementara saja. Caranya kurang lebih seperti ini:

  1. Saat laptop mulai menunjukkan layar hitam, tekan tombol power dalam waktu beberapa detik hingga laptop mati.
  2. Jika sudah mati, segera hidupkan kembali laptop dengan menekan tombol power. Maka laptop akan memuat ulang.
  3. Jika masalah Windows ini bersifat sementara, seharusnya dalam satu kali percobaan laptop sudah bisa hidup dan masuk ke startscreen.

3. Hapus Aplikasi Bermasalah Dengan Safe Mode

Buat yang belum tahu apa itu safe mode, adalah sebuah cara untuk masuk Windows dengan memuat file sistem utama saja. Safe mode sudah umum digunakan untuk mengatasi masalah software pada sistem operasi termasuk laptop tidak bisa masuk Windows juga. Nah kamu juga bisa menggunakan safe mode untuk menghapus beberapa aplikasi yang pernah kamu pasang namuj menurutmu tidak wajar. Caranya masuk ke safe mode adalah seperti berikut ini.

  1. Jika laptopmu dalam keadaan mati, silahkan dihidupkan dengan menekan tombol power seperti biasanya.
  2. Kemudian kuncinya agar bisa masuk ke safe mode adalah disini. Ketika sudah melalui BIOS Screen, silahkan kamu tekan tombol F8 pada keyboard secara berulang-ulang.
  3. Setelah itu akan muncul tampilan beberapa pilihan menu pada layar laptop. Silahkan pilih menu safe mode.

Jika sudah bisa masuk Windows, silahkan buka control panel, kemudian masuk add and remove program. Silahkan kamu cek satu-persatu dengan teliti. Jika ada software yang tidak dikenal atau mencurigakan sebaiknya hapus saja. Biasanya beberapa software security system juga menimbulkan masalah pada Windows sehingga ketika laptop akan dihidupkan tidak bisa normal.

Catatan: Safe Mode juga bisa digunakan untuk cek apakah ada hardware yang rusak atau tidak. Jika laptop bisa masuk safe mode, berarti tidak ada kerusakan hardware dan juga kerusakan Windows tidak parah.

Baca juga:

4. Lakukan Scanning Dengan Antivirus

Selanjutnya kamu bisa mengatasi laptop tidak bisa masuk Windows dengan cara melakukan scanning terhadap virus yang ada dengan bantuan antivirus. Silahkan masuk ke safe mode dulu seperti yang dijelaskan di poin sebelumnya, lalu buka antivirus kemudian pindai seluruh file di harddisk. Jika tidak punya antivirus, silahkan membeli atau download terlebih dahulu. Usahakan memakai antivirus yang premium karena lebih efektif. Setelah selesai silahkan lakukan restart, seharusnya laptop sudah kembali bekerja normal.

Catatan: cara scanning ini hanya akan berhasil jika virus belum menginfeksi file sistem. Karena jika sudah masuk sistem, maka antivirus akan menghapus file yang sudah terinfeksi sehingga Windows menjadi corrupt.

5. Gunakan System Restore

Salah satu fungsi sistem restore yang ada pada Windows adalah mengembalikan file sistem dan juga file pengaturan ke waktu sebelumnya. Nah disini kamu bisa memakai cara ini untuk melakukan restore pada Windows ke kondisi sebelum error. Analoginya seperti ini, jika laptop tidak bisa masuk Windows pada hari minggu, maka kamu bisa restore ke hari sabtu, jumat atau kamis dimana Windows masih bekerja secara normal. Namun dengan catatan sudah ada restore poin dalam waktu sebelumnya.

6. Install Ulang Windows Laptop

Langkah terakhir untuk mengatasi laptop tidak bisa masuk Windows adalah melakukan install ulang. Ini bisa jadi pilihan terakhir jika memang benar sistem operasi Windows sudah error. Dengan melakukan install ulang, maka seluruh sistem akan nampak seperti baru lagi. Install ulang akan menjadi cara yang efektif jika berbagai langkah yang sudah kita bahas diatas tidak membuahkan hasil. Kamu bisa bawa ke servis center terdekat jika tidak bisa melakukan install ulang sendiri.

Penutup

Itulah pembahasan secara singkat mengenai penyebab serta cara mengatasi laptop tidak bisa masuk Windows yang mungkin saat ini kamu alami. Kesimpulannya adalah masalah ini bisa disebabkan oleh dua faktor yaitu hardware dan juga software. Supaya bisa memperbaikinya, kamu harus tahu terlebih dahulu mana yang bermasalah. Jika kerusakan ada pada hardware maka kamu bisa menggantinya dengan yang baru. Sebaliknya, jika ada kerusakan pada software maka kamu bisa melakukan install ulang.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan