Bahaya! Begini Ciri-ciri dan Cara Mengatasi Laptop Konslet

Setiap alat elektronik pasti memerlukan energi listrik supaya bisa menyala. Karena penggunaan listrik inilah terkadang alat elektronik bisa mengalami konslet atau hubungan arus pendek. Begitu juga laptop yang membutuhkan energi listrik baik dari baterai maupun dari charger. Maka dari itu kejadian laptop konslet bisa saja terjadi kapan saja dan dimana saja. Konslet atau hubungan pendek arus listrik pada laptop kebanyakan terjadi pada mainboard, baterai atau interface charger.

Ciri-ciri laptop konslet sebenarnya bisa kita ketahui dengan memperhatikan kerusakan serta prosesnya. Hubungan arus pendek listrik pada laptop seperti ini menjadi masalah yang paling berat untuk diatasi karena umumnya membuat beberapa hardware mati total. Namum bagaimanapun juga, mengatasi laptop laptop konslet tetap bisa dilakukan meski sedikit agak susah. Yang jelas, kejadian seperti pasti akan membuat khawatir dan was-was pengguna karena berbagai dampak yang bisa diterima.

Ciri-ciri dan Cara Mengatasi Laptop Konslet

Kasus laptop konslet memang banyak dialami oleh banyak pengguna diberbagai belahan dunia. Biasanya masalah konslet seperti ini disebabkan oleh beberapa hal termasuk sumber arus listrik yang tidak stabil, penggunaan charger yang tidak original, pemakaian baterai laptop yang tidak standar, ataupun adanya cacat produksi dari pabrik. Artinya, kasus seperti bisa terjadi karena kesalahan pengguna maupun kesalahan dari vendor itu sendiri.

Ciri-ciri Laptop Konslet Yang Harus Kamu Ketahui

Setiap komponen elektronik yang mengalami hubungan pendek arus listrik pasti dapat dikenali. Begitu juga dengan laptop yang mengalami masalah tersebut. Meski kadang sulit membedakan antara kerusakan pada perangkat keras atau masalah kelistrikannya, namun keduanya tetap memiliki perbedaan yang bisa diamati. Berikut ini adalah ciri-ciri laptop konslet yang harus kamu ketahui.

1. Panas Berlebih Pada Interface Charger

Ciri-ciri laptop konslet yang pertama adalah panas berlebihan yang terjadi di daerah sekitar interface charger ke laptop. Buat kamu yang masih bingung yang mana interface charger, kamu bisa lihat bagian lubang kecil bulat yang ada di laptop tempat untuk mencolokkan ujung charger. Biasanya ini terletak di samping kiri/kana atau belakang laptop. Jika area ini terasa panas berlebih, maka bisa dipastikan bahwa ada yang tidak beres dengan kelistrikannya.

2. Terjadi Percikan Api Kecil

Untuk ciri-ciri laptop konslet yang satu ini terkadang terkadang tidak bisa kita ketahui secara langsung. Tergantung pada seberapa parah tingkat konslet yang terjadi. Biasanya percikan api kecil terjadi dibagian dalam casing itu sendiri entah itu di power supply ataupun mainboard sehingga tidak bisa dilihat secara langsung. Namun jika kasus konslet ini cukup parah, maka percikan api yang terjadi cukup terang sehingga cahayanya bisa terlihat hingga keluar casing laptop.

3. Muncul Bau Seperti Kebakaran

Selanjutnya, ciri-ciri laptop konslet yang ketiga adalah munculnya bau seperti sesuatu yang terbakar. Aroma khas ini selalu muncul ketika sebuah barang elektronik mengalami hubungan pendek arus listrik. Pada laptop, bau ini akan muncul dari dalam casing melalui sela-sela keyboard namun tidak begitu menyengat. Terkadang bau ini masih bisa tercium meskipun aliran listrik sudah diputus karena ada yang terperangkap didalam casing laptop itu sendiri.

4. Semua Indikator Tidak Menyala

Jika memang benar terjadi hubungan pendek arus listrik, maka semua indikator laptop pasti tidak menyalam entah itu indikator charger ataupun indikator power. Hal ini menandakan bahwa arus listrik sudah tidak bisa mengalir secara normal pada laptop akibat kerusakan. Mainboard sebagai hardware utama juga sudah tidak merespon karena aliran listrik sudah tidak normal. Laptop konslet akan terlihat mati total dan perlu dibongkar untuk mengetahui penyebab pastinya.

5. Laptop Mati Total

Ciri-ciri laptop konslet yang terakhir adalah mati total. Meskipun tidak semua laptop yang mati total disebabkan oleh hubungan pendek arus listrik, namun tetap ada kemungkinan yang menjurus ke kasus ini. Apalagi jika sebelum mati total, laptop kamu mengalami semua ciri yang sudah disebutkan dari poin satu hingga tiga diatas. Maka dari itu, jangan paksakan laptop untuk dihidupkan ataupun disambungkan ke sumber listrik karena dapat beresiko rusak lebih parah lagi.

Cara Mengatasi Laptop Konslet Agar Tidak Rusak Parah

Jika saat ini kamu mengalami beberapa ciri yang usah dijelaskan diatas, kemungkinan kamu mengalami masalah laptop konslet yang cukup mengkhawatirkan. Namun jangan panik terlebih dahulu, umumnya masalah seperti masih bisa diperbaiki dengan biaya servis yang tidak terlalu mahal asalkan. Agar tidak timbul kerusakan yang lebih parah lagi, sebaiknya lakukan beberapa langkah antisipasi seperti berikut ini.

Baca Juga:

1. Segera Putus Semua Arus Listrik ke Laptop

Jika kamu mengalami masalah laptop konslet, maka sesegera mungkin putus semua arus listrik yang mengalir ke laptop. Sumber arus listrik tersebut meliputi colokan charger dan juga baterai. Jika charger masih menancap pada stop kontak, maka segera cabut. Kemudian keluarkan baterai dari dalam laptop supaya tidak ada arus listrik yang mengalir. Cara ini akan membuat hardware lain terhindar dari masalah kelistrikan yang lebih parah lagi.

2. Jangan Melakukan Treatment Apapun

Selain itu kamu juga jangan melakukan perlakuan apapun terhadap laptop konslet jika tidak tahu betul apalagi masih awam. Hal ini dilakukan supaya kerusakan tidak menyebar sehingga perbaikan akan lebih mudah dan murah. Perlakuan yang salah justru akan membuat kamu merugi akibat kerusakan yang bertambah parah. Terlebih jika masalah konslet sudah menyebar maka akan ada banyak komponen yang perlu diperbaiki bahkan harus diganti dengan yang baru.

3. Segera Bawa ke Service Center

Langkah terakhir yang harus kamu lalukan untuk menyelamatkan laptop konslet adalah segera membawanya ke service center kepercayaan kamu. Langkah ini sangat penting terlebih jika laptop kamu jenis baterai tanam atau non-removable battery yang tidak bisa dilepas sehingga pasokan arus listrik masih tetap mengalir. Bilang juga kepada teknisi bahwa laptop kamu mengalami hubungan pendek arus listrik supaya segera ditangani.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai ciri-ciri dan cara mengatasi laptop konslet yang bisa kamu lakukan sebagai upaya menyelamatkan laptop dari resiko kerusakan. Sebenarnya tidak semua masalah konsleting pada laptop itu berakibat fatal. Namun ada tingkat keparahannya dan juga tergantung bagian mana yang konslet. Umumnya masalah ini masih bisa diperbaiki meski dalam beberapa kasus yang parah harus mengeluarkan biaya tinggi.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan