Ini Kelebihan dan Kekurangan USB Type C Pada Smartphone

Kemajuan teknologi semakin hari semakin tidak bisa dibendung. Mulai dari perangkat yang rumit seperti chip processor hingga sesuatu yang sederhana seperti konektor USB semua mengalami perkembangan. Salah satu yang menjadi perbincangan diantara pengguna smartphone saat ini adalah munculnya konektor baru yaitu USB Type C. Akibatnya kelebihan dan kekurangan USB type C itu sendiri menuai berbagai macam pro kontra yang ramai diperdebatkan.

Apple Macbook menjadi gawai pertama yang menggunakan USB type C sejak peluncurannya yang pertama kali pada bulan Agustus 2014. Konektor USB yang juga bisa disebut sebagai USB versi 3.1 ini merupakan penerus dari generasi sebelumnya yang memiliki nomor versi 2.0 dan juga 3.0. Pada awalnya, penggunaan USB Type C ini dikhususkan untuk perangkat laptop. Namun seiring berjalannya waktu, beberapa produsen smartphone mulai banyak menggunakannya.

Inilah Kelebihan dan Kekurangan USB Type C Pada Smartphone

USB type C ini diklaim lebih baik daripada generasi sebelumnya entah itu dari segi desain ataupun kinerja. Maka dari itu, banyak produsen smartphone yang mulai melirik teknologi USB ini untuk diaplikasikan pada produknya. Meski sudah diluncurkan cukup lama yaitu pada tahun 2014, namun masih banyak pengguna smartphone yang masih asing dengan tipe USB ini. Banyak diantara mereka yang mencoba mencari tahu kekurangan dan kelebihannya sebelum menggunakannya.

Lalu Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan USB Type C Yang Diterapkan Pada Smartphone?

Jika kamu termasuk salah satu pengguna smartphone yang mencari tahu apa saja kekurangan dan kelebihan dari USB type C, nampaknya kamu membaca artikel yang tepat karena disini penulis akan membahas kedua sisi yang bertolak belakang tersebut sekaligus. Memang menjadi hal yang wajar apabila ada pengguna mencari informasi lebih terhadap teknologi dari dua sisi yang berbeda sebelum menjadi bagian dari penggunanya.

Kelebihan USB Type C Pada Smartphone

Berbicara mengenai kelebihan, adalah hal yang mustahil bagi sebuah teknologi baru yang mulai banyak diterapkan tanpa adanya peningkatan kualitas dari versi sebelumnya. Begitu juga dengan penggunaan USB Type C pada beberapa ponsel pintar keluaran terbaru. Hal ini memang ditujukan agar memberikan pengalaman yang lebih baik terhadap konsumen dan pengguna pada teknologi terbaru ini. Lalu apa saja kelebihan USB type C? Berikut penjelasannya.

1. Desain Tipis dan Mudah Digunakan

USB type C memiliki desain yang sangat berbeda dari micro USB. Selain lebih tipis, kamu juga tidak akan kesulitan untuk menggunakannya karena tidak ada penghalang sehingga meskipun dipasang secara bolak-balik, USB ini tetap bisa masuk ke socket ponsel dan masih berfungsi dengan normal. Berbeda halnya dengan generasi sebelumnya yaitu micro USB yang tidak bisa masuk pada socket jika posisinya tidak pas atau terbalik.

2. Bisa Untuk Fast Charging

Dijaman yang sangat modern ini, semua orang lebih suka dengan hal-hal yang sifatnya cepat. Begitu juga dengan proses pengisian daya pada smartphone yang juga harus cepat. Teknologi ini biasa dikenal sebagai fast charging. Bagi kamu yang belum tahu, kabel USB ini memiliki kemampuan mengisi daya lebih cepat dibandingkan versi sebelumnya. USB type C bisa melakukan transfer listrik hingga 20 volt pada arus 5 ampere. Artinya, tipe ini memiliki kinerja 8 kali lebih cepat dari versi sebelumnya.

3. Transfer Data Jadi Lebih Cepat

USB Type C memang dirancang untuk aktivitas transfer data yang lebih cepat. Jika pada USB tipe sebelumnya seperti yang kebanyakan digunakan pada smartphone memiliki kecepatan transfer data hingga 400Mb per detik, namun dengan teknologi USB type C sebuah data bisa di transfer hingga kecepatan 20Mb per detik. Artinya kecepatan transfer datanya mengalami peningkatan sebanyak lebih dari 20 kali lipat.

20Mb per detik termasuk salah satu kecepatan transfer data yang tinggi untuk ukuran smartphone. Namun hal ini dengan catatan bahwa kedua perangkat yang terhubung sama-sama menggunakan USB type C agar bisa mencapai kecepatan maksimal tersebut. Jika salah satu perangkat yang terhubung masih menggunakan tipe USB lama, maka jangan berharap bisa mencapai kecepatan maksimal hingga 20mb per detik tersebut.

4. Port Yang Multi Fungsi

Tahukah kamu bahwa USB Type C tidak hanya bisa dipakai untuk melakukan transfer data dan juga charging saja. Namun, USB ini juga bisa berfungsi sebagai transmisi suara. Yang artinya sebuah smartphone tidak perlu lagi menggunakan jack audio. Cukup dengan menggunakan lubang USB, pengguna sudah bisa mendengarkan musik pada headset. Jadi mobilitas ponsel bisa jadi lebih ringkas serta desain yang lebih minimalis.

5. Bisa Bekerja Untuk Resolusi HD

Kelebihan lain dari USB type C adalah kemampuannya yang bisa menampikan gambar, foto atau video ke TV, monitor, ataupun proyektor. Tak hanya sampai disitu, USB tipe ini mampu menyuguhkan tampilan video atau audio dalam resolusi high definition (HD) hingga 4K. Kamu cukup menyiapkan peralatan tambahan untuk menghubungkannya ke TV, monitor atau proyektor VGA, DVI atau Port HDMI. Kecanggihan ini akan memudahkan kamu ketika melakukan aktivitas seperti presentasi atau nonton film.

6. Siklus Plug & Play Hingga Ribuan Kali

Tidak hanya memiliki kinerja yang jauh lebih baik, USB Type C juga memiliki daya tahan yang sangat tangguh. USB tipe baru ini mampu bertahan dalam siklus plug & play hingga 10.000 kali. Artinya, kamu dapat menggunakannya untuk aktivitas charging atau transfer data sampai 10.000 kali. Angka yang sangat baik untuk sebuah ketahanan USB. Jadi, kamu tidak perlu khawatir akan kerusakan yang datang lebih cepat karena ketahanannya yang baik.

Hal ini berbanding terbalik lebih dari 6 kali lipat dari generasi lamanya yaitu USB Type C yang hanya tahan dalam siklus plug & play rata-rata sebanyak 1.500 kali. Jika sudah dicabut dan dipasang lebih dari siklus tersebut, maka micro USB akan mengalami penurunan kinerja bahkan hingga mengalami kerusakan. Dari segi ketahanan, USB Type C masih lebih unggul.

Baca Juga:

Kekurangan USB Type C Pada Smartphone

Membahas mengenai kelebihan suatu teknologi, maka kurang enak rasanya jika tidak membahas kekurangannya juga. Secanggih apapun teknologi yang dipakai oleh USB Type C tetap masih meninggalkan kekurangan yang sifatnya minor. Karena setiap teknologi pasti tidak ada yang mencapai level sempurna. Lalu seperti apa kekurangan yang ada pada tipe USB terbaru ini? Mari kita bahas bersama-sama dibawah ini.

1. Sistem Operasi Yang Belum Mendukung

Kekurangan pertama dari USB Type C adalah belum banyaknya sistem operasi yang bisa mendukung supaya kinerja serta fiturnya berjalan secara maksimal. Ini merupakan sebuah hal yang wajar mengingat tipe USB ini masih baru sehingga dibutuhkan waktu untuk mulai pengembangan serta penyesuaian pada sistem operasi. Pada HP dengan basis OS Android, minimal kebutuhannya adalah Android versi Marsmallow. Jadi versi Android dibawahnya tidak kompatibel dengan perangkat ini.

2. Memerlukan Tambahan Konverter

Kekurangan selanjutnya dari USB type C adalah memerlukan tambahan konverter jika ingin menyambungkan ke perangkat lain. Seperti yang kita tahu bahwa tipe USB ini masih baru, jadi beluk banyak pula perangkat yang bisa langsung cocok. Untuk menyiasatinya, maka kamu dapat memakai konverter tambahan agar bisa terhubung ke laptop, komputer, tab atau smartphone lain yang masih menggunakan USB versi lama.

3. Merepotkan Ketika Lupa Dibawa

Jika kamu adalah salah satu pengguna smartphone yang sering lupa, maka kamu bisa dibuat kerepotan oleh USB type C ketika bepergian tapi kamu lupa membawanya. Hal ini akan membuat kamu kesulitan untuk melakukan charging ataupun transfer data. Karena untuk saat ini masih jarang ada orang yang memiliki perangkat dengan USB terbaru ini. Sehingga kamu harus siap sedia membawa peralatan sendiri kemanapun kamu pergi.

Kesimpulan

Dari berbagai pembahasan diatas, dapat kita simpulkan bahwa USB Type C memang layak untuk meneruskan pendahulunya yaitu micro USB. Tipe terbaru dari USB ini memang memiliki banyak kelebihan yang menonjol dengan kekurangan yang sangat minor. Jadi bisa disimpulkan bahwa USB yang baru jauh lebih baik daripada USB lama. Setelah membaca kelebihan dan kekurangan diatas, seharusnya kamu sudah tidak ragu lagi untuk beralih ke tipe USB yang baru.

Berbagi ke teman:

Berikan Tanggapan