Membeli Mouse Baru? Ini Kriteria Memilih Mouse Yang Baik

Apakah kamu mau membeli mouse baru? Jika iya, berarti kamu berada pada artikel yang tepat. Sebelum memutuskan membeli yang baru, kamu harus memahami beberapa kriteria memilih mouse yang baik. Hal ini cukup penting mengingat banyaknya merk, jenis dan desain mouse yang diproduksi oleh produsen aksesoris komputer. Mouse adalah salah satu perangkat penting karena memiliki fungsi kontrol atas segala perintah gerakan kursor pada laptop atau komputer.

Mouse atau dalam bahasa Indonesia bisa disebut sebagai tetikus, merupakan salah satu alat kelengkapan gadget terutama pada komputer dan laptop. Berbagai macam aktivitas digital akan lebih mudah dilakukan dengan bantuan mouse. Seiring dengan perkembangan jaman dan kemajuan teknologi membuat mouse juga mengalami perubahan signifikan dari waktu ke waktu. Akibatnya ada banyak produk mouse dengan berbagai tawaran fitur yang tersebar di pasaran. Karena itulah menentukan kriteria memilih mouse yang baru perlu diterapkan.

Membeli Mouse Baru? Ini Kriteria Memilih Mouse Yang Baik

Saat ini saja, ada banyak sekali pilihan mouse yang beredar di pasaran dengan teknologi, ukuran, fitur, koneksi, hingga desain yang membuat pembeli menjadi bingung. Sebagai konsumen yang bijak hendaknya kamu mengetahui terlebih dahulu berbagai macam kriteria memilih mouse yang baik agar tidak salah beli. Membeli mouse yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan akan lebih menguntungkan serta berbanding lurus dengan uang yang sudah kamu keluarkan.

6 Kriteria Memilih Mouse Baru Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli

Selama ini ada banyak orang yang mengeluhkan mouse yang tidak enak dipakai. Sebenarnya hal ini bisa terjadi karena mereka sendiri yang membeli mouse secara asal-asalan. Terkadang hanya tergiur oleh harga murah namun mengesampingkan berbagai kriteria memilih mouse yang baik. Yang akhirnya membuat diri sendiri rugi materi dan juga tenaga. Maka dari itu, sebaiknya perhatikan beberapa tips dalam membeli mouse yang baru seperti berikut ini.

Perhatikan Desain Mouse

Kriteria memilih mouse pertama yang bisa kamu perhatikan secara fisik adalah desainnya. Ini adalah kriteria umum yang banyak dipertimbangkan orang dalam membeli mouse baru. Berbicara mengenai desain berarti kita berbicara mengenai seni yang artinya bagus atau tidaknya sebuah desain tergantung dari minat dan kesukaan masing-masing orang. Sebaiknya pilihlah desain mouse yang menurut pengamatanmu bagus dan juga cocok dengan dirimu sendiri.

Pilih Ukuran Mouse Yang Seusai

Kriteria memilih mouse yang kedua adalah menentukan ukuran mouse yang sesuai dengan kebutuhanmu. Setiap orang memiliki cara tersendiri dalam memegang mouse oleh karena itu tingkat kenyamanan terhadap ukuran mouse juga berbeda. Sebaiknya pilih ukuran mouse yang memang nyaman ketika dipegang. Jika terbiasa dengan mouse ukuran kecil, belilah yang kecil. Jika terbiasa dengan mouse ukuran besar, sebaiknya beli yang besar.

Sesuaikan Resolusi Mouse

Spesifikasi resolusi mouse biasanya tertera pada kemasannya. Meskipun kebanyakan orang tidak mempertimbangkannya dalam kriteria memilih mouse, namun sebenarnya menyesuaikan resolusi dengan kebutuhan itu cukup penting. Pada umumnya, kualitas mouse untuk kebutuhan profesional menggunakan resolusi standar minimal di atas 800 dpi atau minimal 1200 dpi. Ukuran DPI pada mouse ini berpengaruh terhadap sensitifitasnya. Jadi jika kamu membutuhkan mouse yang sensitif, sebaiknya cari yang ukuran DPI-nya tinggi.

Kualitas Tombol Klik dan Scroll

Bagian terpenting dari sebuah mouse adalah tombol klik dan scroll. Beberapa mouse memang memiliki tombol klik dan scroll yang tidak begitu baik sehingga terkadang menyulitkan pengguna. Salah satu kriteria memilih mouse yang baik adalah memperhatikan kualitas tombol klik dan scroll harus benar-benar sensitif. Artinya kamu tidak perlu menekan terlalu keras namun fungsinya tetap terbaca di komputer atau laptop.

Baca Juga:

Tipe Koneksi Yang Digunakan

Saat ini kita mengenal dua tipe teknologi koneksi dalam mouse yaitu yang wireles dan wire. Mouse wireless adalah mouse tanpa kabel. Sebagai gantinya, mouse jenis ini menggunakan bluetooth sebagai koneksi. Sedangkan mouse wire adalah mouse biasa yang memakai kebel yang dicolokkan ke port USB. Memilih tipe koneksi merupakan bagian dari kriteria memilih mouse yang baik. Jika kamu butuh mengontrol PC dari jarak yang agak jauh, sebaiknya pilih mouse wireless.

Harga Mouse Itu Sendiri

Kriteria memilih mouse yang terakhir adalah menentukan harganya sesuai dengan budget yang kita miliki. Jika kamu punya budget lebih, sebaiknya beli mouse yang kualitasnya baik entah dari semua sisi yang sudah kita bahas diatas. Dengan harga yang pantas, pasti kamu juga akan mendapatkan kualitas yang pas. Harga memang sangat berpengaruh pada kualitas barang. Mouse yang harganya murah tentu rasanya berbeda dengan mouse yang dibanderol mahal.

Kesimpulan

Memilih mouse ternyata tidak hanya mempertimbangkan hal-hal yang terlihat secara fisik seperti ukuran, warna, desain dan konektifitasnya semata. Namun ada banyak kriteria memilih mouse lain yang memang tidak bisa dilihat secara kasat mata seperti kualitas tombol klik dan scroll dan juga resolusi kerapatan DPI. Meski terlihat sangat sepele, namun memilih mouse ada tata caranya tersendiri supaya lebih menguntungkan. Kebanyakan pengguna yang menggeluh dengan kualitas mouse miliknya tidak lepas dari cara membelinya yang asal-asalan.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan